Jangan malas baca, ya Telusuri!

40 Soal + Pembahasan SBMPTN TPS (Pemahaman Bacaan dan Menulis), SIAP UTBK!!

40 Soal dan Pembahasan UTBK Bahasa Indonesia

Yoo, Sobat pengetahuan, untuk temen-temen yang lagi ambis UTBK, nih, Admin mau ngeshare 40+ soal UTBK Bahasa Indonesia disertai dengan pembahasan. Dengan berlatih soal sebanyak mungkin, kamu lebih terbiasa menjawab soal-soal lebih cepat dan mudah. Seperti apa yang dikatakan pepatah, Practice makes perfect. Yuk, langsung aja, bantai semua soal!!

Jawab aja dulu dengan jawaban kalian sendiri ya, supaya kalian tahu sampai mana sih batas kemampuan yang kalian miliki 👍.

Teks berikut ini digunakan untuk men- jawab soal nomor 1-5..
(1) Dalam beberapa tahun terakhir, mulai banyak pasien anak dan remaja yang memiliki keluhan pada tulang belakang. (2) Padahal, rasa sakit seperti ini biasanya orang yang berusia 40 tahun ke atas. (3) Anak dan remaja ini ternyata menggunakan gadget, seperti telepon pintar, komputer, dan tablet. (4) Banyak dari mereka bermain gadget sambil tengkurap, membungkuk, atau lehernya menekuk ke bawah untuk menatap layar monitor, sehingga kepala membebani leher. (5) Ada pula yang badannya bersandar di kursi dengan layar lebih tinggi di atas mata. (6) Di samping itu, juga ada yang memiringkan kepala ke satu sisi untuk menjepit gadget di antara telinga dan pundak ketika menelepon. (7) Apabila ini dilakukan terus-menerus, tulang belakang akan "protes" dengan mengirimkan sinyal nyeri.

(8) Ada berbagai macam sensasi nyeri pada tulang belakang, seperti ditusuk-tusuk, kesemutan, tersetrum, dan nyeri cenat-cenut seperti sakit gigi. (9) Pada nyeri yang diakibat- kan gadget, biasanya sensasinya seperti terse- trum. (10) Nyeri ini memang tak berbahaya. (11) Tetapi, jika dibiarkan terus-menerus, nyeri ini bisa merusak postur tulang. (12) Ada tiga tahapan nyeri pada tulang belakang, yaitu nyeri yang terakhir oleh otot, kemudian men- jalar ke sendi, dan mengenai tulang.

(Pertama kali beradaptasi dari https://gaya.tempo.co/)

1


Apa gagasan utama paragraf pertama...?

A. Penyakit tulang belakang meningkat beberapa tahun terakhir
B. Keluhan pada tulang belakang bi- asanya malas orang tua.
C. Jumlah anak dan remaja yang mengeluhkan sakit tulang belakang meningkat.
D. Anak dan remaja gemar menggu- nakan gadget dengan cara yang tidak benar.
E. Posisi menggunakan gadget menye- babkan nyeri tulang belakang
Alternatif Pembahasan:
Show

Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti dari sebuah pembahasan. Gagasan utama teks tersebut terletak pada kalimat ke-1, yaitu jumlah anak dan remaja yang mengeluhkan sakit tulang belakang meningkat.

JAWAB : C

2


Kesalahan penggunaan tanda baca ditemukan pada kalimat ...

A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (6)
E. (8)
Alternatif Pembahasan:
Show

Kesalahan tanda baca terdapat pada kali- mat ke-4, yaitu penggunaan tanda (,) sebelum kata sehingga. Seharusnya tanda (,) dihilangkan. Berdasarkan EBI (ejaan bahasa Indonesia), tanda (,) ditulis sebelum konjungsi sedangkan, tetapi, dan melainkan.

JAWAB : C

3


Manakah pertanyaan yang jawabannya ti- dak terdapat dalam teks....?

A. Bagaimana rasa nyeri yang disebab- kan oleh pengguna gadget?
B. Apa akibat dari rasa nyeri yang tidak diobati?
C. Mengapa banyak anak dan remaja menderita nyeri pada tulang be- lakang?
D. Bagaimana kebiasaan remaja me- mainkan gadget?
E. Kapan para anak dan remaja biasanya menggunakan gadget?
Alternatif Pembahasan:
Show

Pertanyaan yang jawabannya tidak ter- dapat dalam teks adalah "Apa akibat dari rasa nyeri yang tidak diobati?"

JAWAB : B

4


Kata ini pada kalimat (7) di atas merujuk pada ...

A. Posisi menjepit gadget
B. Posisi tengkurap dan membungkuk
C. Posisi bersandar di kursi
D. Posisi menggunakan gadget
E. Posisi menatap layar gadget
Alternatif Pembahasan:
Show

"Apabila ini dilakukan terus-menerus, tulang belakang akan "protes" dengan mengirimkan sinyal nyeri". Kata ini di atas merujuk pada kalimat sebelumnya yang menjelaskan berbagai posisi menggunakan gadget yang mengakibatkan nyeri pada tulang belakang.

