Jangan malas baca, ya Telusuri!

Contoh Permasalahan UKM Disekitar Tempat Tinggal MHS dan Solusinya.

Adapun pengertian UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.

Secara lebih jelas, pengertian UMKM diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM. Dalam UU tersebut disebutkan bahwa UMKM adalah sesuai dengan jenis usahanya yakni usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah.

Biasanya, penggolongan UMKM adalah dilakukan dengan batasan omzet per tahun, jumlah kekayaan atau aset, serta jumlah karyawan. Sedangkan usaha yang tak masuk sebagai UMKM adalah dikategorikan sebagai usaha besar.

Usaha besar adalah usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh badan usaha dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan lebih besar dari usaha menengah. Usaha besar meliputi usaha nasional milik negara atau swasta, usaha patungan, dan usaha asing yang melakukan kegiatan ekonomi di Indonesia.

Contoh UMKM di tempat saya:

UMKM Bidang Kuliner

Salah satu bisnis UMKM yang paling banyak digandrungi adalah biang kuliner. Berbekal inovasi dalam bidang makanan dan modal yang tidak terlalu besar, bisnis ini terbilang cukup menjanjikan mengingat setiap hari semua orang membutuhkan makanan.

Meskipun sedang dilanda pandemi, para wirausaha tidak kehabisan akal. Makanan-makanan yang biasa dijual di pinggir jalan kini bisa dialihkan menjadi makanan berupa frozen food atau makanan kering seperti kebab prozen dan keripik singkong. 


Yang mana bisnis ini sangat menguntungkan karena kebanyakan dari orang sudah menjual dagangannya dalam bentuk yang panas atau di goreng dulu dan dimakan secara langsung, tapi untuk kebab prozen yang di dekat rumah saya itu dia menyediakan semua keperluan untuk membuat kebab seperti daging, sayur, sosis, kulit kebab dan tidak hanya keperluan itu saja tetapi ada juga yang sudah jadi kebab yang dibekukan. Dengan adanya prozen food ini orang-orang bisa memasak makanan nya dari rumah dan bisa juga di simpan di rumah mereka apabila mereka tidak mau memakannya sekarang. 

Bisnis prozen food ini sangat lah menjanjikan, kenapa? 

Mudah untuk memulainya

Banyak bisnis yang memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi sebelum dijalankan. Apalagi jika ditambah dengan risikonya. Namun, lain halnya dengan bisnis frozen food. Dengan memilih menjadi distributor atau reseller, maka siapa pun bisa memulai bisnis ini karena memang hanya modal awal saja yang dibutuhkan. 

Sudah memiliki pasarnya sendiri

Keadaan pandemi beberapa waktu ke belakang, membuat minat masyarakat kepada frozen food menjadi bertambah. Meski memang sebelum adanya kegiatan di rumah aja, bisnis ini pun sudah berjalan dan memiliki peminatnya sendiri. Akan tetapi, kondisi ini bisa naik dua kali lipat, sehingga ini bisa menjadi satu kelebihan bisnis frozen food.

Jangka waktu makanan bisa bertahan lama

Masalah terbesar dari pengusaha produk makanan adalah waktu tahan lama produk itu sendiri. Di mana, sebagian besar memiliki kualitas yang tidak bisa bertahan lama. Namun, frozen food berlaku sebaliknya. Inilah yang menjadi salah satu keuntungan dari bisnis tersebut. 

Produk frozen food bisa lebih banyak terjual

Dikarenakan waktunya yang bisa bertahan lebih lama, produk ini menjadi pilihan yang tepat oleh kebanyakan masyarakat. Dengan hanya menyimpan di lemari pendingin, konsumen bisa membeli produk dalam jumlah yang banyak tanpa harus takut makanan tersebut basi atau tidak enak.

Di samping itu mungkin orang-orang berpikir enak ya bisnis prozen food, mereka tidak tahu padahal banyak juga masalah ketika membuka bisnis prozen food. Untuk masalah yang terjadi apabila membuka bisnis prozen food. 

