Jangan malas baca, ya Telusuri!

Penemuan 10 benda Serba Pertama Di Dunia + keterangan, Penasaran Seperti Apa Bentuknya?

10 Gambar benda saat pertama kali ditemukan kira-kira seperti apa bentuknya?

daftar Benda serba pertama di Dunia

"First" itulah kata yang kerap di gunakan oleh sebagian besar netizen +62 saat pertama kali mengomentari suatu konten di Instagram, youtube dan social media lainnya

Hayooo siapa ni yang kek gitu? heheheh

Nah ngomong-ngomong, penemuan suatu benda pasti terdapat kandidat first yang mendahului perkembangan penemuan.

Benda-benda yang kita jumpai saat ini, mungkin memiliki bentuk berbeda dari zaman ke zaman. Sehingga sebagian dari kita kurang mengetahui bagaimana bentuk pertama benda tersebut. Bahkan, Sangat jauh berbeda dengan perkembangan pada zaman sekarang

Oleh sebab itu, CariPengetahuan-Id akan mengulas 15 benda serba pertama didunia, disertai dengan keterangan ringkas yang diharapkan dapat menghibur dan menambah wawasan pembaca sekalian.

Yuk Simak :

#1 Mobile Phone Pertama, ini nih nenek moyangnya yang sekarang kamu pegang!!

Mobile Phone Pertama

Motorola DynaTac 8000X merupakan Mobile Phone pertama kali di dunia yang ditemukan oleh Martin Cooper pada tanggal 3 April 1973. Mobile phone ini dapat melakukan panggilan selama 30 menit, menyimpan 30 kontak dan baterei dapat bertahan selama 8 jam.

#2 Sepeda Pertama Didunia, Pedal mana pedal heheh

velocipede sepeda pertama didunia

Transportasi roda dua ini ditemukan oleh Baron Karl Drais von Sauerbronn. Ia mendapatkan paten atas penemuannya pada tahun 1818. Sepeda ini bernama velocipede. Berbeda dengan sepeda modern saat ini yang menggunakan pedal untuk mengayuh, velocipede tidak terdapat pedal sehingga harus menggunakan kaki untuk menjalankannya.

baca juga : Prinsip kerja dinamo sepeda

#3 Uang Kertas Pertama Di Dunia, Uang terbang!!


Bangsa China dianggap merupakan bangsa yang pertama kali menggunakan uang kertas sejak selama pemerintahan Dinasti Tang di tahun (618-907). Uang kertas ini bernama jiaoji atau bisa disebut dengan Uang terbang. Hmm ada yang tau kenapa diberi nama demikian? , Mungkin mudah ditiup angin kemudian terbang heheh.

#4 Mouse Pertama Di Dunia, bukan mouse buat gaming ya :)

Mouse pertama di dunia

Douglas Engelbart pertama kali memperkenalkan mouse komputer pada tahun 1963. Mouse yang bernama X-Y Position Indicator ini terbuat dari kayu dan terdapat dua roda buah logam bergirigi didalam serta satu buah tombol berupa sebuah lampu berwarna merah diatasnya. Baru lah Xerox yang mengembangkan penemuan Engelbart sejak tahun 1972, kemudian mulai di pasarkan secara masal pada tahun 1981.

baca juga : Bagaimana cara kerja mouse komputer

#5 kamera Pertama, Yang suka selvi mari ngumpul!

Obscura Kamera Pertama Didunia

Kamera ini disebut kamera obscura yang berarti kamar gelap, Benda ini ditemukan oleh Al-haitam atau Alhazen. Obscura merupakan kotak kamera yang belum dilengkapi dengan film untuk menangkap gambar atau bayangan. Konsep kerja nya ialah lubang kecil yang terdapat dikotak gelap ketika disinari cahaya dapat menangkap sebuah gambar

Pada Abad ke-13, Rober Bacon mengadapatasi kamera obcura untuk membuat kamera lubang jarum pertama yang memanfaatkan prinsip cahaya.

#6 Mobil Pertama Di Dunia, Nguengggg...

1769 (uap)


Mobil Pertama Didunia Nicolas-Joseph Cugnot

Cikal bakal mobil pertama di mulai dengan penemuan mobil yang memiliki 3 roda besar dan ditenegai dengan mesin uap yang ditemukan oleh Nicolas-Joseph Cugnot  pada tahun 1769.  Mobil ini belum bisa dikatakan sempurma sehingga pernah mengalami beberapa kecelakaan.