JAWAB : D

5


Kata sambung yang salah adalah ...

A. sambil pada kalimat (4)
B. sehingga pada kalimat (4)
C. apabila pada kalimat (7)
D. seperti pada kalimat (8)
E. tetapi pada kalimat (11)
Alternatif Pembahasan:
Show

Konjungsi tetapi pada kalimat ke-11 tidak tepat penggunaannya. Jika dilihat dari fungsinya, konjungsi yang seharusnya adalah antarkalimat, yaitu akan tetapi. Konjungsi antarkalimat adalah konjungsi yang posisinya selalu berada di awal kalimat dan diikuti tanda (,).

JAWAB : E
Iklan

Bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 6-11.
(1) Kemandirian KPUD ternyata tidak membawa kepastian, keterpercayaan publik, dan jaminan akan kelancaran proses pilkada. (2) Dalam proses tersebut, keandalan KPUD dihadapkan pada tiga masalah utama yang mengganggu mekanisme kerjanya. (3) Masalah pertama adalah konflik pada waktu pendaftaran calon, yakni KPU banyak diganggu oleh keributan yang terjadi di tubuh internal partai. (4) Masalah kedua adalah fanatisme pendukung partai politik yang kandidatnya tidak lulus verifikasi, yakni orang-orang yang gagal untuk memenangi pilkada, menyita pemikiran KPUD. (5) Masalah ketiga adalah tidak profesionalnya KPUD, berdampak pada proses pilkada setelah calon-calon tersebut terpilih. (6) Selain itu, dalam supervisi tidak bisa memperoleh hasil yang optimal mengingat masalah internal KPU di pusat berkaitan dengan kasus korupsi.

6


Pernyataan berikut ini sesuai dengan isi bacaan di atas, kecuali ..
A. Kepercayaan penuh yang diberikan kepada KPUD belum menjamin kelancaran proses pilkada.
B. Perseteruan internal partai sering mengganggu saat pendaftaran calon.
C. Olah dan sikap pendukung fanatik partai yang calonnya tidak lulus verifikasi dalam pilkada.I
D. Kekurangprofesionalan KPUD yang berdampak pada proses pilkada.
E.Program pengawasan KPUD berkaitan dengan masalah korupsi di pusat.
Alternatif Pembahasan:
Show

Berdasarkan teks tersebut, pernyataan yang tidak sesuai adalah Kekurangprofesionalan KPUD yang berdampak pada proses pilkada. Pilihan jawaban A, B, C, dan E semua terdapat dalam bacaan di atas. ;

JAWAB : D

7


lde pokok paragraf di atas adalah..
A. Ketidakpastian dalam pilkada.
B. Tidak adanya jaminan kemandirian KPUD.
C. Masalah-masalah yang dihadapi KPUD.
D. Kekurangprofesionalan KPUD yang berdampak pada proses pilkada.
E.Penyebab ketidakmandirian KPUD.
Alternatif Pembahasan:
Show

lde pokok merupakan inti dari suatu paragraf. lde pokok dapat ditemukan dalam kalimat utama. lde pokok dalam paragraf di atas adalah masalah-masalah yang dihadapi KPUD.

JAWAB : C

8


Dalam bacaan di atas, terdapat kalimat yang menggunakan tanda koma (,) secara tidak tepat, yakni ..
A. Kalimat 2
B. Kalimat 3
C. Kalimat 4
D. Kalimat 5
E. Kalimat 6
Alternatif Pembahasan:
Show

Pada kalimat nomor 5, tanda koma (,) sebelum kata berdampak seharusnya dihilangkan.

JAWAB : D

9


Kalimat nomor 6 di atas akan menjadi kalimat jika digunakan sebagai berikut, kecuali...

A. Selain itu, supervisi tidak bisa memperoleh hasil yang optimal mengingat masalah internal KPU di pusat berkaitan dengan kasus korupsi
B. Selain itu, dalam supervisi tidak bisa diperoleh hasil yang optimal mengingat masalah internal KPU di pusat berkaitan dengan kasus korupsi.
C. Selain itu, dalam melakukan supervisi, KPUD tidak bisa memperoleh hasil yang optimal mengingat masalah internal KPU di pusat berkaitan dengan kasus korupsi.
D. Selain itu, KPUD dalam melakukan supervisi tidak bisa memperoleh hasil yang optimal karena masalah internal KPU di pusat berkaitan dengan kasus korupsi.
E. Selain itu, KPUD dalam supervisi tidak bisa diperoleh hasil yang optimal karena masalah internal KPU di pusat berkaitan dengan kasus korupsi.
Alternatif Pembahasan:
Show

Kalimat E merupakan kalimat tidak baku karena tidak memiliki subjek. Selain itu, kata kerja yang digunakan kurang tepat diperoleh seharusnya memperoleh.

JAWAB : E

10


Dalam bacaan di atas, terdapat bentukan kata yang tidak sesuai dengan konteks kalimatnya, yakni ....

