Jangan malas baca, ya Telusuri!

Tau Tidak !!!! Apasih Perbedaan Dari Petir, Kilat Dan Geledek. Ini Dia Penjelasan Terlengkap


Hallo sobat pencari pengetahuan dimanapun sobat berada kembali lagi bersama admin di Caripengetahuan-Id.com. Bagaimana kabar sobat hari ini ? Apakah baik baik saja ? Tentunya selalu saya harapkan dalam keadaan yang baik baik saja dan pastinya sehat selalu ya. Pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi pengetahuan nih tentang perbedaan petir, kilat dan geledek.

Bagi yang belum tau, wajib hukumnya untuk membaca artikel ini sampai habis ya supaya dapat menambah khazanah pengetahuan sobat nih. Dan bagi yang sudah tau bisa dibagikan ke teman temannya yang belum tau. Karena berbagi ilmu kepada orang lain itu indah ya.

Admin yakin pasti semua sobat disini pernah melihat petirkan, yups petir sering terlihat saat hari yang mendung atau saat badai sedang terjadikan. Tapi nih secara common sense petir sering terjadi saat hujan. Nah tapi sebelum membahasan perbedaan antara petir, kilat dan geledek. Apakah sobat tau bagaimana petir dapat muncul.

Apakah Sobat Tau Bagaimana Petir Dapat Terbentuk ?

Nah bagi sobat yang belum tau bagaimana petir dapat terbentuk bisa kunjungi artikel yang admin tulis sebelumnya : Bagaimanakah Petir Dapat Terbentuk ?

Tapi bagi sobat yang malas untuk beralih halaman, tenang saja sobat admin akan menjelaskannya secara ringkas disini ya. Jadi Petir terjadi akibat adanya partikel sub-atomik yang terdapat di awan. Apasih partikel sub atomik itu ? Jadi pertikel sub atomik itu seperti neutron, elekron dan proton. Atau partikel yang memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dari ukuran atom, nama lain partikel sub atomik adalah zarah.

Terbentuknya Petir | Kumparan.com

Tapi di awan hanya terdapat elektron dan proton ya. Saat angin berhembus melewati udara maka partikel elektron dan proton akan berpisah. Nah saat mereka bertemu terciptalah percikan listrik. Nah percikan listrik nya ini tidak seperti yang sehari hari kita lihat ya. Tapi percikan listrik raksasa. Percikan ini dapat terjadi saat muatan yang terjadi di awan atau antara awan satu dengan awan yang lain.

Jadi petir adalah percikan listrik raksasa yang dihasilkan ketika muatan muatan listrik berloncatan dari satu awan ke awan lainnya atau ke tanah. Meskipun petir mengandung muatan listrik yang sangat besar, namun petir berlangsung terlalu singkat dan karena alasan inilah petir tidak bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi

Sekarang Saya Sudah Paham ! tapi Apa Perbedaan Antara Petir, Kilat dan Geledek

Nah inikan jawaban yang paling di tunggu tunggu kan sobat. Jadi petir itu secara simple nya adalah peristiwa bertemunya partikel berbeda muatan di awan ataupun di udara. Sobat tau kan bahwa setiap kali petir menyambar pasti ada cahaya dan suara yang di hasilkan.

Peristiwa Petir | viva.co.id
Jadi cahaya yang di hasilkan oleh sambaran petir itu adalah kilat. Sedangkan suara yang di hasilkan oleh petir itu dinamakan geledek. Geledek juga sering disebut dengan guntur dan petir sering disebut dengan halilintar

Sobat taukan biasanya guntur dihasilkan setelah petir. Hal itu terjadi ketika cahaya yang dihasilkan oleh petir merambat lebih cepat dari pada kecepatan bunyi di udara. Ketika kilatan petir merambat melalui atmosfer, maka petir akan memanasi udara disekitarnya, sobat taukan suhu petir ketika menyambar bisa mencapai 30.000 kelvin.

Hal inilah yang membuat pemuaian udara dengan sangat cepat, pergerakan inilah yang dapat menimbulkan gemuruh atau yang sering kita sebut guntur. Guntur yang singkat dihasilkan oleh kilatan petir yang singkat pula, guntur yang bergulung gulung terjadi jika petir menyambar wilayah yang luas atau ketika awan awan, gunung gunung atau penghalang lainya yang dapat memantulkan bunyi yang dihasilkan

Tunggu dulu sobat apa kah sobat hendak tau bagaimana cara menghitung jarak sobat dengan petir yang sedang menyambar ? Caranya simpel nih sobat, hal pertama yang sobat harus lakukan adalah menghitung berapa detik selang waktu antara kilatan dengan suara petir ya misalkan petir sedang menyambar dan admin melihat kilatannya terus setelah 3 detik baru suara petir (geledek) yang admin dengar. Nah jadi selang waktu yang 3 detik dibagi dengan 3. Dan hasil baginya sama dengan 1. Nah jadi jarak admin dengan petir adalah 1 Km

Akhir Kata

Menarik bukan sobat pembahasannya, caripengetahuan-id.com akan updates terus setiap hari demi menyajikan informasi yang menarik dan pastinya informatif dengan bahasa yang santai. Jika artikel ini membantu sobat dan sobat mempelajari hal baru hari ini bisa sobat follow blog ini untuk mendapatkan notifikasi artikel baru ya.

nantikan ya sobat artikel artikel kami dan kami berharap artikel ini dapat menambah pengetahuan sobat apabila sobat mempelajari hal baru setelah sobat membaca artikel ini maka berikan kami like dan ikuti blog atau website ini ya.

Dan admin mau ngucapin terimakasih karena telah membaca artikel ini dan baca juga artikel kami yang lain ya

Dan jangan lupa jaga kesehatan sobat ya.... Bye .....Sampai Jumpa... Kita ketemu lagi di artikel admin selanjut ya.....

1 comment

  1. Sekarang baru tahu bedanya, padahal dulu dipikirnya tidak ada bedanya.
Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.