Banyaknya kompetitor dan pesaing

Sejalan dengan jumlah peminatnya yang banyak, maka penjualnya pun juga semakin banyak. Dengan berbagai kemudahan yang bisa dirasakan dari bisnis frozen food, persaingan bisa ditemukan di mana-mana. Sekarang ini jika kita mencari produk frozen food di media sosial atau pun market place, kita akan menemukan banyak sekali penjual yang menjual dengan produk yang sama. Tentu ini menjadi kelemahan bisnis frozen food yang harus dipertimbangkan. Untuk mensiasatinya, kamu bisa menawarkan sesuatu yang unik dan berbeda dari produkmu. 

Bergantung pada mesin freezer

Kelemahan bisnis frozen food selanjutnya adalah produknya yang bergantung pada mesin freezer. Namanya aja makanan beku, sudah pasti harus selalu dalam keadaan beku bukan? Karena kalau tidak, akan sama nasibnya dengan makanan lain yaitu mudah basi. Untuk itu, mesin freezer memiliki peran yang sangat vital  dan harus selalu dalam keadaan hidup, tidak boleh rusak. Jika rusak, maka bisnis frozen food tidak bisa berjalan dan hanya akan mengalami kerugian.

Tidak bisa berjalan tanpa pasokan listrik

Selain mesin freezer, kelemahan bisnis frozen food juga terletak pada keadaan aliran listrik yang memadai. Terlebih lagi, biasanya daya yang dibutuhkan juga terbilang besar dan tidak semua rumah atau daerah memiliki daya listrik yang kuat untuk menopang mesin freezer tersebut. 

Tidak ada kepastian kapan produk akan habis

Mengingat waktu simpannya bisa bertahan lama dan awet, maka hal ini mengakibatkan konsumen akan melakukan stok produk. Alhasil, ini bisa berimbas pada waktu beli yang tidak bisa diprediksi. Hari ini mungkin bisa habis dan laku banyak, tetapi besok belum tentu akan sama. Jadi, kelemahan bisnis frozen food yang lainnya adalah waktu beli konsumen yang tidak bisa diprediksi, dan bisa membuat orderan sepi.

Sebagian besar produk frozen food adalah junk food

Di samping kelebihannya yang praktis, akan tetapi rata-rata produk makanan beku itu termasuk junk food karena pengolahannya bisa membuat kandungan nutrisi asli makanan tersebut rusak atau hilang.

Inilah yang masih menjadi pertimbangan beberapa orang untuk membeli produk makanan beku, terutama untuk anak-anak. Namun, kelemahan bisnis frozen food yang satu ini bisa diakali dengan menghadirkan produk homemade yang tidak mengandung pengawet, lho.

Waktu kadaluarsa sering kali terlupakan

Meski memang memiliki waktu yang cenderung awet, namun bukan berarti makanan beku bertahan selamanya, lho. Mereka juga memiliki masa kadaluarsa yang tetap harus diperhatikan. Nah, kelemahan bisnis frozen food terletak di sini. Jenis produknya yang banyak dan beraneka ragam, sering kali membuat masa kadaluarsa dilupakan. Apalagi kalau es dalam freezer sudah menebal, membuat beberapa orang tidak memperhatikan masa kadaluarsanya. 

Terlihat sudah bahwa bisnis prozen food ini banyak sekali masalah nya, maka dari itu harus ada solusi untuk menangani permasalahan ini. 

Solusi :

Tugas dan tanggung jawab seorang pelaku bisnis tidak berhenti pada saat memulai bisnis, pemasaran, dan kemudian bisnis berjalan. Setelah semua proses tersebut dilalui, tugas seorang pelaku bisnis, dalam hal ini adalah bisnis frozen food, adalah melakukan pengembangan terhadap bisnis yang telah berjalan. Pengembangan bisnis dapat dilakukan dengan cara melakukan evaluasi secara rutin terhadap bisnis yang sedang berjalan. Evaluasi sendiri dilakukan untuk memperbaiki kesalahan, mencari solusi atas kendala, serta meningkatkan dan mengembangkan bisnis yang sedang berjalan. 

 NAMA      : M. FERDY YANUAR

JURUSAN : MANAJEMEN INTERNASIONAL

MATKUL   : BAHASA INDONESIA

NIM            : 2110312210085






About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.