A. keterpercayaan pada kalimat 1
B. keandalan dalam kalimat 2
C. dihadapkan dalam kalimat 2
D. memenangi dalam kalimat 4 
E. pemikiran dalam kalimat 4
Alternatif Pembahasan:
Show

Untuk membuat kalimat yang baik, unsur-unsur berupa bentukan katanya harus setara. Kata keterpercayaan merupakan kata yang bentukannya tidak sesuai dengan konteks. Kata yang tepat seharusnya adalah kepercayaan. Hal itu agar setara dengan kata sebelum yakni kepastian.

JAWAB : E
Iklan

11


Kata mekanisme (kalimat 2) dalam bacaan di atas memiliki arti ..

A. Proses kerja organisasi.
B. Cara kerja organisasi.
C. Hasil kerja organisasi. 
D. Kelancaran kerja organisasi.
E. Alur kerja organisasi.
Alternatif Pembahasan:
Show

Dalam KBBI, mekanisme berarti cara kerja organisasi.

JAWAB : B
Bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 12-18.

(1) Program Visit Indonesia Year akan tetap dilanjutkan hingga pada tahun 2010 karena dari tahun ke tahun dinilai mampu menggerakkan daerah-daerah untuk semakin bergairah membangun pariwisata wilayahnya. (2) Program ini dinilai telah sukses menjaring dan mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke tanah air sehingga mampu mencatat rekor jumlah kunjungan 6,4 juta pada tahun 2008 dengan jumlah devisa mencapai 7,5 juta dolar Amerika Serikat. (3) Sesuai dengan survei World Economic Forum 2009, Indonesia menempati posisi ke-81 dari 133 negara di dunia tentang daya saing pariwisata. (4) Indeks daya saing kepariwisataan itu dinilai dari tiga hal, yakni kerangka regulasi, infrastruktur, dan bisnis, serta sumberdaya manusia, budaya, dan alam. (5) Rangking ini sangat jauh dibandingkan dengan negara tetangga, yaitu Singapura pada peringkat ke-10, Malaysia pada peringkat ke- 32, Thailand pada peringkat ke-39, dan Brunei pada peringkat ke-69

12


Dalam bacaan di atas kata regulasi (kalimat 4) digunakan dalam arti ...

A. pengaturan
B. peraturan
C. aturan
D. keteraturan
E. teratur
Alternatif Pembahasan:
Show

Dalam KBBI, kata regulasi berarti pengaturan.

JAWAB : C

13


Dalam bacaan di atas dijumpai pemakaian tanda koma (,) yang tidak tepat pada ..

A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5
Alternatif Pembahasan:
Show

Penggunaan tanda koma (,) pada kalimat 2 tidak tepat karena tanda koma tidak dapat ditulis sebelum kata sehingga. Jadi, seharusnya tanda koma (,) dalam kalimat 2 dihilangkan.

JAWAB : B

14


Dalam bacaan di atas dapat ditambahkan kalimat

Pada tutup tahun 2009, diprediksikan target sebesar 6,5 juta wisman dapat terlampaui.

Kalimat tersebut tepat diletakkan setelah ..

A. kalimat 1
B. kalimat 2
C. kalimat 3
D. kalimat 4
E. kalimat 5 
Alternatif Pembahasan:
Show

Untuk menyusun sebuah paragraf yang baik, antara kalimat satu dengan kalimat lainnya harus berhubungan atau koheren. Kalimat Pada tutup tahun 2009, diprediksikan target sebesar 6,5 juta wisman dapat terlampaui tepat diletakkan setelah kalimat 4 karena masih berhubungan dengan kalimat sebelumnya.

JAWAB : D

15


Dalam bacaan di atas terdapat penulisan kata yang salah, yaitu ....

A. mancanegara (kalimat 2)
B. survei (kalimat 3
C. daya saing (kalimat 4)
D. sumberdaya (kalimat 4)
E. infrastruktur (kalimat 4)
Alternatif Pembahasan:
Show

Sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, kata sumberdaya ditulis secara terpisah yakni sumber daya.

JAWAB : D
Iklan

16


Kata mekanisme (kalimat 2) dalam bacaan di atas memiliki arti ..

A. Proses kerja organisasi.
B. Cara kerja organisasi.
C. Hasil kerja organisasi. 
D. Kelancaran kerja organisasi.
E. Alur kerja organisasi.
Alternatif Pembahasan:
Show

Dalam KBBI, mekanisme berarti cara kerja organisasi.

JAWAB : B

17


Pernyataan berikut yang tidak berhubungan dengan isi bacaan di atas adalah ....

A. Program Visit Indonesia Year berdampak positif bagi pengembangan pariwisata di Indonesia.
B. Pengembangan pariwisata dapat menambah jumlah devisa negara.
C. Pada tahun 2010 ini program Visit Indonesia Year akan direformulasi.
D. Program Visit Indonesia Year memiliki daya saing yang menjanjikan.
E. Meskipun tidak sebaik Brunei, kepariwisataan di Indonesia menempati posisi yang membanggakan.
Alternatif Pembahasan:
Show

Pernyataan yang tidak sesuai dalam teks di atas yakni pernyataan C, pada tahun 2010 ini program Visit Indonesia Year akan direformulasi. Tidak ada pernyataan pada teks di atas yang menyatakan bahwa program Visit Indonesia Year akan direformulasi.

