Jangan malas baca, ya Telusuri!

Bagaimana Cara Kerja Mouse Komputer?

Bagian Komponen Mouse Dan Cara Kerjanya

Saat kamu menggunakan mouse, pernahkah terlintas di pikiran kamu tentang bagaimana mouse bisa berfungsi. Sebelum kita mengenal lebih jauh bagaimana cara kerja mouse, mari kita ketahui sejarah penemuannya dulu.

A. Sejarah Mouse

Dulunya, nama mouse adalah X-Y position For a display system, Alat ini ditemukan oleh Dr.Douglas C angelbart dari Amerika, Stanford research institude, Tampilan mouse pertama kali sangat sederhana yakni hanya berbahan dasar kayu dan memiliki tombol kecil yang terletak di sebelah kanan bagian atas dan terdapat dua roda besi kecil di dalamnya.


Image by : commons.wikimedia.org


Pertanyaan
Kenapa dinamakan Mouse??

Jawaban :
Karena Dina lapar jadi dia makan tikus

SALAH aowkkw

Jawaban :
Karena kabel yang menjulur panjang yang terdapat dimouse mirip seekor tikus. Itulah sebab kenapa benda yang bernama mouse dinamakan mouse.
lahh..kenapa terbelit belit ya...wkwkw

Oke, ,kembali ke topik utama kita.:-)

B. Komponen Optikal Mouse dan Cara Kerja Mouse

source : www.explainthatstuff.com

Penjelasan :

  1. Lampu LED
  2. Pendeteksi saat kamu mengklick bagian kanan mouse ada saklar yang sama yang juga terdapat di bagian kanan mouse dan roda klik dan dipasang dengan tombol lain sehingga berfungsi sebagai tombol
  3. Alat untuk mendeteksi banyaknya jumlah scroll yang kamu lakukan disebut potentiometer
  4. LED
  5. Resistor
  6. Mica capasitor
  7. Electrolityc capasitor
  8. Prism bend light
  9. Chip pendeteksi dari LED diterjemahkan oleh ic
  10. Resister

C. Bagaimana Cara Kerja Mouse Optik

Ketika mouse terhubung dengan komputer melalui kabel usb, lampu LED merah menyala. Cahaya tersebut berfokus kearah bawah mouse dengan lebih dulu melewati lensa tipe khusus (HDNS-2100). Cahay tersebut akan  terpantul kembali kearah kamera yang terintegrasi dengan Sensor Optical Mouse.

Kemudian kamera mengambil gambar dari permukaan dengan frekuensi di kisaran 1500 - 6000 gambar per sekon untuk menghitung posisi mouse. Gambar-gambar ini akan diproses oleh Processor Digital Signal dan hasil koordinatnya dikirim ke IC A2611D melalui transmisi data serial. Kemudian, IC (A2611D) lainnya akan mengambil input serial dari sensor gambar dan tombol mouse yang seterusnya dikonversi ke protokol USB terus mengirimkannya ke PC.

Driver perangkat dari mouse yang terpasang pada komputer menerima koordinat dan menghasilkan gerakan kursor yang sesuai gerakan tangan kita.

About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.