1885 (bensin)


Mobil Pertama Didunia - Karl Benz

Barulah Pada tahun (1885 - 1886) , Karl Benz menemukan mobil yang dianggap sebagai mobil pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar bensin. Dengan Struktur mobil yang lengkap diciptakan sesuai dengan dimensi mesin internal. ia juga merupakan penemu dari beberapa komponen seperti pengapian mobil, busi, sistem transmisi mobil, radiator air dan karburator.

#7 Baterai Pertama Di Dunia, sang penemu Alessandro Volta

Baterai Pertama - Alessandro Volta

Penemu Baterai adalah seeorang ilmuan bernama Alessandro Volta yang dikembangkan pada tahun 1800. Baterai ini bernama Baterai Volta (Voltac Pile) yang terdiri dari lempengan tembaga dan timah lalu disusun selang-seling, keduanya dipisahkan oleh kain atau kertas yang telah dicelupkan dalam Natrium Hidroksida atau air garam.

#8. Hardisk Pertama Di Dunia, beratnya 1 ton loh!


IBM 350 (komponen dari sistem komputer IBM 350 RAMAC) merupakan Hardisk  pertama di dunia yang di produksi oleh IBM pada tahun 1956. Hardisk ini berukuran Panjang 152cm, Lebar 178cm,  kedalaman sebesar 73cm dan memiliki berat lebih dari 1 ton. Alih-alih dengan tubuh besarnya, tidak sebanding dengan besar penyimpananya yaitu hanya sekitar 3.7mb (5 juta karakter) saja dengan kecepatan putaran 1200 RPM dan kecepatan transfer data hingga 8.800 karakter per detik.



09. Laptop Pertama Di Dunia, harganya bikin dompet menangis

Osborne 1 - Laptop Pertama Di Dunia

Alan Kay adalah orang pertama yang memiliki gagasan tentang komputer  yang mudah dibawa kemana-mana (Laptop). Nah berawal dari gagasan itu, sesorang bernama Adam osborne menciptakan laptop pertama yang diberi nama Osborne 1 yang dirilis pada bulan April 1981. Laptop ini memiliki berat sekitar 10.7 kg dan layar sebesar 5 inchi dengan ram yang dimilikinya hanya sebesar 64Kb saja. Dan yang paling mengejutkan ialah harganya yang terbilang lumayan fantastis yaitu sekitar 1795$ atau setara dengan 25 juta rupiah.

10. Ponsel dengan layar sentuh pertama di Dunia, Lumayan berat ni Hanphone

Simon Hp layar sentuh perta di dunia

Simon Personal Cominacator merupakan ponsel pintar pertama yang sudah menggunakan teknologi layar sentuh dengan sistem operasi Datalight ROM-DOS. Simon resmi diluncurkan pada tanggal 16 Agustus 1994 oleh IBM. Ponsel ini memiliki ukuran 20 cm x 6,4 cm x 3,8 cm, berat 510 gram, prosesor Vadem berkekuatan 16 MHz, RAM 1 MB, storage 1 MB NOR Flash dan 2 MB Stacker, serta BIOS 32KB NOR Flash.
Baterai nya pun hanya bisa bertahan selama 1 jam. IBM simon dibendrol drngan harga 899$ atau setara dengan 8.6 juta rupiah.

Akhir kata


Oke sampai sudah di penghujung artikel ini. Admin harap dapat berguna bagi pembaca semua.  Jika teman-teman mendapati ke tidak telitian Admin dalam data-data diatas, Mohon sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya 😁

Untuk Anak muda Indonesia, ayok kita buktikan  bahwa kita pun dapat menciptakan sesuatu untuk masa depan yang lebih baik lagi. Yang jelas, Semua berawal dari kecil hingga akhirnya berkembang menjadi sesuatu yang besar. dan jika kau memulai sekarang maka dirimu di masa depan akan berterimakasih dengan dirimu di masa lalu.

Yuk terus dukung semangat Admin dalam membuat Artikel dengan memberikan komentar dan share ke teman-teman.

Salam Pengetahuan...

Bentuk Benda-benda pertama didunia, Daftar benda serba pertama

About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.