Jangan malas baca, ya Telusuri!

Softskill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja: Anda Sudah Punya?

Softskill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja: Anda Sudah Punya?


Dunia kerja nyatanya lebih rumit daripada kehidupan sekolah atau perkuliahan. Dalam menjajakinya, Anda tidak hanya membutuhkan kemampuan tertulis seperti nilai raport atau ijazah. Softskill yang dibutuhkan dalam dunia kerja juga cukup banyak dan wajib Anda kuasai.

Softskill adalah kemampuan yang berupa keterampilan seseorang serta tidak dapat dinilai secara angka. Artinya kemampuan ini ada dalam interaksi bersosial dan kehidupan sehari-hari.

Perbedaan softskill dan hardskill yaitu penilaian dan ranah kerjanya. Penilaian softskill cenderung subjektif sedangkan hardskill objektif. Ranah kerja hardskill adalah dalam pengetahuan secara teori, sedangkan softskill lebih kepada bagaimana cara mempraktekkannya.

Rangkuman 5 Softskill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

Dalam dunia kerja, contoh soft skill adalah sebagai berikut:

1. Berkomunikasi dengan Baik

Softskill yang dibutuhkan dalam dunia kerja satu ini tentu sangat umum dan harus Anda kuasai. Pasalnya dalam pekerjaan, Anda tentu tidak hanya mengerjakan banyak tugas sampai selesai.

Melainkan dalam pekerjaan, Anda akan dihadapkan pada beberapa kegiatan dengan orang banyak. Seperti rapat dengan seluruh pegawai atau hanya sekadar ngobrol santai dengan rekan tim.

Seseorang yang bisa berkomunikasi dengan baik, dapat bersikap cerdas dan bijaksana. Ia mengetahui kapan waktunya ia mendengarkan, menyampaikan pendapat dengan terstruktur dan sesuai attitude, serta dapat memahami maksud orang lain dengan mudah.

2. Dapat Beradaptasi Secara Cepat

Dunia kerja tentu tidak se-simple kehidupan kampus atau sekolah. Terdapat berbagai interaksi, situasi, dan masalah di dalamnya. Dapat beradaptasi tentu menjadi salah satu skill wajib agar Anda tidak kaget dalam dunia kerja.

Salah satu contohnya yaitu beradaptasi dengan padatnya jadwal pekerjaan. Meskipun pada awalnya terlihat berat, namun jik sudah terbiasa Anda juga bisa menjalaninya.

Selain itu, Anda juga harus bisa beradaptasi dengan rekan kerja dan culture perusahaan. Hal ini akan membuat Anda semakin mudah diterima dalam lingkungan tersebut dan bisa merasa nyaman dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari.

3. Skills Kepemimpinan

Tidak selamanya dalam bekerja, Anda akan menjadi seorang bawahan. Jika Anda ingin berkembang. Maka akan ada saatnya Anda harus menjadi pemimpin dalam suatu pekerjaan. Misalnya ketua divisi, koordinator event, dan lain sebagainya.

Pastikan ketika saat itu datang, Anda sudah memiliki skill kepemimpinan yang mumpuni. Skills ini mencakup bagaimana cara Anda memandu anggota agar berjalan sesuai dengan tujuan, dan cara untuk menyatukan visi dan misi anggota.

Selain itu Anda juga harus bisa menjadi contoh yang baik, bagaimana mendengarkan pendapat setiap anggota, mengambil keputusan terbaik, dan lain sebagainya.

4. Berkolaborasi

Dalam bekerja, tentu Anda tidak selamanya bekerja sendiri. Pada project-project tertentu, Anda pasti akan bersama tim atau berkoordinasi dengan pihak lain. Di sinilah skill kolaborasi Anda akan dibutuhkan.

Seseorang yang mempunyai kemampuan kolaborasi baik tidak akan menang sendiri dalam suatu diskusi namun terlibat aktif, mendengarkan pendapat yang lain, serta mementingkan keputusan terbaik untuk bersama daripada diri sendiri.

5. Manajemen Waktu

Tidak seperti saat sekolah yang tugas selalu diingatkan oleh guru, dalam kerja Anda harus benar-benar bisa mengatur dan mengingatnya sendiri. Apalagi saat kerja, kewajiban sebagai orang dewasa juga akan bertambah. Seperti membina keluarga atau yang lainnya.

Pastikan Anda memanajemen seluruh kegiatan dengan baik. Atur secara terstruktur dengan jadwal agar lebih mudah diingat. Dengan mampu memanajemen waktu yang baik, maka Anda dapat menyelesaikan suatu pekerjaan tepat pada waktunya dan tidak akan mengganggu hal lainnya.

Penutup

Jadi itu adalah penjelasan mengenai beberapa softskill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Bagaimana, apakah Anda sudah memilikinya? Jika belum, masih ada waktu untuk terus belajar dan mengasah softskill. Semangat!

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.