Jangan malas baca, ya Telusuri!

10 Cara Mengetahui Font yang Digunakan Pada Gambar dan Design

Ajai
Pernahkah Kalian berpikir tentang font? Jika Kalian kesulitan menentukan jenis font yang Kalian butuhkan, jangan coba lagi. Karena kali ini Admin akan memberikan tips dan trik cara mudah mengidentifikasi font. Kiat dan trik ini dapat berupa aplikasi pengenalan font untuk menemukan font atau font lain apa pun di PDF. Apakah menurut Kalian kami dapat mengetahui nama font yang digunakan dalam hasil pemindaian? Nah, Kali ini kita akan menemukan semua jawabannya di bawah ini.

Mengetahui Jenis Font Menunggunakan Aplikasi 

Bagi Kalian yang mempunyai smartphone atau PC/laptop, sekarang Kalian tidak perlu kebingungan mencari nama font yang ingin kalian ketahui. Sebab, sekarang buat mengetahui jenis font sangat mudah dari perangkat teknologi Kalian. Cara mengetahui jenis font ini tergolong relatif mudah. Inilah beberapa aplikasi yang bisa Kalian gunakan.

1. WhatsTheFont - iTunes


Bagi pengguna smartphone iPhone, Kalian bisa bernapas lega. Karena aplikasi WhatTheFont adalah aplikasi yang tersedia di iTunes, digunakan untuk mencari jenis dan nama font. Kalian hanya perlu mengunduh aplikasinya di iTunes.

Cara kerja aplikasi ini sangat sederhana. Pertama, Kalian hanya perlu mengambil gambar font yang ingin Kalian ketahui. Disarankan untuk hanya memotret font dan jelas. Kemudian kalian dapat membuka aplikasi dan memasukkan foto kalian ke dalam aplikasi.

Nah, aplikasi WhatTheFont ini secara otomatis akan mencarikan jenis font yang ingin diketahui berdasarkan database yang ada di dalam aplikasi. Sangat mudah dan sederhana, bukan? Namun, untuk menggunakan aplikasi ini, Kalian harus memastikan bahwa iphone terhubung ke Internet. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna iPhone.

2. Photoshop


Jika Kalian mengetahui aplikasi edit foto ini, mungkin Kalian dapat menggunakannya untuk menemukan jenis font. Alasannya adalah karena Photoshop memiliki banyak font, dan Kalian dapat menemukan jenis font di Photoshop. Namun, jika Kalian menggunakan Photoshop untuk mencari jenis font, Kalian harus melakukannya di PC/laptop.

Caranya sangat mudah, buka dulu aplikasi photoshopnya. Setelah membuka aplikasi, Kalian dapat mengklik file dan memilih Buka, atau dapat langsung menekan ctrl+O. Untuk langkah selanjutnya, Kalian bisa langsung mencari "Type" dan pilih "Matching Font".

Setelah itu, Kalian akan menemukan layar untuk memilih font yang ingin Kalian ketahui. Gunakan alat potong untuk memilih bagian font yang ingin Kalian ketahui. Nah, selanjutnya Photoshop akan mencoba mencari nama atau jenis font yang ingin diketahui. 

Cara Mengetahui Jenis Font dengan Menunggunakan Web Browser

Ini adalah bagaimana Kalian menggunakan aplikasi untuk menemukan font. Jika kalian kesulitan menentukan font menggunakan aplikasi, ada solusi lain untuk menemukan font tersebut. apa ini? Ya, Kalian dapat menggunakan berbagai situs web yang menyediakan layanan pencarian font.

1. WhatTheFont


Apabila Kalian bukan pengguna iPhone, Kalian tidak perlu kwahatir jika tidak bisa mendownload WhatTheFont di iTunes. Sebab, WHatTheFont ini jua tersedia pada bentuk situs online. Tidak jauh berbeda dengan yang ada di iTunes, WhatTheFont situs online ini jua akan membantu kalian untuk mengetahui jenis font.

Caranya sangat gampang, pertama Kalian hanya perlu masuk ke masuk di situs WhatTheFont. Tetapi sebelumnya, Kami sarankan untuk memotret jenis font yang ingin Kalian ketahui. Misalnya, Kalian tertarik menggunakan jenis font dalam brosur, nah Anda sanggup memotret jenis font yg terdapat pada brosur.

Pastikan Kalian memotret font dengan jelas & hanya font-nya saja. Setelahnya, Kaliam simpan output foto tadi berupa JPG, JPEG, atau PNG. Berikutnya, barulah masuk ke situs WhatTheFont. Kemudian, Kaliah upload output foto tersebut ke website ini. Secara otomatis, WhatTheFont akan mencarikan jenis & nama font yang ingin Kalian ketahui. Sangat gampang bukan?

2. Identifont


Apabila WhatTheFont menunjukkan pencarian memakai gambar, maka kali ini Identifont menunjukkan pencarian font menggunakan beberapa pertanyaan. Jadi, menggunakan Identifont ini Kalian hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan seputar jenis font yang kalian lihat atau yang  ingin diketahui.

Langkah pertama, Kalian hanya perlu masuk ke situs Identifont. Kemudian akan timbul beberapa kolom kosong menggunakan pertanyaan. Kalian hanya menjawabnya satu persatu. Untuk memakai Identifont, mungkin Kalian wajib mengetahui sedikit mengenai jenis font.

