Jangan malas baca, ya Telusuri!

Bagaimana Cara Mengirim Bitcoin Dengan Cepat & Gratis, Tips dan Tutorial Mudah Update 2023

Cara Mengirim Bitcoin Dengan Gratis

Adopsi Bitcoin telah berkembang dengan cepat selama beberapa tahun terakhir, dan jumlah pengguna yang menggunakannya untuk melakukan transaksi semakin banyak setiap hari.

Meskipun mengirim bitcoin semudah mengirim pesan whatssap, tapi prosesnya bisa menjadi sedikit lebih rumit jika Anda mencoba mengirim bitcoin secara gratis atau dengan fee yang rendah. Transaksi bitcoin biasanya melibatkan miner yang memverifikasi alamat publik pengirim dan penerima. Informasi itu akan ditambahkan ke dalam Blockchain

Tanpa miner, tidak mungkin memiliki jaringan yang efektif dan aman seperti itu. Untuk memberi insentif kepada penambang untuk memverifikasi transaksi dan menjaga jaringan tetap berjalan lancar, setiap pengguna diharuskan membayar biaya transaksi. Bergantung pada seberapa cepat Anda ingin transaksi Anda berjalan dan berapa banyak yang ingin Anda keluarkan untuk biaya penambang.

Mengapa biaya di perlukan ?

Saat Anda mentransfer bitcoin ke seseorang, biaya yang dibutuhkan untuk proses transfer tersebut akan ditanggung oleh pihak yang mengirimkan bitcoin. Biaya ini berfungsi untuk memberikan insentif bagi para miner untuk menambahkan transaksi Anda ke blok mereka sehingga transaksi Anda dapat segera diproses.

Biaya ini untuk memberikan insentif kepada penambang agar mereka mau melakukan pekerjaan menjaga jaringan Bitcoin tetap berjalan dengan lancar. Tanpa biaya transaksi, penambang tidak akan mendapatkan imbalan atas pekerjaannya dan memilih untuk berhenti melakukannya

Jika Anda mengirim BTC dengan biaya yang terlalu sedikit, ada kemungkinan transaksi Anda akan macet atau terkirim terlalu lambat, yang mengakibatkan Anda kehilangan uang. Meskipun setiap transaksi melibatkan biaya, ada beberapa cara untuk mengirim BTC dengan biaya yang sangat rendah atau tanpa biaya.

Jika biayanya terlalu rendah, mungkin diperlukan waktu hingga beberapa hari agar transaksi Anda dikonfirmasi. Jika Anda mengirim BTC dengan biaya tinggi, itu akan segera dikonfirmasi,

Penggunaan Format Address

Bitcoin address format adalah sebuah format alamat bitcoin yang menentukan bagaimana sebuah alamat bitcoin akan ditampilkan. Format alamat bitcoin ini bisa berbeda-beda, tergantung pada dompet bitcoin yang digunakan. Beberapa dompet menggunakan format alamat bitcoin dengan kode QR, sedangkan yang lainnya menggunakan format teks.

Untuk mengirim atau menerima Bitcoin, Anda akan membutuhkan sebuah alamat Bitcoin. Alamat Bitcoin mirip dengan alamat email, hanya saja alamat Bitcoin terdiri dari kombinasi 32 karakter hexadecimal. Alamat Bitcoin juga dapat dipublikasikan di situs web, forum, dan media sosial sehingga orang lain dapat mentransfer Bitcoin kepada Anda.

Ada beberapa jenis format alamat Bitcoin yang digunakan:
  1. P2PKH (Pay To Public Key Hash)
  2. P2SH (Pay To Script Hash)
  3. Bech32
Bitcoin dapat dikirim dari alamat Non-Segwit ke alamat Segwit ataupun sebaliknya

Legacy Vs Segwit

Legacy (P2PKH) telah di gunakan sejak 09 January 2009, seminggu setelah block pertama dalam blockchain bitcoin di tambang. Sedangkan Segwit (Segregated Witness) adalah soft fork pada jaringan bitcoin yang di lakukan oleh komunitas bitcoin pada tahun 2015 untuk mengatasi masalah skalabilitas pada jaringan bitcoin, segwit di implementasikan pada tahun 2017.

Perbedaan utama Legacy dan Segwit adalah cara mereka menyimpan data transaksi. Legacy menyimpannya sebagai satu blok tunggal, sedangkan Segwit mengekstraksinya dan menyimpannya dalam sebuah struktur. Hal ini memungkinkan data transaksi untuk disimpan secara efisien dalam ruang penyimpanan, yang dapat mengurangi biaya transaksi. 