JAWAB : C

18


Ide pokok dalam bacaan di atas adalah ....

A. Pentingnya melanjutkan program Visit Indonesia Year.
B. Peranan program Visit Indonesia Year.
C. Peringkat pariwisata Indonesia di antara negara-negara di dunia.
D. Keberhasilan pariwisata Indonesia. 
E. Alur kerja organisasi.
Alternatif Pembahasan:
Show

Ide pokok merupakan gagasan utama yang mendasari suatu paragraf. Ide pokok dapat ditemukan dalam kalimat utama.

Berdasarkan teks di atas, ide pokok teks tersebut adalah Peranan program Visit Indonesia Year.

JAWAB : B

19


Berikut ini deretan kata yang merupakan kalimat adalah ....

A. Tingginya angka kecelakaan di jalan raya merupakan salah satu indikator kurangnya tingkat kesadaran berkendara kita.
B. Perjuangan melawan penindasan dan ketidakadilan yang harus dilakukan oleh semua orang.
C. Menghilangnya BBM menjelang diberlakukannya tarif baru oleh pemerintah.
D. Pengaruh tayangan kekerasan terhadap perilaku manusia, khususnya remaja.
E. Bupati yang akan melakukan peninjauan ke berbagai wilayah kecamatan di wilayah itu.
JAWABAN : A
Alternatif Pembahasan:
Show

Kalimat merupakan satuan gramatikal yang minimal terdiri atas subjek dan predikat dan diakhiri oleh tanda baca akhir (titik, seru, tanya).

Kalimat A merupakan kalimat karena memenuhi syarat minimal, yakni terdiri atas subjek dan predikat.

Tingginya angka kecelakaan di jalan raya adalah subjek, merupakan adalah predikat. Sementara itu, B, C, D, E bukan merupakan kalimat karena hanya memiliki subjek.

JAWAB : A

20


Setiap mahasiswa harus belajar dengan baik agar indeks prestasi selalu tinggi.

Klausa bawahan dalam kalimat di atas adalah....

A. perluasan subjek
B. perluasan predikat
C. perluasan objek
D. perluasan keterangan sebab
E. perluasan keterangan tujuan
Alternatif Pembahasan:
Show

Klausa merupakan satuan gramatikal yang tidak diakhiri tanda baca akhir. Klausa bawahan mengalami perluasan.

Klausa bawahan dalam kalimat tersebut adalah perluasan keterangan tujuan, yakni agar indeks prestasi selalu tinggi.

JAWAB : E
Iklan

21


Kata yang mengalami penyempitan makna terdapat dalam kalimat..

A. Wanita Indonesia sudah maju dalam segala bidang. 
B. Setelah lulus pendidikan, ia pergi berlayar ke mancanegara. 
C. Sarjana pendidikan harus mengabdikan dirinya pada bidang pendidikan.
D. Rika berlatih menari bersama kakak seniornya di sekolah.
E. Berhati-hatilah bergaul dengan dia, karena kata-katanya manis.
Alternatif Pembahasan:
Show

Kata yang mengalami penyempitan makna dalam kalimat D adalah kata sarjana. Kata sarjana mengalami penyempitan makna karena pada zaman dahulu kata sarjana digunakan untuk menyebut orang pandai atau cendekiawan. Namun, kata sarjana sekarang digunakan untuk menyebut lulusan strata 1.

JAWAB : D
Bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 22-26.
  (1) Generasi hari ini berbeda dengan generasi sebelumnya karena generasi hari ini lahir di tengah kecanggihan teknologi digital sehingga mereka dimanjakan game online dan media sosial. (2) Sejatinya, smart phone mendukung proses belajar-mengajar sehingga proses transfer of knowledge dan pembinaan karakter dan keterampilan berjalan lancar. (3) Namun, kita juga sering menjumpai remaja yang berada dalam sebuah forum tanpa berkomunikasi satu dengan yang lain, karena asyik dengan dunianya sendiri. (4) Meminjam bahasa Don Tapscott (2013), generasi ini adalah generasi acuh tak acuh. (5) Minat mereka hanya mengenai budaya populer, para pesohor, dan teman-teman mereka. (6) Hal ini menunjukkan bahwa teknologi digital mem- bawa sejumlah dampak positif dan negatif.

   (7) Menurut (1993), "Pembelajar di zaman informasi ini mempunyai kecenderungan gaya belajar aktif, sequential, sensing, dan visual." (8) Fokus pembelajaran adalah pembelajaran seumur hidup, bukan demi ujian semata. (9) Guru tidak perlu khawatir jika siswa lupa tanggal peristiwa penting dalam sejarah, karena mereka dapat mencarinya melalui buku dan web. (10) Guru perlu mengajari mereka cara belajar yang baik dan mendorong mereka untuk gemar mem- baca dan menulis. (11) Jadi, yang terpenting Felder dan Soloman bukan hanya tentang apa yang diketahui ketika mereka lulus, melainkan juga untuk mencintai pembelajaran seumur hidup.

