Jangan malas baca, ya Telusuri!

Tokocrypto vs Indodax: Mana yang Paling Recommended?

Ajai

Tokocrypto vs Indodax: Mana yang Paling Recommended?

Di zaman serba digital ini, sudah banyak aplikasi cryptocurrency asal Indonesia. Diantaranya adalah Tokocrypto dan Indodax. Kedua platform ini tentu memiliki keunggulan masing- masing. Jika Tokocrypto vs Indodax diadu, mana yang terbaik?

Ulasan Tokocrypto Vs Indodax menjadi cukup menarik untuk dibahas. Pasalnya, dua platform ini memang bersaing. Entah dari segi fitur maupun layanan yang diberikan. Kali ini, kami akan menjelaskan platform mana yang paling unggul dari beberapa aspek.

Tokocrypto Vs Indodax, Mana yang Terbaik?

Ada lima hal yang akan kami soroti untuk membandingkan dua platform ini. Mulai dari biaya transaksi, Withdraw, rating di playstore, dan UX serta UI.

1. Biaya Transaksi

Dalam proses transaksi di dalam trading ataupun deposito, ada sebuah biaya yang harus diberikan pada platform (Fee). Simpelnya, Anda bisa menyebutnya sebagai biaya admin dalam platform Aplikasi Crypto.

Di dalam sebuah aplikasi crypto, ada dua jenis fee yang harus dibayar. Diantarnya adalah Limit dan Market.

 Tokocrypto memiliki limit dan market yang sama, yakni 0,1 % dari transaksi.
 Sedangkan Indodax memiliki limit 0% dan market 0,3% dari transaksi

Keduanya tentu memiliki keunggulan masing-masing. Bila dibandingkan, dari ini keduanya sepertinya berimbang. Tokocrypto Vs Indodax dalam hal fee boleh dikatakan tidak begitu jauh berbeda.

2. Withdraw

Proses mengambil uang di dalam wallet aplikasi crypto dinamakan withdraw.  Entah Tokocrypto maupun Indodax sama-sama memiliki afiliasi dengan banyak bank dan e-wallet Indonesia. Sehingga withdraw bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Namun, bila kita bandingkan dari segi biaya admin untuk withdraw. Keduanya tetap memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 Tokocypto mematok pada harga flat, sehingga berapapun withdraw yang dilakukan, harganya tetap, yakni Rp 5.000,- 
 Sedangkan Indodax, memiliki sistem fee withdraw persentasi, yakni 0.5 persen dari nilai penarikan yang dilakukan. Misal withdraw uang 1 juta, maka biaya yang dikenakan adalah Rp 5.000,-

Tentu Anda bisa menilai, dalam hal withdraw, Tokocypro unggul ketika penarikan nilai > 1 juta. Jika penarikan lebih dari 1 juta, maka Indodax tentunya bisa dikatakan lebih mahal.

3. Masalah UI dan UX

User Interface (UI) dan User Experience (UX) merupakan salah satu hal fundamental dalam sebuah aplikasi. Entah tokocypto maupun Indodax, memiliki UI dan UX yang sudah baik dan responsif.

Hal tersebut bisa terjadi karena di zaman ini UX dan UI menjadi tuntutan besar. Jangankan aplikasi trading crypto, aplikasi bank saja sudah dioptimasi dari desain visualnya. Sehingga dalam hal ini keduanya bisa dikatakan imbang.

Dari segi size pun tidak jauh berbeda. Tokocypto memiliki size 28 mb, sedangkan Indodax memiliki size 25 mb. Tentu sama sekali tidak berat bagi smartphone generasi baru.

4. Rating dan Pengguna

Perbandingan yang terakhir adalah masalah rating dan pengalaman pengguna. Jika kita berpatokan pada playstore, tentu pemenangnya sudah jelas, yakni Indodax Karena aplikasi tersebut memiliki rating 4.3 dengan total download lebih dari 1 juta.

Sedangkan Tokocrypto masih berada di rating 3.9 dan telah didownload 500 pengguna play store. Jika dilihat dari umur aplikasinya, hal tersebut bisa saja logis. Sebab apikasi Indodax dirilis tahun 2014, sedangkan Tokocrypto masih di tahun 2020.

Kesimpulan

Jika dibandingkan, Tokocypto Vs Indodax maka yang menang dari segi popularitas adalah Indodax. Namun dari segi performa, kenyamanan, fasilitas, keduanya mungkin saja berimbang. Sehingga tergantung masing-masing pengguna. Menurut Anda bagaimana?

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.