Selain itu, Segwit juga mendukung beberapa fitur tambahan, seperti kompresi pubkey dan perbaikan fungsi hash.
Kelebihan Segwit: 
  • Dapat meningkatkan kapasitas blockchain dengan mengurangi ukuran data transaksi. 
  • Dapat mengurangi biaya transaksi dengan mengurangi jumlah data yang ditransmisikan. 
  • Dapat mempercepat proses verifikasi transaksi. 
  • Segwit dapat digunakan bersama dengan teknologi lain seperti Lightning Network untuk meningkatkan kinerja blockchain. 
Kekurangan Segwit: 
  • Penggunaan Segwit masih relatif baru, sehingga masih sedikit wallet dan exchange yang mendukungnya. 
  • Peningkatan kinerja blockchain hanya akan terlihat jika sebagian besar pengguna menggunakan Segwit.

Nested Segwit (P2SH) Vs Native Segwit (Bech32)

Native segwit adalah jenis segwit yang baru dan lebih efisien daripada segwit lama. Dengan native segwit, ukuran blok Bitcoin akan menjadi lebih kecil, yang berarti lebih banyak transaksi dapat dikonfirmasi per detik.

Perbedaan utama antara segwit dan native segwit adalah bahwa native segwit mendukung pengurangan ukuran transaksi dengan lebih dari 50%. Ini berarti bahwa biaya transaksi untuk pengguna native segwit akan lebih rendah daripada biaya transaksi untuk pengguna segwit.

Native Segwit sendiri memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan segwit lainnya, di antaranya adalah: 
  • Ukuran data transaksi yang lebih kecil
  • Fitur error detection
  • Biaya transaksi yang lebih rendah
  • Kompatibilitas yang lebih baik dengan wallet perangkat lunak dan exchanges
  • Tingkat keamanan yang lebih tinggi
Kerugian dari native segwit adalah bahwa tidak semua dompet Bitcoin mendukungnya. Oleh karena itu, pengguna harus berhati-hati dalam memilih dompet Bitcoin yang akan mereka gunakan agar tidak kehilangan uang mereka.

Batch transaksi

Jika Anda ingin mengirim bitcoin ke lebih satu wallet, anda dapat menggunakan fitur batch transaction. Saat mengirim beberapa transaksi, mereka akan diproses sebagai batch. Ini berarti bahwa mereka dikelompokkan bersama dan ditambang sebagai satu transaksi.

Beberapa wallet perangkat lunak sudah mendukung fitur ini, seperti safepal

Untuk melakukan ini:
  • Kirim beberapa transaksi sekaligus biasa memiliki biaya transaksi lebih mahal di bandingkan transaksi tunggal. tapi lebih murah jika di bandingkan anda mengirim ke beberapa wallet satu per satu
  • Anda dapat mengirim bitcoin ke lebih dari 5 address yang berbeda
  • Tunggu beberapa detik di antara setiap transaksi Ini dapat menghemat waktu dan uang Anda dengan mengelompokkan semua transaksi kecil bersama-sama. Ini juga akan membantu Anda menghindari memicu peringatan spam transaksi apa pun yang dimiliki beberapa dompet.

Manfaatkan penurunan harga bitcoin

Jika Anda mencoba mengirim BTC tanpa biaya, Anda mungkin ingin memanfaatkan penurunan harga. Harga bitcoin diketahui berfluktuasi dari waktu ke waktu, jadi Anda mungkin dapat mengirim BTC dengan tarif yang lebih rendah.

Jika Anda dapat mengirim bitcoin saat harganya Usd 69.000 maka biaya transfer untuk 10 satoshi per byte adalah sekitar Rp.19.200. tapi jika anda mentransfer bitcoin di harga USD 17.300 maka biaya yang diperlukan adalah sekitar Rp.5.192

Jika anda ingin meniru cara ini, anda bisa ikuti cara ini: 
  • Tunggu harga bitcoin turun .
  • Pilih biaya transaksi berdasarkan harga saat ini.
  • Anda juga bisa custom biaya transaksi, tapi fitur ini hanya terdapat di beberapa wallet
  • Setelah itu, anda bisa langsung transfer bitcoin ke alamat wallet tujuan.
  • Tunggu beberapa jam, dan transaksi Anda akan dikonfirmasi Tergantung pada waktu dan jumlah BTC yang Anda kirim, Anda dapat secara efektif menggunakan penurunan harga untuk mengirim BTC hampir tanpa biaya. 

