Jangan malas baca, ya Telusuri!

Gak Selalu Melindungi! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Firewall


Firewall ialah suatu fitur berarti di dalam pc, paling utama pada pc yang kerap memakai pemanfaatan dari teknologi jaringan pc. Secara teknis, firewall bisa dianalogikan selaku suatu pagar rumah. Rumah merupakan suatu pc, serta bagian luar rumah merupakan jaringan.

Lalu apa saja guna firewall pada jaringan pc? Firewall bertugas buat melindungi supaya tidak terdapat barang ataupun konten asing, paling utama konten yang beresiko, semacam malware tidak masuk ke dalam pc user.

Mayoritas, firewall yang digunakan merupakan firewall bawaaan dari suatu sistem pembedahan, ataupun ialah firewall yang ialah fitur bonus dari suatu anti virus. Firewall sendiri, memilliki banyak sekali kelebihan, tetapi pula mempunyai sebagian kekurangan. Berikut ini merupakan sebagian kelebihan serta pula kekurangan dari firewall.

Kelebihan Firewall

Mengetahui terdapatnya malware ataupun ancaman dari suatu situs

Kelebihan awal dari pemakaian firewall pada pc kita merupakan sanggup buat mengetahui terdapatnya malware serta ancaman yang bahaya dari bermacam berbagai web yang kita kunjungi. Bayangkan, apabila firewall tidak diaktifkan, hingga seluruh konten, yang bisa jadi saja berisi malware yang berpotensi mengganggu pc kita hendak masuk dengan gampang.

Dengan demikian, kita juga selaku user hendak ikut merasakan menimpa pengalaman berinternet nyaman serta aman, tanpa butuh takut dengan terdapatnya kendala malware yang beresiko. Tetapi tidak cuma dari web yang di akses, hendak namun dari aplikasi yang sudah di install ke dalam pc. Oleh karenanya user wajib berjaga- jaga dengan bahaya memakai aplikasi bajakan yang kurang nyaman.

Dengan terdapatnya firewall, tiap web, yang mungkin mempunyai malware, ataupun yang telah sempat ditemukan bisa mengecam, user hendak diperingatkan hendak bahayanya, serta secara otomatis web tersebut hendak ditemukan oleh sistem firewall pc kita.

Melindungi supaya user tidak ditunjukan ke dalam web yang berbahaya

Tidak hanya berikan peringatan menimpa mungkin terdapatnya malware pada web yang hendak didatangi oleh user, firewall pula sanggup buat melindungi serta menghindari supaya user tidak masuk ke dalam web yang dikira beresiko.

Selaku contohnya, kala kita hendak membuka web jejaring social, Facebook misalnya, umumnya banyak link- link yang berasal dari web yang kurang terpercaya di share di facebook. Walaupun banyak khasiat facebook yang user rasakan, tetapi butuh berjaga- jaga buat perihal yang satu ini.

Tanpa terdapatnya firewall, kita pasti saja hendak leluasa mengklik web– web tersebut. Tetapi demikian, siapa yang ketahui apa yang terdapat di dalam web tersebut. Sebab itu, firewall sangat baik buat menolong supaya user tidak sembarangan mengklik suatu link, serta menghindari supaya user tidak masuk ke dalam web yang dikira beresiko.

Memblokir web–web tertentu

Firewall pula mempunyai kelebihan berbentuk pemblokiran terhadap sebagian web tertentu, serta alamat ip dari suatu web. Dengan begitu, kala kita telah memblokir suatu web serta pula IP address, kita tidak hendak dapat membuka web tersebut.

Sarana ini pasti saja jauh lebih advanced apabila dibanding dengan fitur site block yang ditawarkan oleh browser konvensional, semacam Mozilla serta pula chrome. Dengan begitu, kita tidak butuh takut menimpa link- link yang hendak mengusik kenyamanan berinternet kita. Dalam perihal ini, user butuh memilah browser terbaik demi kelancaran akses internet yang nyaman.

Memperingatkan user kala hendak mendownload apapun yang berasal dari web yang tidak aman

Tidak hanya menolong menghindari serta pula memblokir sebagian web, keunggulan yang lain dari suatu sistem firewall merupakan kalau sistem firewall pada pc ini pula sanggup buat memperingatakn user kala hendak mendownload konten.

