Jangan malas baca, ya Telusuri!

Sertifikasi Konsultan ISO 45001 Proffesional Di Jakarta

Sertifikasi Konsultan ISO 45001 Proffasional Di Jakarta


Konsultan ISO 45001 kini hadir karena angka statistik terhadap insiden keamanan dan kecelakaan kerja beserta biaya yang dirugikan terus meningkat setiap harinya di seluruh dunia.

Meskipun pada dasarnya sebuah pedoman keselamatan dan kesehatan bertaraf internasional kebanyakan sudah banyak orang gunakan organisasi/perusahaan. Namun, hal tersebut rupanya banyak yang janggal dan ditemukan ke tidak sesuaian di lapangan.

Oleh karena itu Sebuah sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang selaras sangat dibutuhkan sehingga tercipta penerapan standar dengan “Best Practice”.

Walaupun istilah tersebut dapat anda lihat pada berbagai skala perusahaan yang anda terapkan pada negara maju maupun berkembang.

Dengan adanya standar tersebut, perusahaan akan mampu mengatasi berbagai resiko keselamatan dan kesehatan kerja dengan lebih baik pada masa depan. Ada juga HLS atau (High Level Structure) adalah struktur baru dalam ISO 45001 2018 yang meliputi : 
  1. Integrasi yang baik antar sistem manajemen
  2. Manajemen perusahaan yang terpadu dengan pendekatan
  3. Menciptakan sistem manajemen yang merefleksikan kompleksnya lingkungan tempat perusahaan beroperasi
  4. Kemampuan suatu organisasi dalam mengatasi resiko keselamatan dan kesehatan kerja akan meningkat.

Apa Pentingnya Penerapan Sistem Manajemen K3 ?

Standar ini bertujuan untuk :
  1. Membantu Perusahaan/Organisasi mengendalikan risiko kesehatan dan keselamatan kerja sehingga dapat memperoleh kondisi dan lingkungan kerja yang lebih aman dan sehat;
  2. Oleh karena itu merespon kebutuhan akan standar keselamatan dan kesehatan kerja yang anda sukai secara Internasional dan dapat pada audit sertifikasi; Sebelum standar ini kami terbitkan, masing-masing negara dan organisasi memiliki standar masing-masing;
  3. Meskipun itu kita harus mencegah kerugian yang bersifat material dan non-material (Kredibilitas,dll);
  4. Mencegah Adanya tuntutan hukum, dan dapat memperluas pasar,dll.

Alasan Perubahan

  1. Menyesuaikan Struktur standar dengan High Level Structure (HLS) agar selaras dengan Standar Sistem Manajemen ISO lainnya;
  2. Memastikan Standar baru mencerminkan kebutuhan semua kelompok pengguna dan semua pihak-pihak yang berkepentingan yang relevan untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi;
  3. Oleh karena itu meningkatkan kemampuan organisasi untuk meningkatkan kinerja keselamatan dan kesehatan kerja;
  4. Mencerminkan isu K3 yang semakin kompleks pada mana organisasi beroperasi;
Phitagoras Consulting memberikan jasa konsultasi ISO 45001:2018, penerapan dan perolehan sertifikasi Sistem Manajemen K3. Ada juga langkah – langkah penerapan konsultasi ISO 45001:2018 tersebut adalah sebagai berikut:

Tahapan Kegiatan Jasa Konsultasi

  1. Diagnostic Audit & Gap Analysis: Pelaksanaan mapping process, risk identification / business impact analysis & organizational context mencakup permasalahan internal & external.
  2. Klarifikasi Hasil Gap Analysis (Hasil diagnostic audit) dan Pembentukan Tim Internal System Development di Perusahaan
  3. Awareness Training ISO 45001:2018, Training & Workshop Risk Based Thinking ISO 45001:2018 (refer to ISO 31000 Risk Management Guidelines)
  4. Pelatihan dan Penyusunan HIRADC (Hazard Identification, Risk Assesment & Determining Control)
  5. Pengembangan Sistem & Penyusunan Documented Information (SOP) (refer to ISO 45001:2018)
  6. Adapun Klarifikasi Penerapan SOP / Revisi & Penyempurnaan (Management System Implementation)
  7. Coaching and Mentoring Management System Implementation
  8. Training Internal Audit ISO 45001:2018 for Safety Management System
  9. Pendampingan Audit Internal dan Arahan untuk pelaksanaan Management Review.
  10. Pendampingan Proses Sertifikasi/ Assessment oleh Badan Sertifikasi
  11. Perbaikan Hasil Audit Sertifikasi

Syarat-Syarat Utama Sertifikasi ISO 45001

Ruang Lingkup

Ruang Lingkup merupakan syarat yang pertama dan memungkinkan organisasi menciptakan kondisi kerja yang sehat dan aman. Kecelakaan dan cedera yang berhubungan dengan pekerjaan dapat kami tanggulangi. Selain itu, kinerja keselamatan dan kesehatan kerja juga dapat kami tingkatkan secara proaktif.

Acuan Normatif

Pada dasarnya, dalam ISO 45001 tahun 2018 tidak ada referensi yang bersifat normative. Namun, syarat ini anda pertahankan dan skema penomoran persis seperti yang terdapat pada standar ISO lainnya.

Istilah dan Definisi

Pada saat ini istilah dan definisi memberikan pedoman lanjutan yang jelas agar tidak terjadi kesalah pahaman. Ada juga definisi yang sudah ada beberapa direvisi dan ada juga beberapa definisi tambahan dalam hal berkaitan dengan perusahaan, misalnya partisipasi karyawan, risiko, konsultasi, cedera, serta keselamatan dan kesehatan kerja.

Konteksi Organisasi

Meskipun Konteks organisasi Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam perusahaan dapat mendukung ISO 45001. Pada Faktor eksternal dan internal pun dapat lebih mudah diidentifikasi oleh perusahaan terkait Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Manfaat Menerapkan ISO 45001 tahun 2018 Bagi Perusahaan

Banyak sekali keuntungan anda terapkannya ISO 45001 2018 bagi perusahaan Anda. Kasus kecelakaan dan sakit akibat kerja dapat kalian kurangi dan dan diminimalisir dengan diterapkannya Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.
  1. Meskipun Bahaya dan resiko yang berhubungan dengan aktivitas pekerjaan dapat anda tentukan dengan menerapkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Selain itu, hal tersebut bisa anda upayakan agar hilang dan terkendali.
  2. Kesadaran akan resiko K3 bisa meningkat berbagai lapisan perusahaan.
  3. Peraturan pemerintah terkait K3 bisa lebih kaalian pahami dan anda patuhi.
  4. Pengendalian operasional untuk risiko Kesehatan dan Keselamatan kerja.
  5. Walaupun Kinerja Kesehatan dan Keselamatan Kerja dapat anda evaluasi dan anda perbaiki dengan tepat dan berkelanjutan.
  6. Karyawan perusahaan dapat berperan aktif dalam pelaksanaan K3 dengan kami terapkannya Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.
  7. Efektifitas dan efisiensi pekerja sehingga dapat mengurangi angka cedera dan sakit akibat kerja.
  8. Terbukanya peluang pasar baru terutama untuk customer perusahaan yang mensyaratkan K3.
  9. Persyaratan tender maupun hal terkait bisnis lainnya dapat terpenuhi dengan diterapkannya Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.
  10. Seluruh biaya insiden kecelakaan kerja dapat kalian kurangi.
  11. Downtime dan biaya yang anda akibatkan dari gangguan operasi dapat kalian kurangi.

  12. Biaya premi asuransi akibat cidera kerja dapat diminimalisir.
  13. Tingkan turnover dan ketidakhadiran karyawan perusahaan dapat anda kurangi

Hubungi Sertifikasi Konsultan ISO 45001

Anda bisa mengunjungi website ini: www.bsukonsultan.com

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.