(Diadaptasi dari http://koran.tempo.co/konten)

22


Kelemahan paragraf kedua teks tersebut adalah ... 

A. Data tidak dipaparkan dengan jelas dan meyeluruh 
B. Hal yang harus dilakukan guru dalam mengajar tidak dikemukakan
C. Pentingnya pembelajaran seumur hidup tidak dijelaskan
D. Gaya belajar sequential, sensing, dan visual tidak dijabarkan
E. Manfaat web dalam pembelajaran tidak dijelaskan
JAWABAN : D
Alternatif Pembahasan:
Show

Kelemahan paragraf kedua teks tersebut adalah terdapat kalimat penjelas yang tidak berlanjut secara utuh. Kelemahan itu terdapat setelah kalimat ke-7 yang tidak menjelaskan kalimat ke-7 secara detail, yaitu gaya belajar sequential, sensing, dan visual tidak dijabarkan.

JAWAB : D

23


Pertanyaan namakah yang jawabannya tidak ditemukan dalam teks tersebut?

A. Apa keuntungan teknologi digital bagi generasi sekarang?
B. Mengapa generasi sekarang berbeda dengan generasi sebelumnya?
C. Di manakah generasi sekarang biasa menggunakan teknologi digital?
D. Bagaimana mengenai model pembelajaran yang pendapat pakar ideal?
E. Apa tujuan jangka panjang pembelajaran bagi siswa?
Alternatif Pembahasan:
Show

Pada teks tersebut tidak dijelaskan tentang dimana teknologi digital digunakan.

JAWAB : C

24


Kalimat topik paragraf pertama adalah kalimat ...

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (6)
Alternatif Pembahasan:
Show

Kalimat topik adalah kalimat utama yang berisi gagasan dari sebuah paragraf/bacaan. Gagasan utama adalah pokok persoalan yang menjadi inti pembicaraan/pembahasan sebuah paragraf/bacaan. Gagasan suatu paragraf biasanya ada di awal (paragraf deduktif) yang ditandai dengan penjelasan di kalimat selanjutnya atau di akhir paragraf (paragraf induktif). Paragraf pertama bacaan tersebut bertopik seperti pada kalimat pertama.

JAWAB : A

25


Kesalahan penggunaan tanda koma terdapat pada kalimat .... 

A. (3)
B. (5)
C. (7)
D. (8)
E. (11)
Alternatif Pembahasan:
Show

Penggunaan tanda koma dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu perincian atau pembilang, tanda koma dipakai untuk memisahkan kalimat setara yang satu dan dari kalimat setara berikutnya, tanda koma dipakai untuk memisahkan anak kalimat dan induk kalimatnya. Kesalahan penggunaan tanda koma terdapat pada kalimat ke-3. Sebelum kata karena tidak memerlukan tanda koma. Tanda koma digunakan ketika kata karena mengawali kalimat.

JAWAB : C
Iklan

26


Kata ganti mereka pada kalimat (5) merujuk kepada ....

A. Generasi acuh tak acuh
B. Generasi ini
C. Generasi
D. Remaja
E. Siswa
Alternatif Pembahasan:
Show

Kata ganti orang subjek digunakan untuk merujuk pada manusia, benda atau binatang yang sedang melakukan sesuatu dan berfungsi sebagai subjek dalam frasa. Kata ganti mereka pada kalimat (5) merujuk pada generasi acuh tak acuh. Rujukan kata ganti biasanya merujuk pada kalimat sebelumnya.

JAWAB : A
Bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 27-31.

   (1) Memasuki abad ke-21, perhatian terhadap pariwisata sudah sangat meluas. (2) Hal ini dikarenakan pariwisata mendatangkan manfaat bagi daerah/negara yang menerima kedatangan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara yang antara lain sebagai pelestarian budaya, peningkatan ekonomi dan industri, serta pengembangan teknologi. budaya, diharapkan mampu dalam upaya pelestarian budaya, yang meliputi perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan budaya negara atau daerah. (4) UNESCO dan UN-WTO dalam resolusi bersama tahun 2002 telah menyatakan bahwa kegiatan pariwisata merupakan alat utama pelestarian kebudayaan. (5) Dalam konteks tersebut, sudah selayaknya bagi Indonesia untuk menjadikan pembangunan Sebagai (3) pembangunan pelestarian kepariwisataan berkontribusi nyata kepariwisataan sebagai pendorong pelestarian kebudayaan di berbagai daerah.

   (6) Sebagai peningkatan ekonomi dan industri, pengelolaan kepariwisataan yang baik dan berkelanjutan diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi tumbuhnya ekonomi di suatu destinasi pariwisata. (7) Pada penggunaan bahan dan produk lokal dalam proses pelayanan di bidang pariwisata akan memberikan kesempatan kepada industri lokal untuk berperan dalam penyediaan barang dan jasa.

