Jangan malas baca, ya Telusuri!

Prinsip Kerja Dinamo Sepeda Penghasil Listrik

Kling, kling ,kling, begitulah bunyi klakson sepeda. Pernahkah sobat punya sepeda yang ada lampunya? .Saat mengendarai di malam hari mungkdivin terlintas di pikiran kita bahwa mengapa lampu sepeda yang tidak ada batrei nya bisa menyala?. Pasti kamu berpikir mungkin disebabkan oleh dinamo yang terletak di sebelah ban. Ya, benar sekali. Nah, di artikel ini kita akan mengetahui bagaimanakah cara kerja dinamo supaya menghasilkan listrik.

Sebelum itu, mari kita pahami dulu teorinya.

Hipotesis Oleh Faraday

Dinamo adalah generator pembangkit listrik  berdasarkan prinsip induksi elektromagnetic yang dikemukakan oleh Michael Faraday. Ia berhipotesis (dugaan) bahwa medan magnet mungkin dapat menghasilkan arus listrik. Berdasarkan percobaan yang ia lakukan menunjukan bahwa gerakan magnet yang berada di dalam kumparan menyebabkan jarum galvanometer menyimpang.

Jika kumparan didekati oleh kutub utara pada magent, jarum galvanometer menyimpang ke kanan. Pada saat magnet diam dalam kumparan, jarum galvanometer tidak menyimpang. Jika kutub utara magnet digerakkan menjauhi kumparan, jarum galvanometer menyimpang ke kiri.

Penyimpangan jarum galvanometer tersebut menunjukkan bahwa pada kedua ujung kumparan terdapat arus listrik. Peristiwa timbulnya arus listrik disebut dengan istilah induksi elektromagnetic. Adapun beda potensial yang timbul pada ujung kumparan disebut gaya gerak listrik (GGL) induksi. Umumnya generator terbagi menjadi dua jenis arus yaitu arus (AC) dan arus (Dc). Arus AC adalah arus bolak-balik, sedangkan arus DC merupakan arus searah,

Bagaimana Cara Kerja Dinamo Sepeda Sehingga Bisa Menyalakan Lampu Pada Sepeda?

Dinamo sepeda sendiri termasuk generator AC. Ketika roda sepeda berputar maka juga akan memutar magnet dan kumparan yang terdapat di dalam dinamo. Maka terjadilah GGL atau disebut dengan Gaya Gerak Listrik di ujung kumparan. Hal tersebut dapat mengalirkan arus listrik. Semakin cepat roda berputar maka bertambah besar pula arus listrik yang dihasilkan.

Biasanya arus yang dihasilkan sebesar 6-12v. Ketika sebuah lampu dipasang menggunakan kabel yang terhubung dengan kedua kumparan, mengakibtakan lampu tadi dilewati arus AC dan menyalakan lampu tersebut.

KEYWORD :

Mengapa dinamo sepeda dapat menghasilkan listrik, dinamo sepeda menghasilkan listrik berasal dari, perubahan energi gerak menjadi listrik, cara kerja dinamo sehingga menghasilkan energi listrik ,jelaskan cara dinamo menghasilkan energi listrik pada sepeda, dinamo generator pembangkit listik.

About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.