Jangan malas baca, ya Telusuri!

Bisnis Kreatif Mahasiswa: Coba dan Dapatkan Pengalaman Kuliah Sambil Kerja

Exeltanaka

 


Bisnis Kreatif Mahasiswa: Coba dan Dapatkan Pengalaman Kuliah Sambil Kerja

Sebagai seorang mahasiswa, tentu Anda akan mengeluarkan banyak uang untuk berbagai hal. Seperti uang kos, makan, jajan, print tugas, dan lainnya. Dengan mencoba bisnis kreatif mahasiswa, Anda bisa mendapatkan uang yang bisa meringankan sebagian beban keuangan.

Selain itu, dengan memulai bisnis kreatif saat berkuliah, Anda bisa mencoba pengalaman bagaiamana manajemen waktu dengan bekerja. Serta bisa mencoba perlahan mencicipi dunia kerja sebelum akhirnya benar-benar masuk kedalamnya setelah lulus nantinya.

6 Ide Bisnis Kreatif Mahasiswa

Bagi Anda yang tertarik, berikut adalah beberapa contoh usaha kreatif dan inovatif bagi seorang mahasiswa:

1. Buka atau Gabung Pada Jasa Les Privat

Sebagai seorang yangs saat ini sedang mengenyam pendidikan, tentu Anda sangat bisa untuk mengambil pekerjaan sampingan sebagai guru les privat. Ini merupakan salah satu contoh ide kreatif mahasiswa untuk mencari uang sambil mengamalkan ilmunya.

Pada kota-kota besar tempat Anda berkuliah, banyak jasa les privat terkenal bertebaran. Biasanya mereka akan merekrut mahasiswa untuk ikut bergabung menjadi tenaga pengajar, jadi Anda bisa turut bergabung. Jika sudah memiliki pengalaman, maka Anda bisa membuka jasa les sendiri.

Siswa yang biasanya meminta jasa les privat pun beragam. Mulai dari SD sampai yang mau ikut tes SBPMTN atau Mandiri. Pastikan ketika ingin mengajar, Anda memilih jenjang yang sesuai kemampuan agar tidak mengecewakan siswa atau lembaga les itu sendiri.

2. Menjadi Reseller atau Dropshipper Online Shop

Bisnis online untuk mahasiswa ini bisa Anda lakukan dengan mudah. Hanya bermodal share pada berbagai sosial media maka Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

Tentunya sangat cocok bagi mahasiswa yang cukup sibuk dan hanya memiliki waktu luang dengan handphonenya. Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper berbagai barang. Mulai dari kebutuhan fashion, make up, alat tulis, kebutuhan elektronik dan lain sebagainya.

Namun pastikan ketika Anda terjun pada bidang ini, pintar dalam memilih supplier. Jangan hanya tergiur pada harga murah namun kualitasnya murahan. Maka solusinya Anda bisa mencoba untuk membeli barang itu untuk diri sendiri sebelum menjualnya ke banyak orang.

3. Jasa Fotografi

Bisnis kreatif mahasiswa selanjutnya yaitu jasa fotografi.  Bisnis satu ini sangat cocok bagi mereka yang berkuliah pada jurusan yang terkait dengan media atau sudah memiliki keahlian pada bidang ini.

Saat ini, jasa fotografi banyak dibutuhkan pada berbagai momen. Seperti pada pre wedding, foto perpisahan, event perkuliahan, foto saat pernikahan, portofolio make up artis dan gaun pernikahan, serta masih banyak lagi.

Sebagai seorang fotografer, selain menjadi orang yang memfotokan, Anda juga harus mempunyai keahlian untuk mengarahkan gaya model. Hal ini agar hasil foto bisa maksimal dan tidak mengecewakan.

4. Jasa Make-up

Bisnis satu ini sangat cocok bagi mereka yang berkuliah pada jurusan tata rias atau yang terkait. Jadi sekalian bekerja dan mengamalkan ilmu saat perkuliahan.

Apalagi jasa make-up banyak dibutuhkan pada berbagai momen. Seperti tunangan, pernikahan, pertemuan resmi yang mewah, dan masih banyak lagi.

Sebagai seorang mahasiswa yang belum terikat pada MUA  apapun, Anda juga bisa memasarkan dengan harga yang lebih murah. Namun tentu tetap dalam batas yang wajar agar tetap bisa menghasilkan make-up yang berkualitas.

Memilih Bisnis Kreatif Mahasiswa Sesuai Kemampuan

Bisnis kreatif mahasiswa memang terlihat cukup menjanjikan, namun pastikan Anda memilih yang sesuai kemampuan. Pastikan bisa memanajemen dengan benar antara perkuliahan dengan pekerjaan. Jika tidak, tentu akan mengakibatkan kacau pada salah satu atau pada keduanya.

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.