Jangan malas baca, ya Telusuri!

Buat Folder Tersembunyi di Android, Begini Caranya

Buat Folder Tersembunyi di Android,

Teknologi ponsel memudahkan Anda untuk menyimpan file dalam bentuk folder dan dapat diakses dengan mudah. Kapan saja dan dimana saja bisa dilakukan. 

File tentu memiliki kepentingan yang berbeda-beda, ada yang bisa diakses publik dan ada juga yang tidak. Nah, file yang bersifat private itu penting untuk disimpan dengan aman. Jadi perlu membuat folder tersembunyi di Android 

Folder tersembunyi biasanya digunakan oleh sebagian orang untuk menyimpan file-file yang bersifat pribadi, penting atau rahasia. Mirip dengan PC atau laptop, ponsel Android menyediakan fitur untuk mendukung penyimpanan file di folder yang bisa disembunyikan. 

Bagi Anda yang belum tahu cara membuat folder tersembunyi di Android, simak ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Folder Tersembunyi di Android

Untuk menyimpan sebuah file atau dokumen, Anda harus sudah memahaminya terlebih dahulu. Buat folder yang diberi nama sesuai dengan isi file tersebut, kemudian simpan file tersebut pada folder tersebut. Ponsel Android memudahkan pengguna untuk mengelola file dalam folder di Android. Nah, untuk membuat folder tersembunyi di Android juga memiliki proses serupa, Anda bisa melihat perbedaannya pada langkah-langkah berikut ini: 

  1. Buka aplikasi file manager atau biasanya muncul dengan nama file manager di hp kamu. 
  2. Silakan cari opsi untuk membuat folder baru (create new folder). 
  3. Beri nama pada folder yang telah anda buat, bisa dipilih dengan nama yang sesuai dengan file atau nama yang anda rahasiakan. 
  4. Kemudian pindahkan file yang ingin Anda simpan ke folder baru. 
  5. Tambahkan titik di awal nama folder. Folder sudah disembunyikan. Ini adalah tahap yang membuat perbedaan dengan pembuatan folder non-tersembunyi. 

Mudah bukan, Anda bisa langsung mempraktekkannya di HP Android. Pertanyaan Anda kemudian adalah, bagaimana menemukan dan mengakses folder yang disembunyikan sebelumnya. 

Tenang, ini juga sangat mudah untuk Anda lakukan. Cukup dengan masuk ke file manager seperti saat Anda membuat folder tersembunyi di Android sebelumnya. Berikut tahapan lengkapnya: 

  1. Buka aplikasi pengelola file atau pengelola file di ponsel Anda. 
  2. Buka menu pengaturan atau setting. 
  3. Cari opsi untuk menampilkan folder tersembunyi atau menunjukkan folder tersembunyi, dan folder yang semula Anda sembunyikan akan muncul. 

Yang perlu diingat oleh anda adalah path atau jalur saat folder. Jadi kamu bisa menemukan folder yang sama dengan folder lainnya, hanya saja tampilannya agak transparan. Sederhana namun dapat membuat Anda merasa tenang karena file-file yang penting, pribadi dan rahasia dapat disimpan di tempat yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. 

Buat Folder Tersembunyi di Android

Mengapa perlu menyimpan file di folder tersembunyi? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tidak semua file berisi informasi yang bersifat publik atau dapat diketahui oleh orang lain. 

Ada juga file yang bersifat private, dengan akses terbatas. Bukan tidak mungkin jika seseorang secara tidak sengaja mengakses ponsel Android Anda tanpa sepengetahuan Anda dan ingin mencuri file tersebut. 

Berbagai dampak dapat terjadi akibat hal tersebut. Untuk menghindarinya, dibuatkan folder tersembunyi agar tidak ada yang bisa mengakses file Anda tanpa sepengetahuan Anda dan bisa merugikan. 

Kerugian yang ditimbulkan bisa bersifat materil, bahkan yang paling parah bisa bersifat psikologis. Oleh karena itu, jagalah file Anda dengan hati-hati. Selamat mencoba cara membuat folder tersembunyi di Android, sukses untuk Anda.

About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.