Menggunakan Exchanger

Meskipun kebanyakan exchange sudah menetapkan fee masing masing, tapi ada sebagian exchange yang menawarkan withdraw secara free contohnya seperti Ftx blockfolio, Nexo, Faucetpay. Tapi admin sering mengirim bitcoin dari exchange ke wallet menggunakan nexo.

Nexo: Buy Bitcoin And Crypto

Nexo adalah aplikasi crypto lender dan juga exchange crypto, yang sering di gunakan untuk membeli crypto menggunakan credit card, swap antar aset crypto ataupun meminjam crypto dengan jaminan crypto lain. Nexo dirilis pada pertengahan tahun 2019 dan sudah didownload lebih dari 1 juta kali. 

Admin sering memakai nexo untuk swap dan juga withdraw bitcoin karena gratis biaya transfer, untuk langkah langkah nya bisa anda ikuti di bawah ini
  • Download aplikasi nexo di playstore, appstore ataupun di website resminya.
  • Buka aplikasi dan buatlah akun, setelah itu selesaikan proses verifikasi KYC.
  • Jika anda telah menyelesaikan proses KYC, anda bisa top busd dari exchanger lain seperti Binance. Fee transaksi busd di jaringan Bep20 gratis, tapi anda juga bisa memilih aset crypto yang lain seperti Matic, Tron Dll. Di nexo anda juga bisa top menggunakan Visa dan juga Mastercard.
  • Setelah deposit anda sudah masuk, anda bisa menggunakan fitur swap pada menu exchange.
  • Jika sudah anda dapat withdraw bitcoin ke wallet tujuan anda.

FaucetPay

Mungkin exchanger yang satu ini tidak pernah kalian dengar. faucetpay tidak memiliki aplikasi, exchanger ini hanya bisa diakses dari web 

  • Pertama, Anda Harus membuka Website faucetpay.io
  • setelah itu buatlah akun, faucetpay tidak memerlukan verifikasi KYC.
  • Deposit kan aset crypto ke faucetpay, sering user menggunakan tron karena biaya tranfernya hanya 1 tron, tapi anda juga bisa memilih aset lain seperti Solana, BNB dan Dll.
  • Jika dana deposit sudah masuk, anda bisa mengakses fitur swap, lalu swap aset yang anda depositkan tadi ke bitcoin.
  • Setelah selesai anda bisa withdraw bitcoin ke wallet tujuan.

Kesimpulan

Saat mengirim bitcoin, biayanya didasarkan pada ukuran transaksi. Semakin banyak Anda mengirim, semakin tinggi biayanya. tapi dengan menggunakan beberapa cara yang telah admin jelaskan di atas, anda dapat mengirim bitcoin dengan biaya yang murah bahkan gratis. beberapa cara tersebut antara lain
  • Perhatikan format address bitcoin.
  • Gunakan batch transaksi.
  • Manfaatkan Penurunan harga bitcoin.
  • Gunakan Exchanger.
Disclamer On: Artikel ini bukan merupakan ajakan untuk membeli aset crypto, selalu lakukan research mandiri (DYOR) sebelum melakukan aktivitas jual beli aset crypto

Daftar Referensi:

  1. Satoshi Nakamoto. 2008. "Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System". Diakseis dari Bitcoin.org
  2. Deepak Mishra. 2021. "Understanding Bitcoin Transaction Fee Per Byte". Diakses dari Metamug.com
  3. Kai Sesgwick. 2017. "How To Calculate Bitcoin Transaction Fees When You're In A Hurry". Diakses dari Bitcoin.com
  4. "Bitcoin Transaction Fee Estimator And Calculator". Diakses dari privacypros.io
  5. Cris Moore. 2012. "How To Calculate Transaction Size Before Sending (Legacy Non-Segwit - P2PKH/P2SH)". Diakses dari Bitcoin.stackexchange.com
  6. Siddharth Menon. 2018. "Bitcoin legacy vs SegWit wallet adress. What is the difference ?". Diakses dari Medium.com
  7. Diego Gerono. 2021. "Know The Difference Between SegWit And Native SegWit (Bech32)". Diakses dari 101blockchains.com
  8. "What does native segwit support mean for relai users". Diakses dari Relai.app
  9. Kirsty Moreland. 2020. "SegWit and Native SegWit (Bech32) -What’s the Difference?". Diakses dari Ledger.com
  10. Laura M. 2022. "Apa itu segwit ? Penjelasan cara kerja segwit". Diakses dari id.bitdegree.org
  11. Ayushi Abrol. 2022 "SegWit Vs Native SegWit (Bech32) : A Comprehensive Guide". Diakses dari blockchain-council.org

DISCLAIMER ON:

THIS IS NOT FINANCIAL ADVICE

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.