Jangan malas baca, ya Telusuri!

Konsultan Iso 9001 : 2015 Terbaik dan Profesional

Konsultan ISO 9001: 2015 (Sistem Manajemen Mutu)  International Organization For Standardization (IOS) merupakan badan standarisasi internasional yang menangani masalah standarisasi untuk barang, jasa dan sistem (termasuk Sistem Manajemen Mutu).

Yang dapat digunakan oleh organisasi apapun baik organisasi yang bergerak dalam bidang manafaktur, jasa, institusi masyarakat, institusi pemerintahan, institusi pendidikan atau institusi politik.

Dengan menerapkan sistem ini, organisasi dapat mencapai sasaran-sasaran organisasi melalui pekerja, kebijakan, modal dan bisnis proses yang telah kami tetapkan oleh organisasi tersebut.  Merupakan federasi badan-badan standarisasi nasional dari seluruh dunia (>150 Negara).

Meskipun metode Pendekatan ISO 9001 menggunakan pendekatan proses (Process Approach), pendekatan sistem (system approach) dan juga menggunakan pola Plan - Do - Check - Action (PDCA) - Continuous Improvement.

ISO 9001 akan mendukung manajemen yang efektif dari bisnis Anda dan membantu Anda memenuhi kebutuhan pelanggan. Meskipun sangat cocok untuk setiap organisasi yang ingin meningkatkan kepuasan pelanggan, motivasi staf dan membangun budaya perbaikan terus-menerus.

Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 

1. Customer Focus (Fokus Pada Pelanggan)

Fokus utama dari manajemen mutu adalah untuk memenuhi dan memberi lebih dari sekedar kebutuhan pelanggan. SIstem manajemen mutu memfokuskan untuk memberikan dan memenuhi lebih dari sekedar kebutuhan pelanggan. Dengan memfokuskan ISO 9001 akan memberikan dampak besar untuk keberhasilan jangka panjang. 

Hal ini sangat penting bukan hanya untuk menarik tetapi untuk mempertahaankan kepercayaan konsumen sehingga perusahaan ataupun organisasi mampu beradaptasi dengan kebutuhan konsumen pada masa yang akan datang. 

Salah satu hal terpenting untuk mendapatkan itu adalah dengan cara menerima keluhan ataupun masukan dari pelanggan dan secara aktif melakukan evaluasi demi terciptanya kepuasan konsumen.

Dengan adanya ISO 9001: 2015, perusahaan ataupun organisasi akan kami tuntut untuk aktif ketika mendapat masukan ataupun keluhan dari konsumen, dengan cara yang positif dan proaktif menetapkan apa yang terbaik untuk kepuasan konsumen. 

Perusahaan ataupun organisasi harus beradapan depan konsumen dalam hal yang berkaitan dengan pelayanan sebelum, selama, dan sesudah berkomunikasi dengan konsumen.

2. Leadership (Kepemimpinan)

Arahan dan misi dari manajemen atas harus memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat dan powerful, karena sangat penting.

Dalam memastikan keseluruhan bagian perususahaan atau organisasi. Memahami baik tentang tujuan maupun kehendak apa yang akan anda capai Perusahaan atau organisasi.

Tidak bisa dipungkiri salah satu aspek terbanyak keberhasilan dalam perusahaan ataupun organisasi dalam memperbaiki serta meningkatkan sistem.

Merupakan kesuksesan pemimpinnya yang sanggup menerjemahkan serta mensosialisasikan visinya ke segala bagian perusahaan ataupun organisasi.

3. Engagement of People (Keterlibatan Orang-orang)

Untuk mendapatkan sebuah nilai untuk konsumen akan terlihat mudah jika perusahaan atau organisasi akan kami dukung oleh tim yang kompeten, dan mau ikut serta secara penuh pada seluruh level bagian.

Tidak melihat jabatan, yang terpenting memiliki rasa tanggung jawab yang setara dalam mencapai tujuan perusahaan atau organisasi serta memberikan nilai lebih untuk konsumen

4. Process Approach (Pendekatan Proses)

Setiap perusahaan atau organisasi perlu menyadari bahwa mereka merupakan bagian dari satu kesatuan alur yang saling terhubung, sehingga setiap bagian harus saling memahami tugas setiap bagiannya.