   (8) Sebagai pengembangan teknologi, dengan semakin kompleks dan tingginya tingkat persaingan dalam mendatangkan wisatawan ke suatu destinasi, kebutuhan teknologi tinggi, khususnya teknologi industri, akan mendorong destinasi pariwisata dalam mengembangkan kemampuan penerapan teknologi terkini. (9) Daerah-daerah tersebut terjadi pengembangan teknologi maju dan tepat guna yang akan mampu memberikan dukungan bagi kegiatan ekonomi lainnya. (10) Dengan demikian, pembangunan kepariwisataan akan memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintahan di berbagai daerah yang lebih luas dan bersifat fundamental. (11) Kepariwisataan akan mejadi bagian tidak terpisahkan dari pembangunan suatu daerah dan terintegrasi dalam kerangka peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

  (12) Berdasarkan keunggulan dan manfaat tersebut, pemerintah giat melakukan berbagai macam usaha agar kunjungan wisatawan mengalami peningkatan. (13) Usaha-usaha tersebut terbukti berhasil karena dari tahun ke tahun jumlah wisatawan mengalami peningkatan. (14) Hal itu terlihat dari statistik kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan nusantara, yang setiap tahun- nya selalu meningkat. (15) Berkat kunjungan wisatawan, perekonomian juga terlihat mengalami peningkatan. (16) Berikut ini merupakan data statistik kunjungan wisatawan nusantara beserta data peningkatan perekonomian Indonesia dari tahun 2006–2010.

Diadaptasi dari (http://koran.tempo.co/konten)

Tabel Statistik Jumlah Wisatawan Nusantara di Indonesia Tahun 2006-2010

27


Apa simpulan keseluruhan isi tabel dalam teks tersebut?

A. Jumlah wisatawan nusantara dari tahun ke tahun sejak 2006 sampai dengan 2010 cenderung meningkat.
B. Pada tahun 2006 rata-rata lama tinggal menduduki peringkat tertinggi dibandingkan dengan empat tahun lainnya. 
C. Rata-rata lama tinggal wisatawan dari tahun 2006 sampai dengan 2010 cenderung menurun.
D. Jumlah wisatawan, perjalanan, rata-rata lama tinggal dan pengeluaran dari 2006 sampai dengan 2010 meningkat.
E. Jumlah wisatawan, biaya perjalanan, dan pengeluaran dari tahun ke tahun meningkat, kecuali rata-rata lama tinggal.


Alternatif Pembahasan:
Show

Simpulan adalah sesuatu yang disimpulkan, hasil menyimpulkan. Simpulan juga berarti kesudahan pendapat (pendapat terakhir yang berdasarkan uraian sebelumnya) atau keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif. Simpulan keseluruhan isi tabel tersebut adalah jumlah wisatawan, perjalanan, dan pengeluaran dari tahun ke tahun meningkat kecuali rata rata lama tinggal..

JAWAB : A

28


Tujuan penulisan teks tersebut adalah ... 

A. Memaparkan manfaat pariwisata dalam berbagai segi kehidupan
B. Memengaruhi pemerintah daerah agar memberdayakan wisata lokal
C. Membuktikan bahwa kunjungan wisata di Indonesia selalu meningkat
D. Menyadarkan wisatawan untuk menghargai budaya lokal daerah yang dikunjungi
E. Menunjukkan bahwa industri lokal dapat mengembangkan jasa dan barang berkat pariwisata
Alternatif Pembahasan:
Show

Kata ganti orang subjek digunakan untuk merujuk pada manusia, benda atau binatang yang sedang melakukan sesuatu dan berfungsi sebagai subjek dalam frasa. Kata ganti mereka pada kalimat (5) merujuk pada generasi acuh tak acuh. Rujukan kata ganti biasanya merujuk pada kalimat sebelumnya.

JAWAB : A

29


Kalimat yang tidak efektif adalah ... 

A. (5) dan (6)
B. (7) dan (9)
C. (10) and (12)
D. (11)  and (13
E. (14) and (16)
Alternatif Pembahasan:
Show

Kata ganti orang subjek digunakan untuk merujuk pada manusia, benda atau binatang yang sedang melakukan sesuatu dan berfungsi sebagai subjek dalam frasa. Kata ganti mereka pada kalimat (5) merujuk pada generasi acuh tak acuh. Rujukan kata ganti biasanya merujuk pada kalimat sebelumnya.

JAWAB : A

30


Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat pada kalimat ...

A. (12)
B. (13)
C. (14)
D. (15)
E. (16)


Alternatif Pembahasan:
Show

Kata ganti orang subjek digunakan untuk merujuk pada manusia, benda atau binatang yang sedang melakukan sesuatu dan berfungsi sebagai subjek dalam frasa. Kata ganti mereka pada kalimat (5) merujuk pada generasi acuh tak acuh. Rujukan kata ganti biasanya merujuk pada kalimat sebelumnya.

JAWAB : E
Iklan

31


Apa gagasan utama paragraf ketiga?

