Jangan malas baca, ya Telusuri!

Cara Belajar Saat Pandemi Agar Tetap Produktif dan Efektif

Cara Belajar Saat Pandemi Agar Tetap Produktif dan Efektif

Cara Belajar Saat Pandemi Agar Tetap Produktif dan Efektif

Keadaan pandemi membuat Anda harus beradaptasi dengan banyak kebiasaan baru. Contohnya cara belajar saat pandemi harus diperbarui agar bisa tetap produktif dan efektif. Jadi meskipun belajar dari rumah, tetap bisa mengerti dan memahami dengan baik materi yang ada.

Belajar di rumah selama pandemi membutuhkan banyak penyesuaian. Seperti tidak bisa bertemu teman-teman dan belajar bersama, terkadang terganggu dengan kebisingan sekitar rumah, dan lain sebagainya. Anda harus menerapkan tips belajar online yang efektif untuk mengatasi hal ini.

4 Cara Ampuh Belajar Saat Pandemi

Berikut adalah beberapa tips belajar online saat pandemi yang bisa Anda terapkan:

1. Menyiapkan Jaringan dan Kuota yang Memadai

Ketika belajar secara online saat pandemi, pasti membutuhkan kuota yang cukup dan jaringan yang kuat. Jadi pastikan Anda menyiapkan itu agar proses belajar bisa berjalan lancar dan tidak terganggu koneksi internet.

Jika memang ketika ada di rumah jaringannya kurang bagus, maka Anda bisa mencoba pergi ke tempat jaringan yang lebih baik. Namun pastikan tetap menjaga jarak dan menghindari keramaian agar tetap terhindar dari virus corona.

Selain itu, pastikan kuota juga selalu terisi. Saat ini sudah banyak orang memasang wifi di rumahnya dengan harga yang murah. Anda juga bisa memilih provide internet yang menyediakan kuota internet murah untuk belajar.

2. Menyiapkan Ruang Belajar atau Tempat yang Tenang dan Nyaman

Hal terpenting kedua yaitu mengenai tempat. Anda tidak akan bisa belajar pada tempat yang tidak nyaman atau tenang. Jadi pastikan benar-benar mendapatkannya agar bisa belajar secara efektif.

Tempat itu bisa berada pada kamar Anda sendiri, ruang tamu, keluarga, atau bahkan luar rumah. Namun pastikan ketika di kamar, hindari belajar sambil tidur atau bahkan hindari kasur. Hal ini justru akan membuat mengantuk dan tertidur, sehingga yang ada Anda tidak jadi belajar.

Pastikan set tempat belajar senyaman mungkin. Agar terlihat seperti belajar saat offline, Anda bisa membeli meja belajar, kursi, bantal duduk, atau perlengkapan pendukung kenyamanan lainnya.

3. Atur Waktu Belajar Secara Konsisten

Jika dulu rumah adalah tempat beristirahat ketika Anda lelah. Namun sekarang seluruh kegiatan dilakukan di rumah, termasuk belajar. Jadi pastikan Anda mengatur waktu belajar secara konsisten dengan membuat jadwal.

Kapan Anda harus membantu orang tua, beristirahat, belajar, ataupun kegiatan yang lainnya. Dengan mengatur waktu sedari awal, Anda akan bisa menyelesaikan tugas atau pekerjaan secara tepat waktu tanpa mengganggu kegiatan yang lainnya.

4. Batasi Penggunaan Handphone untuk Hal yang Tidak Perlu

Salah satu godaan belajar saat pandemi adalah telalu terlena dengan handphone. Apalagi ketika pembelajaran online, semua materi bisa Anda akses melalui hp. Jadi terkadang ketika belajar, Anda bisa terganggu dengan notification sosial media dan berujung tidak jadi belajar.

Cara mengatasi ini tentu mengatur mode handphone. Anda bisa menggunakan mode silent pada saat belajar agar tidak mengganggu.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan mode “jangan ganggu” pada smartphone sehingga ketika ada notification tidak akan muncul pada pop-up hp. Sehingga ketika belajar dari hp, Anda tidak akan tahu jika ada notif kalau tidak membuka aplikasi sosial media tersebut.

Penutup

Jadi itu adalah penjelasan mengenai bagaimana cara belajar saat pandemi agar tetap efektif. Apakah Anda sudah menerapkannya? Jika belum, segera terapkan agar proses belajar bisa berlangsung dengan berkualitas. Selamat mencoba!

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.