Jika bagian yang berkaitan dengannya dapat bersinergi secara bersamaan. Perusahaan atau organisasi harus memberikan kepasitan kepada setiap orang yang telah memahami dengan seliruh aktifitas organisasi.

5. Improvement (Pengembangan sistem)

Oleh karena itu diera digital yang sangat bergerak cepat, setiap perusahaan atau organisasi ditekankan untuk melalukan perbaikan dan pengembangan pada segala aspek.

Berkembang lambat dari para pesaing, produk yang tidak inovatif, serta tidak mengikuti perkembangan pada era digital dapat menurunkan tingkan kepuasan konsumen.

Oleh karena itu, setiap perusahaan secara aktif dan positif memberikan respon setiap ada perubahan internal maupun ekternal yang dapat mempengaruhi nilai produk ataupun pelayanan pada mata konsumen.

6. Evidence-based Descision Making (Pengambilan keputusan berbasis bukti)

Memberikan tanggapan atau respon terhadap suatu permasalahan dalam perusahaan atau organisasi jangan pernah anda anggap mudah. 

Penting untuk memerikan seluruh bukti yang kuat sebelum memberikan keputusan supaya tepat. Pendekatan 5W + 1H dapat anda gunakan demi memperoleh pokok permasalahan sehingga keputusannya bisa anda pertanggung jawabkan.

Pengembangan Sistem Manajemen Mutu

Sistem Manajemen Mutu ini telah terbuat dan akan kami tetapkan melalui konsesus dari komite dan subkomite yang telah kami tetapkan oleh ISO.

ISO Technical Comitee 176 berttanggung jawab dalam membuat, mengembangkan dan merubah standar untuk Manjemen Mutu dan Jaminan Mutu

Standar ISO 9001:2015 desain agar cocok dalam penerapannya dengan standar Sistem Manajemen lainnya.( Manajemen Lingkungan ISO 14001 & Keselamatan dan Kesehatan Kerja ISO 45001:2018) dll.

Mengapa memilih Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

Standar yang bersifat umum dan dapat anda terapkan diberbagai jenis industri dan organisasi

Meskipun telah diadopsi oleh lebih dari 130 negara & Sertifikasi SMM ISO 9001:2015 telah ada pada 150 negara termasuk di Indonesia

Apa Pentingnya Penerapan Sistem Manajemen Mutu ?

Standar ini bertujuan untuk :

1. Menyatakan kesesuaian Sistem Manajemen Organisasi terhadap standar Sistem Manajemen yang relevan (ISO 9001:2015) & ruang lingkup penerapannya;

2. Merupakan sarana konfirmasi yang tepat bahwa sistem telah dilaksanakan secara efektif dan telah dipelihara secara baik;

3. Untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa produk/jasa yang telah kami berikan berdasarkan persyaratan yang telah terkendali;

4. Meskipun Menghemat biaya Audit Suplier (pihak pelanggan tidak perlu memeriksa sendiri manajemen mutu pemasoknya).

Manfaat Penerapan ISO 9001:2015

Sertifikasi ISO 9001 akan memberikan manfaat maksimal kepada organisasi Anda jika organisasi anda menjalankan ISO 9001 dengan cara yang benar dan praktis.

Dengan implementasi yang benar Ini, akan memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu yang diadopsi, bekerja untuk meningkatkan bisnis dan bukan hanya satu set prosedur yang disimpan dan dipajang saja, dan dipakai pada saat ada audit.

Dengan mengadopsi pendekatan proses yang baik dengan praktek kerja lebih efisien dan berfokus pada tujuan bisnis organisasi.

Anda akan mencapai sebuah sistem yang akan membantu dan mendukung organisasi Anda, dalam meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

YANG PERLU MENGHADIRI PELATIHAN ISO 9001:2015 INI?

1. Manajer Operasi

2. Management Representative dan tim ISO

3. Organisasi yang sudah menerapkan ISO 9001:2008 / ISO 9001:2015

4. Tim Internal Auditor ISO

5. Siapa saja yang memiliki minat dalam implementasi perubahan ISO 9001:2015

•ASILITAS TRAINING SECARA OFFLINE:

o Rp. 7.600.000,-

o Modul Training  (hardcopy / softcopy)

o Training Kit

o Tempat training pada hotel berbintang,

o Makan Siang, coffee / tea break,

o Sertifikat Attendance

kunjungi website ini: https://www.bsukonsultan.com/2021/06/Konsultan-ISO-9001.html


About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.