A. Pengembangan teknologi semakin kompleks dan tingkat persaingan juga semakin tinggi.
B. Pembangunan kepariwisataan akan memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintah.
C. Kepariwisataan merupakan bagian integral dalam kerangka peningkatan kesejahteraan.
D. Persaingan mendatangkan wisataan ke daerah menuntut penyediaan teknologi tinggi. 
E. (16)
Alternatif Pembahasan:
Show

Kata ganti orang subjek digunakan untuk merujuk pada manusia, benda atau binatang yang sedang melakukan sesuatu dan berfungsi sebagai subjek dalam frasa. Kata ganti mereka pada kalimat (5) merujuk pada generasi acuh tak acuh. Rujukan kata ganti biasanya merujuk pada kalimat sebelumnya

JAWAB : E
Teks berikut ini digunakan untuk menjawab soal nomor 32-34.

(1) Penyakit stroke adalah gangguan fungsi otak akibat aliran darah ke otak mengalami gangguan. (2) Akibatnya, nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan otak tidak terpenuhi dengan baik. (3) Penyebab stroke ada dua macam, yaitu adanya sumbatan di pembuluh darah dan adanya pembuluh darah yang pecah. (4) Umumnya stroke diderita oleh orang tua karena proses penuaan yang menyebabkan pembuluh darah mengeras dan menyempit serta lemak yang menyumbat pembuluh darah. (5) Pada beberapa kasus terakhir menunjukkan peningkatan kasus stroke yang terjadi pada usia remaja dan usia produktif (15–40 tahun). (6) Pada golongan ini, penyebab utama stroke adalah stres, faktor keturunan, dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti narkoba dan alkohol. (7) Pada kasus stroke usia remaja, faktor keturunan merupakan penyebab utama kejadian stroke. (8) Sering ditemukan kasus stroke yang disebabkan oleh pembuluh darah yang mudah pecah atau kelainan sistem darah, seperti penyakit hemofilia dan thalassemia yang diturunkan oleh orang tua penderita. (9) Jika ayah atau ibu menderita diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung, kemungkinan anak terkena stroke menjadi lebih besar.

(Diadaptasi dari http://rsudluwiliang.bogorkab.go.id/)

32


Kalimat yang tidak efektif terletak pada kalimat.....

A. (2)
B. (4)
C. (5)
D. (6)
E. (8)
Alternatif Pembahasan:
Show

JAWAB : C

33


Apa simpulan teks tersebut....?

A. Penyakit stroke kebanyakan dialami oleh orang usia lanjut
B. Penyakit stroke disebabkan gangguan aliran darah ke otak
C. Sumbatan atau pecahnya pembuluh darah mengakibatkan stroke
D. Stroke dapat terjadi pada usia remaja, produktif, dan usia lanjut
E. Penyebab stroke adalah stres, penu- aan, gaya hidup, dan keturunan
Alternatif Pembahasan:
Show

Simpulan sebuah teks dapat berupa kalimat ringkas yang menyimpulkan seluruh isi atau tanggapan logis terhadap masalah yang dibahas. Jadi, simpulan teks tersebut adalah stroke dapat terjadi pada usia remaja, produktif, dan usia lanjut. Hal tersebut merupakan tanggapan logis dari teks yang menjelaskan bahwa stroke juga terjadi pada usia remaja, produktif, dan usia lanjut.

JAWAB : D

34


Apa gagasan utama yang tidak tepat untuk melanjutkan teks tersebut...?

A. Penanganan stroke
B. Risiko stroke
C. Ancaman stroke
D. Gejala stroke
E. Penelitian stroke
Alternatif Pembahasan:
Show

Gagasan utama yang tidak tepat untuk melanjutkan teks tersebut adalah penanganan stroke. Hal itu berdasarkan penjelasan pada kalimat ke-1 dan ke-2 yang menjelaskan masalah stroke. Suatu masalah biasanya ditutup oleh solusi.

JAWAB : A
Teks berikut ini digunakan untuk menjawab soal nomor 35-40.

Teks 3

Teks 3A

(1) Suku Kubu di Jambi yang terkenal dengan hidup dari kehidupan dunia luar. (2) Materi budaya suku Kubu juga masih sederhana. (3) Hal itu terlihat pada alat-alat rumah tangga, alat-alat bercocok tanam dan berkebun, serta pakaian sehari-hari. (4) Namun, suku Kubu juga mengenal kebudayaan yang termasuk kepercayaan akan setan-setan dan dewa-dewa, adat kelahiran, perkawinan, kematian, pantangan / tabu, hukum adat, kesenian, dan bahasa yang khas. (5) Mereka masih menerapkan budaya berburu, sistem barter, dan bercocok tanam untuk kelangsungan hidup mereka. (6) Karena kebiasaan berpindah-pindah, mereka termasuk suku yang menganut sistem hidup seminomaden.

Teks 3B 

(1) Suku Kubu terdiri atas suatu kelompok induk masyarakat terasing. (2) Mereka terdiri atas beberapa kelompok besar yang terbentuk karena sesama hubungan darah. (3)Suku ini biasanya berdiam di hutan rimba yang terpencil. (4) Daerah kekuasaan mereka dibatasi oleh bukit-bukit dan hulu anak sungai yang mengalir ke sungai yang lebih besar. (5) Wilayah tersebut menjadi daerah kekuasaan dalam berburu dan bercocok tanam. (6) Jika terdapat suku Kubu lainnya yang memasuki wilayah tersebut dan tidak memiliki hubungan darah, meraka dianggap melanggar daerah kekuasaan yang dapat memicu perkelahian dan perselisihaan.

