Jangan malas baca, ya Telusuri!

Pengertian Renang dan Teknik Dsarnya

Exeltanaka

 


Pengertian Renang – Salah satu cabang olahraga populer di Indonesia adalah renang. Bagi orang yang tinggal dipedesaan olahraga ini dapat dilakukan di sungai, danau, atau pinggiran laut. Sedangkan di perkotaan olahraga ini biasa dilakukan di kolam renang yang dibuat khusus.

Renang yang biasa dilakukan sebagai hobi, olahraga rutin ataupun refreshing semata, dalam dunia profesional sering dipertandingkan dalam berbagai kejuaraan resmi.

Nomor-nomor gaya renang yang diperlombakan meliputi renang gaya bebas, kupu-kupu, dada dan renang gaya punggung meliputi jarak 50 meter -1500 meter.


Pengertian Renang – Salah satu cabang olahraga populer di Indonesia adalah renang. Bagi orang yang tinggal dipedesaan olahraga ini dapat dilakukan di sungai, danau, atau pinggiran laut. Sedangkan di perkotaan olahraga ini biasa dilakukan di kolam renang yang dibuat khusus.

Renang yang biasa dilakukan sebagai hobi, olahraga rutin ataupun refreshing semata, dalam dunia profesional sering dipertandingkan dalam berbagai kejuaraan resmi.

Nomor-nomor gaya renang yang diperlombakan meliputi renang gaya bebas, kupu-kupu, dada dan renang gaya punggung meliputi jarak 50 meter -1500 meter.

Pengertian renang adalah aktivitas menggerakan, mengapungkan atau mengangkat seluruh bagian tubuh ke atas permukaan air dengan menggerakan kaki ataupun lengan.

Dalam wiktionary bahasa Inggris, definisi renang adalah “The activity of moving oneself through water using one’s arms and legs while buoyed up by the water, carried out by humans for amusement, exercise, sport or entertainment”.

atau jika diartikan kedalam bahasa Indonesia renang artinya adalah aktivitas menggerakan diri melalui air menggunakan lengan dan kaki sambil ditopang, renang dilakukan manusia untuk kesenangan, latihan, olahraga atau hiburan.


Pengertian Renang Menurut Para Ahli


  • Menurut Ama Abdoelah (1981), Pengertian renang adalah suatu jenis olahraga yang dilakukan di air, baik di air tawar maupun air asin atau laut.
  • Menurut Budiningsih (2010), Renang adalah salah satu olahraga air yang dilakukan dengan menggerakkan badan di air, seperti menggunakan kaki dan tangan sehingga tubuh terapung di permukaan air.

Teknik Dasar Renang

Ada banyak gaya berenang yang dikenal saat ini. Akan tetapi, sebelum mempelajari berbagai macam gaya berengang, ada beberapa teknik dasar yang perlu Anda kuasai, yaitu pernapasan, mengapung, dan meluncur.
 


1. Teknik Pernapasan

Kemampuan mengatur napas adalah kunci keberhasilan seorang perenang. Untuk melatihnya, berdirilah di tepi kolam dengan rendah dan wajah berada di atas permukaan air. Tarik napas melalui mulut, tahanlah selama beberapa saat. Masukkan kepala ke dalam air, lalu embuskan napas melaui hidung.

2. Teknik Mengapung

Kunci untuk belajar mengapung atau mengambang adalah tubuh harus rileks dan tidak panik. Ada dua posisi mengapung yang perlu Anda kuasai, yaitu mengambang dalam posisi telentang dan mengambang berdiri.

3. Meluncur

Meluncur adalah menggerakkan tubuh secara horizontal di bawah permukaan air. Untuk melakukannya, turunlah ke kolam yang dangkal dan berdirilah dengan membelakangi dinding kolam. Tempelkan salah satu telapak kaki ke dinding tepi kolam dengan jari-jari ke arah bawah sebagai tolakan untuk meluncur.

Macam Macam Gaya Renang

1.Gaya Bebas (freestyle)

Gaya bebas adalah gerakan yang dilakukan dengan cara menelungkupkan badan, dimana tangan dan kaki melakukan tarikan dan tendangan air. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan dalam gaya bebas adalah mempertahankan wajah dan pandangan mata ke depan. Berenang dengan memakai gaya bebas ini memiliki manfaat. Di mana bisa membakar kalori dalam tubuh dengan cepat serta melatih otot tangan.

2.Gaya dada (Breaststroke)

Gaya renang yang satu ini sangat unik. Sebab, gerakan gaya renang dada ini mirip dengan cara katak berenang saat di air. Gaya dada merupakan teknik berenang dengan posisi tubuh seperti merangkak di permukaan air lalu dikombinasikan dengan gerakan kaki dan tangan. Gaya renang dada atau akrab disapa gaya katak ini adalah salah satu jenis gaya renang yang bisa dilakukan dengan santai dan cukup mudah dipelajari. Adapun manfaat dari gaya dada atau gaya katak adalah bisa meningkatkan kesehatan jantung serta membakar kalori.

3.Gaya Punggung (Backstroke)

Teknik berenang satu ini berbanding terbalik dari gaya dada serta gaya bebas dan cenderung lebih sulit dilakukan oleh pemula. Pada gaya punggung, posisi badan bagian depan dan wajah menghadap ke atas. Perihal prakteknya tidak jauh berbeda dengan gaya bebas, karena tangan kanan dan kiri akan diangkat saling bergantian. Manfaat yang diperoleh dari gaya punggung tidak jauh berbeda dengan gaya bebas, yaitu melatih otot tangan. Selain itu, dilansir dari laman berbeda, Halodoc, gaya renang punggung ini juga bisa menjaga agar ligamen dan sendi tetap lentur

4.Gaya Kupu-Kupu (Butterflystroke)

Gaya renang satu ini juga terbilang cukup sulit apalagi untuk pemula. Renang gaya butterfly stroke merupakan pengembangan dari gaya dada. Gaya kupu-kupu adalah gaya berenang yang dilakukan dengan kedua lengan secara bersamaan mengayuh bergerak ke depan. Kedua tangan membentang kemudian mengepak untuk mengayuh maju ke depan. Gerakan dua tangan tersebut seperti gerakan sayap kupu-kupu. Selain itu, irama kaki juga bergerak berbarengan seperti putri duyung. Adapun manfaat yang dihasilkan dari gaya butterfly stroke ini adalah untuk melatih otot tangan dan dada.

Mungkin itu saja yang dapat kami berikan semoga dengan artikel ini dapat membantu kalian yang masih awam tentang dunia peerenangan!!!

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.