Jangan malas baca, ya Telusuri!

Perbedaan Whatsapp Bisnis dan Whatsapp Biasa

Ada dua jenis Whatsapp resmi yang beredar di masyarakat, yakni Whatsapp Biasa dan Whatsapp bisnis. Keduanya dari segi fungsi tidaklah jauh berbeda. Namun apakah Anda tahu apa sih perbedaan whatsapp bisnis dan whatsapp biasa?

Nah, kali ini kami akan menjelaskan beberapa perbedaan menonjol dari dua jenis whatsapp tersebut. Secara fungsi umum, kedua jenis Whatsapp ini sama saja. Namun secara spesifik, tentu berbeda.

Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa

Whatsapp (WA) merupakan aplikasi chatting paling populer saat ini. Ada beberapa perbedaan Wa bisnis dan WA biasa yang bisa Anda perhatikan, diantaranya:

1. Logo atau Icon

Whatsapp biasa memiliki logo chatting di dalamnya telepon. Memberikan tanda bahwa aplikasi ini memang berfokus pada layanan chatting dan telepon berbasis internet dan paket data.

Sedangkan, whatsapp bisnis memiliki logo yang berbeda. Logo telepon diganti dengan hufuf B (Business/Bisnis). Meskipun tidak begitu penting, logo tentu saja merupakan elemen penting dari sebuah produk aplikasi.

2. Fitur Balas Otomatis

Perbedaan menonjol WA biasa dan WA bisnis selanjutnya adalah masalah chat otomatis. Salah satu kelebihan Whatsapp bisnis adalah bisa membalas chat secara otomatis untuk kepentingan bisnis.

Ada bisa mengaturnya lewat fitur bisnis tersebut dengan cara berikut:

Klik tanda titik tiga pojok kanan atas

Pilih balas cepat

Edit teks yang ingin Anda berikan

Tambahkan teks pintasan

Berikan kata kunci (opsional)

Selesai

Fitur balas pesan cepat ini hanya ada di Whatsapp bisnis. Karena seringkali, bagi seorang pebisnis, fitur ini sangat penting agar customer merasa nomor tersebut bisa dihubungi dan tidak dalam keadaan off.

3. Bisa Memilih Kategori Bisnis

Salah satu kelebihan whatsapp bisnis lainnya adalah memiliki fitur pemilihan kategori bisnis. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan kredibilitas Nomor Whatsapp. Sehingga, ketika ada calon customer, mereka bisa melihat dan yakin terhadap nomor tersebut.

Hal tersebut berbeda dengan nomor Whatsapp biasa. Di dalam Whatsapp biasa, tidak ada pemilihan bisnis karena memang difungsikan sebagai nomor pribadi. Sehingga kategori bisnis ini tidaklah cocok diberikan dalam fitur Whatsapp.

4. Kebergunaan Nomor Telepon

Jika Anda pengguna Whatsapp biasa, maka nomor yang digunakan harus merupakan nomor dari provider yang umum digunakan (nomor seluler/SIM). Anda tidak bisa menggunakan nomor SIM biasa.

Berbeda dengan WA biasa, WA bisnis bisa menggunakan nomor telepon rumah ataupun nomor perusahaan. Hal tersebut ada tentunya berfungsi untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan. Nomor rumah atau perusahaan bisa membuat Whatsapp menjadi jauh lebih terlihat profesional.

5. Profil Bisnis

Perbedaan Whatsapp bisnis dan Whatsapp biasa yang terakhir adalah terkiat profil bisnis. Whatsapp biasa dengan fungsi spesifiknya tidak memiliki fitur profil bisnis yang lengkap. Karena memang berfungsi untuk keperluan chatting pribadi.

Berbeda dengan Whatsapp biasa, WA bisnis memiliki fitur profil bisnis yang lengkap. Mulai dari Maps, kategori bisnis, jam buka, dan masih banyak lagi. Tentu saja, kelengkapan ini hanya untuk memudahkan pebisnis dalam mengenalkan produknya.

Namun jangan khawatir, Anda bisa menggunakan whatsapp bisnis dan biasa dalam satu hp. Sehingga, Anda bisa menjalankan bisnis tanpa menghilangkan nomor whatsapp pribadi Anda. Hal tersebut tentu saja sudah dibuat terstruktur oleh developer whatsapp.

Penutup

Tidak ada yang lebih unggul dari kedua jenis whatsapp tersebut. Titik perbedaan whatsapp bisnis dan whatsapp biasa tentu saja pada sisi-sisi bisnis. Karena sudah barang pasti, WA Bisnis dibuat untuk kepentingan bisnis.


About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.