(Diadaptasi dari: https://jadiberita.co./)

35


Kalimat manakah yang maknanya sejajar dengan kata terisolasi pada kalimat (1) Teks 3A...?

A. Dia sedang menempel pengumuman di dinding.
B. Dia tidak disukai oleh teman-teman- nya di kelas.
C. Kasihan sekali, anak itu dilecehkan oleh sahabatnya.
D. Tetangga saya hidupnya sebatang kara sejak bencana itu.
E. Perjalanan ke kampung makan waktu berjam-jam
Alternatif Pembahasan:
Show

Berdasarkan KBBI, terisolasi bermakna terpencil/terasing. Jadi, makna yang sejajar dengan kata terisolasi adalah Dia tidak disukai oleh teman-temannya di kelas. Secara tersirat, anak itu telah terasing dari teman-temannya.

JAWAB : B
Iklan

36


Apa simpulan kedua teks di atas....?

A. Meskipun hidup seminomaden kelompok-kelompok suku Kubu saling menghormati daerah kekuasaan.
B. Suku Kubu menganut sistem hidup seminomaden sehingga perburuan menjadi mata pencahariannya.
C. Tingkat kehidupan suku Kubu masih sederhana karena mereka hidup berpindah-pindah di dalam hutan.
D. Suku Kubu di Jambi terdiri atas kelompok kelompok yang mendiami hutan rimba yang terpencil.
E. Kepercayaan, kematian, dan mata pencaharian merupakan kekhasan suku Kubu pernikahan, ritual
Alternatif Pembahasan:
Show

Suatu simpulan kedua teks harus mewakili isi dari kedua teks tersebut. Simpulan kedua teks di atas yang tepat adalah "Tingkat kehidupan suku Kubu masih sederhana karena mereka hidup berpindah-pindah di dalam hutan".

Pada teks 3A dijelaskan bahwa suku Kubu hidup masih sederhana, dan juga hidup berpindah-pindah. Pada teks 3B dijelaskan terdapat batas wilayah daerah yang mereka tinggali, artinya pada saat berpindah-pindah dan menempati suatu daerah tertentu, mereka pun membentuk batas wilayah yang mereka tinggali.

JAWAB : C

37


Informasi manakah yang terdapat pada Teks 3A, tetapi tidak terdapat pada Teks 3B....?

A. Mata pencaharian suku Kubu
B. Hubungan perkawinan suku Kubu
C. Tempat tinggal suku Kubu
D. Sistem religi suku Kubu
E. Hak teritorial suku Kubu
Alternatif Pembahasan:
Show

Informasi sistem religi terdapat pada teks 3A, tetapi tidak terdapat pada teks 3B.

JAWAB : D

38


Kalimat manakah yang salah satu katanya ditulis secara tidak tepat...?

A. Saat ini turis mancanegara telah banyak yang mengunjungi Lombok.
B. PengIndonesia-an kata asing dilakukan untuk memperkaya bahasa Indonesia.
C. Dalam menulis surat resmi kita harus menggunakan kosakata baku.
D. Setelah diujicobakan secara klinis, obat itu baru direkomendasikan tim.
E. Bentuk yang disepakati lebih baik dari pada bentuk segitiga yang diusulkan
Alternatif Pembahasan:
Show

JAWAB : D

39


Kalimat manakah yang mengandung bentuk kata yang tidak tepat...?

A. Komponis itu merubah irama lagu asli ketika mengaransemen ulang lagu itu.
B. Christiano Ronaldo memosisikan dirinya sebagai pemain sepak bola profesional.
C. Peserta standup comedy memarodikan kejadian-kejadian aktual.
D. Mahasiswa tingkat akhir mempraktik- kan salah satu teori untuk menganalisis data.
E. Pemerintah batal menerapkan pera- turan baru di bidang energi kelistrikan
Alternatif Pembahasan:
Show

Pada kalimat:

Komponis itu merubah irama lagu asli ketika mengaransemen ulang lagu itu. Pada kalimat tersebut terdapat bentuk yang tidak baku, yaitu merubah. Seharusnya, kata tersebut diganti menjadi bentuk yang baku, yaitu mengubah.

JAWAB : A

40


Manakah kalimat yang tidak efektif

A. Persoalan muncul bukan karena ke- taktegasan, melaikan karena ketak- pastian hukum.
B. Baik praktisi hukum ataupun politikus mempertanyakan dasar hukum persoalan itu.
C. Oleh karena itu, seharusnya dibuatkan instrumen yang menjadi pedoman penelitian.
D. Persoalan tanah adat memicu konflik sehingga terganggulah stabilitas keamanan
E. Masyarakat meyakini bahwa tekad untuk menemukan solusi merupakan langkah maju
Alternatif Pembahasan:
Show

JAWAB : A
Iklan

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.