Jangan malas baca, ya Telusuri!

6 Contoh Soal UAS Praktikum Pemrograman 1 + Pembahasan, Semester 1. MABA IT WAJIB BACA!

Yuk, Latih logika pemrogramanmu dengan mencoba menyelesaikan contoh soal ini. (Disertai dengan pembahasan)

Contoh Latihan Soal Praktikum Pemrograman Untuk Persiapan UAS


Haloo teman-teman!

Ada yang pernah dengar "Pratice makes perfect" Yup! kalimat tersebut sering kita jumpai di buku S*du yang terletak di bawah kertas, wkwk.  

Gak bisa dipungkiri lagi memang kalimat tersebut powerful banget untuk belajar pemrograman. Pada dasarnya, untuk belajar pemrograman sekedar membaca teori saja tidaklah cukup. Jadi, kita perlu mengasah logika dalam menyusun algoritma dengan berlatih dan mempraktikan syntax apa saja yang telah kita pelajari. 

Seberapa banyak, sih, syntax yang harus kita pelajari dan dihapal? banyak, banyak banget malah. YA! sebenarnya kita gak perlu menghapal syntax yang ada, cukup praktikan dan terapkan dalam program itu sudah lebih dari cukup untuk membangun pondasi pemahaman kita terhadap bahasa pemrograman yang kita pelajari. 

Toh! sangking banyaknya syntax yang ada, kemungkinan kita akan lupa dan berujung pada, "ehem, oke google bagaimana cara...". 😀

Namun, dengan banyak melakukan praktik, otak cenderung terbiasa sehingga kita akan lebih mudah mengingat tanpa berusaha menghapal.

Satu lagi yang harus diingat bahwa  pemrograman hanyalah tools, ibarat sebuah pesawat, yang jadi pilot itu diri kalian. Jadi, kamu lah yang menentukan kemana arah atau tujuan program itu dibuat. Ini terkait dengan cara kamu untuk mengkonversi logika kamu ke dalam sebuah program yang dapat dipahami oleh komputer, lalu menjadikannya dapat digunakan untuk mempermudah dan membantu kehidupan manusia.

Nah, sudah tau kan pentingnya praktik dalam pemrograman. Maka dari itu, di postingan kali ini, admin akan membagikan beberapa soal UAS pemrograman dasar disertai dengan pembahasan. Sebelum itu, coba sebisa kamu ya, baru lah ketika menyerah atau gak bisa nyelesaiin, kamu bisa tap "Alternatif pembahasan" untuk melihat pembahasan seperti apa code yang sudah admin buat. 

"Ada banyak jalan menuju roma" kata-kata tersebut meningatkan bahwa ada banyak cara untuk menyelesaikan satu permasalahan. Walau hasil code kalian berbeda dengan punya admin, toh asalkan outputnya sama ya gak masalah!.

Oh ya! sekedar memberitahu, admin juga pemula lo dalam pemrograman, jadi tujuanya hanya sekedar sharing beberapa pengetahuan saja dari perkuliahan yang sedang admin jalani.

Oke, gak usah basa-basi lagi

Selamat mencoba!

Catatan: Kode praktikum dibuat dengan bahasa C dan Python.



01


Budi suka bermain kata rahasia dengan Andi. Budi mengirimkan sebuah pesan kalimat yang didalamnya mengandung kata rahasia. Kunci untuk membaca kata rahasia yang dikirimkan Budi berupa baris angka yang dipisahkan oleh spasi. Bantulah Andi untuk menemukan kata rahasia yang disembunyikan Budi. Input baris pertama adalah kalimat pesan yang disampaikan Budi. Input baris kedua adalah panjang array kunci. Input baris ketiga adalah kunci yang digunakan untuk menemukan kata rahasia. Hint: pelajari pola dari contoh yang diberikan.

Buatlah program dalam bahasa C dan Python.