Kalian akan ditanyakan kemiripan jenis font yang ingin diketahui menggunakan font yang telah Kalian ketahui atau Anda juga bisa mencari jenis font menurut penghasil font tersebut. Bagaimana, Kalian lebih menyukai mencari font memakai metode Identifont?

3. Font Matcherator


Website lain yang menyediakan layanan pencarian font kali ini bernama Font Matcherator. Cara kerja situs online ini tidak jauh berbeda dengan situs WhatTheFont. Yang perlu Kalian lakukan adalah masuk ke situs web Font Matcherator.

Kemudian, Kalian dapat mengunduh gambar atau foto langsung dari sumber yang diinginkan dengan mengklik tombol "Unggah Gambar". Kemudian biarkan pencocokan font menemukan font yang Kalian inginkan. Ini sederhana, bukan? Namun, seperti yang Kalian ketahui, font matcher ini memiliki kelebihan lain.

Kalian tidak hanya dapat mencari font dengan mengunggah foto, tetapi  juga dapat menyalin tautan url font yang Kalian inginkan. Font Matcherator sudah tahu. Ini sangat sederhana, Kalian hanya perlu mengklik "URL Gambar" dan memasukkan tautannya. Kemudian klik "Dapatkan URL" secara langsung."Sederhana dan mudah, bukan?

4. What Fontls


Ini masih situs Internet yang menyediakan layanan pencarian font. Kali ini, WhatFontIs mungkin menjadi pilihan terbaik untuk Kalian. Situs online ini mirip dengan Font Matcherator.

WhatFontIs dapat membantu Kalian menemukan font yang dibutuhkan. Mereka ingin tahu. Metodenya sederhana. Yang harus Kaliam lakukan adalah mengunggah gambar atau foto dari sumber yang ingin diketahui. Kemudian biarkan WhatFontIs menentukan font.

Kalian juga dapat menyalin dan menempelkan tautan ke url gambar untuk menemukan font.

5.  FontFaceNinja


Tidak seperti WhatFontIs, web ini atau situs online FontFaceNinja mencari font di Internet. Cara kerjanya unik, Kalian hanya perlu untuk mengunjungi website FontFaceNinja.

Kemudian Kalian akan diminta untuk menginstal plugin FontFaceNinja. Instal plug-in dan FontFaceNinja akan secara otomatis menemukan semua jenis font di situs web yang Kalian kunjungi. Oleh karena itu, gunakan FontFaceNinja untuk mencari font di browser yang kita kunjungi.

Sayangnya FontFaceNinja hanya dapat mencari font di Internet tidak bisa mengetahui font font pada foto dijalanan.

6. Fount


Situs online bernama Fount ini juga memiliki layanan pencarian font. Situs web online ini bekerja mirip dengan FontFaceNinja. Pertama, yang harus Kalian lakukan adalah masuk ke situs web Fount online.

Kemudian, Kalian dapat menginstal plugin dari Fount. Lalu, Kalian sudah dapat menikmati semua kemudahan yang disediakan Fount. Kalian hanya dapat mencari font yang tersedia di browser web. Oleh karena itu, Fount tidak dapat menemukan font yang tidak tersedia di Internet.

7. Flickr Typeface Identification


Situs online ini bukan penyedia pencarian font. Di atas kami memberikan beberapa informasi tentang Flickr. Flickr adalah situs web yang menyediakan berbagai jenis fotografi. Orang atau pengguna Flickr dapat mengunggah foto ke situs ini.

Namun nyatanya, Flickr bukan hanya tentang fotografi. Karena Flickr memiliki forum, ini dapat membantu Kalian untuk menemukan jenis sumber daya yang ingin diketahui. Nama forum diskusi adalah logo font Flickr. Di sini Kalian dapat menanyakan font apa yang ingin Anda ketahui, tanyakan.

Jika ada member yang tahu, mereka akan dengan senang hati membantu menjawabnya.Apakah Kalian ingin mencoba mencari font menggunakan Flickr Typeface Identification? Kunjungi segera website mereka.

8. Fontsquirrel

Caranya sangat gampang, pertama Kalian hanya perlu masuk ke masuk di situs Fontsquirrel. Tetapi sebelumnya, Kami sarankan untuk memotret jenis font yang ingin Kalian ketahui. Misalnya, Kalian tertarik menggunakan jenis font dalam brosur, nah Kalian bisa memotret jenis font yg terdapat pada brosur.

Pastikan Kalian memotret font dengan jelas & hanya font-nya saja. Setelahnya, Kaliam simpan output foto tadi berupa JPG, JPEG, atau PNG. Berikutnya, barulah masuk ke situs Fontsquirrel. Kemudian, Kaliah upload output foto tersebut ke website ini. Secara otomatis, akan mencarikan jenis & nama font yang ingin Kalian ketahui. Sangat gampang bukan?

Berikut adalah 10 tips dan trik untuk membantu Kalian menemukan font yang dibutuhkan dengan mudah. Kalian dapat menggunakan aplikasi, menggunakan situs web online, atau bahkan bergabung dengan halaman diskusi untuk menemukan jenis font. Jadi mau coba yang mana?

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.