Jangan malas baca, ya Telusuri!

Praktikum Pemrogaraman Java: Cara Membuat Program Kasir Belanja Sederhana Disertai Kalkulator Harga

Tutorial cara membuat program kasir sederhana menggunakan Java disertai dengan kalkulasi perhitungan

Cara Membuat Program Kasir Bahasa Pemrograman Java

Program Kasir Java


Halo teman-teman,

Dikarenakan admin mau bikin app mobile untuk caripengetahuan-id, admin bertekat untuk mempelajari dan memasteri pemrogaraman Java, hehe. Jadi, untuk melatih pemrograman, admin bikin program sederhana yang admin share di postingan kali ini.

Untuk projek paling sederhana yang sudah admin buat yakni program kasir yang menghitung total belanja. Ada beberapa fitur output seperti menampilkan kalkulasi jenis-jenis item yang dibeli dan kalkulasi total kembalian uang.

Program ini dibuat dengan menggunakan libary ArrayList yang terdapat di Java, alih-alih menggunakan banyak variabel lebih baik menggunkan Array untuk dapat menyimpan banyak data dengan suatu nama yang sama.

Admin mengakan .add() untuk mengisi item yang diinputkan oleh user melalui Scanner lalu mengakesnya menggunakan syntax perulangan while() untuk masing-masing index.

Kalkulasi perhitungan total harga juga ditulis di dalam perulangan while . Dengan logika total = 0 lalu, total = total yang ditambahkan oleh harga.get(i). Dimana  harga.get(i) akan menyesuaikan nilai integer i yang akan selalu diincrement (i++) oleh perulangan while().

Lalu, untuk logika jika user menginputkan suatu item maka akan tampil harga yang sesuai item. Nah, di sinilah if else statements berperan. Jika suatu item dituliskan di dalam perulangan while maka akan menambahkan harga.add(item) yang dimana masing-masing item telah ditentukan harganya.


//Menambahkan List Harga Sesuai dengan item

if (itemList.get(i).equals("apple")) {
  harga.add(5000);
} else if (itemList.get(i).equals("cherry")) {
  harga.add(13000);
} else if (itemList.get(i).equals("orange")) {
  harga.add(7000);
} else if (itemList.get(i).equals("mango")) {
harga.add(6000);
}

//Apabila input user itemList.get(i) equals (sama) dengan "apple" maka akan menambahkan harga.add(sebesar 5000)

Selanjutnya juga, tidak lupa pula untuk menampilkan kalkulator harga. Agar setiap perulangan tidak langsung tampil, admin tidak meletakanya di looping yang sama. Alih-alih menggunakan while() admin memilih menggunakan for() untuk menampilkan  itemList dan hargaList array.

Admin rasa cukup untuk penjelasannya. Daripada artikel ini terlalu panjang nantinya, langsung saja deh kamu pahami sendiri ya kode yang ada di bawah ini, hehe.

Kode:


Program Kasir Java

Download Source Code Here:

Download

Output:


Program Kasir Java


About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.