Jangan malas baca, ya Telusuri!

Pulihkan Nafas Bumi Dari Langkah Kecil: Kisah Hijau Revitalisasi Greenhouse dan TOGA oleh Mahasiswa PMM UMM di Desa Tawangsari

Desa Tawangsari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, sebuah lokasi yang subur di pedalaman, menjadi sorotan dengan upaya revitalisasi greenhouse dan penanaman tanaman obat keluarga (TOGA) yang dilakukan oleh mahasiswa Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Inisiatif ini dilakukan melalui PMM Bhaktiku Negeri Gelombang 6 Kelompok 81 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan kesejahteraan masyarakat lokal sambil memperkuat hubungan antara perguruan tinggi dan komunitas.

Revitalisasi greenhouse menjadi salah satu proyek penting dalam upaya pelestarian lingkungan Desa Tawangsari. Greenhouse yang telah ada sebelumnya kini diperbaharui dengan teknologi hijau

dan praktik pertanian berkelanjutan. Mahasiswa PMM UMM bekerja sama dengan masyarakat setempat dibimbing oleh Iqbal Ramadhani Fuadiputra S.E, M.SM. sebagai Dosen Pembing Lapangan (DPL) untuk mengoptimalkan penggunaan greenhouse, menjadikannya sebagai pusat inovasi pertanian organik dan pusat edukasi lingkungan.

Di samping itu, penanaman TOGA juga menjadi fokus utama dalam proyek ini. Tanaman obat keluarga tidak hanya memberikan manfaat medis bagi masyarakat tetapi juga mendukung keberlanjutan ekosistem lokal. Melalui penanaman TOGA, masyarakat diajak untuk kembali ke akar tradisi lokal sambil memperkuat kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Sebagai koordinator proyek, M. Akmal Setyawan menegaskan pentingnya keterlibatan aktif masyarakat dalam sebuah kutipan yang menginspirasi: "Melalui revitalisasi greenhouse dan penanaman TOGA ini, kami berharap dapat menginspirasi masyarakat Desa Tawangsari untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Kolaborasi antara mahasiswa PMM UMM dan masyarakat lokal adalah kunci keberhasilan proyek ini."

Langkah-langkah yang diambil oleh mahasiswa PMM UMM Gelombang 6 Kelompok 81 yang beranggotakan:

  1. M. Akmal Setyawan 202110160311606
  2. ⁠Lingga Kusuma Yudha 202110160311042
  3. ⁠Naufal Atha S. 202110160311101
  4. ⁠Ikmal Ramadhan 202110160311170
  5. ⁠Haikal Fazar 202110160311299

di Desa Tawangsari tidak hanya menciptakan dampak positif secara langsung bagi lingkungan dan masyarakat setempat, tetapi juga memperkuat ikatan antara perguruan tinggi dan komunitas. Dengan terus mengembangkan proyek-proyek seperti ini, harapan untuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan semakin terwujud.




Kami dari Kelompok 81 Gelombang 6 berterimakasih atas bimbingannya kepada Pak Iqbal Ramadhani Fuadiputra S.E., M.SM. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) 


About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.