Sebagian konten yang di unduh terkadang berisi modul yang tidak cocok, serta dapat jadi ialah suatu malware. Sebab itu, dengan terdapatnya firewall, saat sebelum mendownload user hendak diberi peringatan menimpa konten yang hendak didownload, sehingga hendak menimbulkan user jadi lebih aware ataupun waspada terhadap konten yang hendak di unduh.

Menghindari pembajakan terhadap pc user lewat jaringan komputer

Dikala ini, peretasan serta pembajakan suatu pc yang dicoba lewat jaringan pc telah sangat gempar dicoba, baik dalam skala kecil, ataupun skala besar. Mayoritas, aksi kejahatan peretasan ini dicoba sebab pc yang disasar memilik pengamanan firewall yang lemah.

Sebab itu, firewall sangatlah berarti buat diaktifkan. Dengan adana firewall, pc user hendak terlindungi serta sangat tidak dapat lebih nyaman dari pembajakan ataupun hacking serta peretasan lewat jaringan pc.( baca pula: metode kerja firewall pada jaringan pc)

Sangat bermanfaat kala user melaksanakan koneksi jaringan pada tempat umum

Tempat universal yang sediakan sarana jaringan dikala ini telah gempar. Sarana ini, semacam public wifi contohnya pasti saja sangat bermanfaat buat kebutuhan internet tiap user. Hendak namun, nyatanya kemampuan peretasan yang dicoba lewat jaringan pc universal, semacam public wifi ini sangatlah besar. Sebab itu, firewall sangat diperlukan buat melindungi keamanan.

Serta untungnya, firewall mempunyai kelebihan yang sangat cocok untuk kamu yang kerap memakai public wifi, buat mengamankan pc kamu dari peretasan lewat jaringan public.

Kekurangan Firewall

Bukan ialah antivirus, sehingga tidak cocok buat menghindari masuknya virus

Banyak yang kerap membandingkan firewall dengan anti virus. Memanglah sebagian antivirus mempunyai fitur bonus berbentuk firewall. Hendak namun, firewall sendiri pada dasarnya tidaklah suatu anti virus. Bisa jadi firewall bermanfaat buat penangkalan malware serta sebagian konten internet beresiko yang lain.

Namun, kala konten tersebut telah terdownload serta nyatanya merupakan suatu virus, hingga firewall tidak dapat berbuat apa- apa. Tugas firewall cumalah selaku suatu pagar yang melindungi supaya pc tidak hadapi kendala akibat jaringan pc. Sebab itu salah besar apabila cuma mengandalkan firewall selaku suatu anti virus.( baca pula: metode menghindari pc terserang virus)

Firewall tidak bisa menolong menghindari pencurian informasi maupun peretasan yang dicoba dari dalam.

Pencurian informasi dan juga  peretasan yang berlaku secara internal, maupun dari dalam tidak sanggup dicegah dengan firewall. Perihal ini terjalin apabila peretasan serta pencurian informasi dicoba oleh mereka yang mengenali password serta security key dari pc tersebut. Butuh diingat, firewall cuma hendak beraksi kala mengetahui terdapatnya konten mencurigakan yang berupaya menyusup ke dalam pc lewat jaringan internet.

Jadi, pada dasarnya, firewall tidak hendak bermanfaat, apabila penyusupan serta pencurian informasi itu berasal dari keadaan internal, dimana penyelinap mempunyai hak akses terhadap pc yang hendak dicuri ataupun diretas informasinya.

Tidak seluruh malware dapat ditemukan dengan baik

Walaupun efisien dalam memerangi malware, tetapi demikian nyatanya firewall bukanlah superior. Pengembangan teknologi pc, paling utama pengembangn virus serta malware sudah membuat malware jadi lebih mutahir, serta tidak mampu ditangkal oleh firewall.

Terdapat banyak sekali tipe– tipe malware baru yang lebih jahat, yang susah, apalagi tidak dapat dideteksi oleh firewall. Ini pula yang menimbulkan banyak pc server hadapi peretasan, serta hadapi pencurian informasi.


About the Author

Haus akan ilmu

1 comment

  1. alhamdulillah dapat ilmu tentang ini
Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.