Instruksi Pengerjaan

  • Buatlah program dalam bahasa C dan Python
  • Input baris pertama adalah kalimat pesan yang disampaikan 
  • Input baris kedua adalah panjang array kunci
  •  Input baris ketiga adalah kunci yang digunakan untuk menemukan kata rahasia

Alternatif Pembahasan:
Show

02


Buatlah program dalam bahasa C dan Python yang dapat menghitung umur anda sekarang dalam hitungan tahun dan bulan hingga bulan dan tahun ini (Desember 2021). Program dapat menerima input bulan dan tahun kelahiran dan mengeluarkan output jumlah umur anda sekarang.

Instruksi Pengerjaan

  • Buatlah program dalam bahasa C dan Python
  • Input baris pertama adalah bulan kelahiran
  • Input baris kedua adalah tahun kelahiran


Alternatif Pembahasan:
Show

Program dalam bahasa C

03


Buatlah program dalam bahasa C dan Python menggunakan fungsi guna mengecek apakah tiga garis yang diinput kedalam program dapat membentuk sebuah segitiga atau tidak. Baris pertama adalah jumlah kasus uji (test case). Baris kedua adalah 3 buah garis a b c yang akan dibentuk menjadi sisi-sisi segitiga. Outputnya berupa nilai 1 apabila 3 garis dapat membentuk segitiga dan 0 apabila tidak dapat membentuk segitiga. Harus diimplementasikan menggunakan function.

Instruksi Pengerjaan

  1. Buatlah program dalam bahasa C dan Python
  2. Baris pertama : Jumlah kasus Uji (perulangan)
  3. Baris selannutnya adalah nilai a, b dan c sebanyak jumlah kasus uji

Hint: Menggunakan Teorema segitiga menyatakan bahwa setiap sisi dari segitiga adalah kurang dari jumlah dua sisi lainnya. Maka segitiga akan terbentuk apabila panjang sisi-sisinya: 


  • a + b > c 
  • a + c > b 
  • b + c > a  
Output : 0 Apabila tidak dapat membentuk
Output : 1 Apabila dapat membentuk



Alternatif Pembahasan:
Show

04


Buatlah program dalam bahasa C dan Python yang dapat menampilkan 5 bilangan kelipatan dari bilangan yang telah diinputkan.

Instruksi Pengerjaan

  1. Baris pertama, bilangan inpur dari user
  2. Output menghasilkan kelipatan bilangan teridiri dari 5 baris
  3. Gunakan perulangan



Alternatif Pembahasan:
Show

05


Program untuk dapat menyetel alarm jam agar berbunyi selama 45 menit. Perulangan sebanyak input user jika user menginputkan 3 maka terjadi perulangan sebanyak 3x. Alaram yang digunakan menggunakan format 24 jam.

Instruksi Pengerjaan

  1. Buatlah program dalam bahasa C dan Python
  2. Baris pertama, user menginputkan jumlah kasus uji (perulangan)
  3. Baris selanjutnya, user menginputkan jam alarm sebanyak jumlah kasus uji yang diinputkan

Alternatif Pembahasan:
Show

06


Buatlah program dalam bahas a C dan Python untuk menghitung jumlah pasangan yang mungkin pada sebuah array sesuai dengan sum/jumlah yang ditentukan oleh uset

Instruksi Pengerjaan

  1. Buatlah program dalam bahasa C dan Python
  2. Input baris pertama adalah N S, dimana N adalah panjang array dan S adalah total jumlah/sum dari dua bilangan yang diminta. 
  3. Input baris berikutnya adalah nilai dari isi array. 
  4. Output adalah jumlah pasangan dari bilangan yang memiliki jumlah yang sama sesuai dengan S. Pasangan tidak boleh berulang


Alternatif Pembahasan:
Show

python


Akhir Kata

Nah sampai sudah di penghujung artikel ini. Bagaimana? susah atau mudah? nah kira-kira, berapa soal yang dapat kamu selesaikan?  semoga artikel ini bermanfaat :") dan jangan lupa komen dan share ke teman-temanmu ya. Terimakasih...

Incoming Search:

Contoh program sederhana Python, Contoh program sederhana dalam bahasa C, Contoh soal praktikum pemrograman, Latihan program C dan Python

About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.