Jangan malas baca, ya Telusuri!

Permasalahan Pembelajaran Daring: Apa Saja dan Bagaimana Solusinya?

Permasalahan Pembelajaran Daring: Apa Saja dan Bagaimana Solusinya?

animation source: Dribble.Com

Belajar secara online tentu hal yang baru bagi banyak guru ataupun siswa Indonesia. Sehingga tidak bisa dipungkiri, permasalahan pembelajaran daring juga cukup banyak. Baik dari segi guru, orang tua, siswa, sarana prasarana, maupun dari sistem dan kurikulum pendidikan itu sendiri.

Memang tidak ada sistem yang sempurna, termasuk pembelajaran online juga demikian. Namun alangkah baiknya kita berusaha bersama-sama untuk memperbaikinya perlahan. Jadi meskipun pandemi tidak kunjung berakhir, kendala pembelajaran daring sedikit demi sedikit teratasi.

Berbagai Permasalahan Pembelajaran Daring

Berikut adalah beberapa penjabaran dari hambatan pelaksanaan pembelajaran daring saat ini:

1. Guru Kesulitan untuk Mengontrol Kegiatan siswa Secara Sepenuhnya

Tidak seperti pembelajaran offline dimana guru dan siswa bisa bertatapan secara langsung, saat online sebaliknya. Maksimal keduanya hanya bisa bertatap maya melalui platform video conference.

Hal ini membuat guru yang dulunya sangat mudah mengetahui kegiatan maupun gerak-gerik siswa, sekarang tidak lagi. Guru tidak bisa mengetahui dengan pasti apakah siswa tersebut benar-benar menyimak pelajaran, hadir saat kelas, atau bahkan mengerjakan tugas secara mandiri.

2. Tidak Semua Siswa Memiliki Pendamping dan Sarana Belajar Di Rumah

Saat belajar di sekolah, guru bisa mendampingi siswa secara intensif. Namun ketika berada di rumah, sebagian orang tua tidak bisa melakukan hal tersebut. Ini karena beberapa dari mereka memiliki kesibukan yang padat sehingga tidak bisa menyempatkan waktu untuk menemani anaknya belajar.

Selain itu, sarana belajar setiap siswa pun tidak sama. Ada yang sudah terfasilitasi dengan baik, ada yang meminjam orang tuanya, atau bahkan yang se isi rumah tidak memiliki sama sekali. Hal ini tentunya akan menyebabkan perbedaan pemahaman materi di antara ketiganya.

3. Pembelajaran Cenderung Fokus Pada Penugasan

Saat pembelajaran daring, banyak siswa yang stress dan mengeluhkan tugas terlalu banyak dari guru. Ternyata setelah ditelusuri, permasalahan pembelajaran daring ini bermula dari sistem pembelajaran guru yang hanya menerapkan penugasan.

Hanya sebagian kecil guru yang mau menjelaskan materi dan langsung memberi tugas. Hal ini justru membuat siswa tidak memahami dan stress mengerjakan tugas.

Solusi untuk Permasalahan Pembelajaran Daring

Dari setiap kendala, tentu terdapat penyelesaiannya. Berikut adalah beberapa solusi dari permasalahan pembelajaran daring yang bisa diterapkan:

1. Guru Merencanakan Kegiatan Belajar Secara Matang

Guru sebagai tenaga pendidik tentu harus bisa beradaptasi pada keadaan seperti ini. Salah satunya yaitu harus bisa merencanakan kegiatan belajar secara matang. Termasuk kegiatan belajar yang melibatkan siswa terlibat aktif di dalamnya.

Sehingga meskipun guru tidak bisa mengontrol penuh aktivitas siswa, tetap bisa mengukur tingkat pencapaian siswa dengan baik. Dapat pula memastikan bahwa minimal mereka sudah hadir pada pelajaran untuk menyimak materi.

2. Menanyakan Keluh Kesah Siswa Saat Belajar dan Mencoba Membantu

Selain itu, guru juga harus bersikap terbuka kepada siswa. Berusaha menanyakan kira-kira apa keluh kesah siswa saat belajar. Misal tidak ada sarana, tidak ada pendampingan, dan lain sebagainya.

Dari sana, guru dan siswa jadi bisa menemukan solusi untuk memecahkannya. Misalnya dengan mengadakan video conference antara guru dan beberapa siswa yang kurang mengerti materi, menyediakan saran menggunakan fasilitas sekolah, dan lain sebagainya.

3. Tidak Terfokus Pada Penugasan

Sebagai pendidik, guru tidak boleh melupakan tugasnya untuk mendidik dengan baik para peserta didiknya. Sehingga pembelajaran tidak boleh hanya terfokus pada penugasan.

Guru tetap harus menjelaskan materi agar siswa bisa memahami dengan baik dan tidak ada kekeliruan. Di sinilah guru bisa bekreasi media apa yang digunakan agar siswa bisa tetap memahami meskipun tidak berada dalam ruangan yang sama seperti saat sekolah.

Penutup

Jadi itu adalah penjelasan mengenai beberapa permasalahan pembelajaran daring dan solusinya. Semoga membantu!

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.