Jangan malas baca, ya Telusuri!

Kuota Kemendikbud Tidak Bisa Digunakan, Ini Solusinya!

Kuota Kemendikbud Tidak Bisa Digunakan, Ini Solusinya!

Karena dampak Pandemi Covid-19, proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Sehingga semua subjek pendidikan mendapatkan Kuota gratis. Namun, sesekali ada kasus dimana kuota kemendikbud tidak bisa digunakan. Gimana solusinya?

Satu hal yang harus Anda pahami adalah, ‘Kuota dari Kemendikbud tidaklah bisa bebas digunakan untuk semua aplikasi.’ Kuota ini dinamakan kuota belajar karena memang hanya bisa digunakan untuk akses website atau aplikasi pembelajaran.

Sebab Kuota Kemendikbud Tidak Bisa Digunakan

Setidaknya, ada empat alasan kenapa Kuota Kemendikbud 2021 tidak bisa digunakan. Diantara alasan-alasan tersebut adalah: 
  1. Batasan Akses : Tidak semua website bisa diakses dengan kuota belajar kemendikbud. Apalagi jenis website yang ada bau-bau hiburan dan tentunya media sosial yang tidak terdaftar. Sehingga, karena hal tersebut lah, Anda harus tahu Kuota Kemendikbud itu untuk aplikasi apa saja.
  2. Kuota Habis : Alasan kedua adalah karena memang kuota Anda sudah habis. Boleh dikatakan kuota  dari Kemendikbud ini sudah disesuaikan dengan jenjang pendidikan. Sehingga jika hanya untuk belajar, pasti tidak akan habis dalam rentang waktu yang sudah ditentukan.
  3. Koneksi Anda : Apapun kuota yang Anda gunakan, jika koneksinya bermasalah, kam yakin juga tidak bisa digunakan. Maka dari itu, pastikan mendaftarkan provider yang memiliki jaringan baik di sekitar tempat Anda belajar.
  4. Masalah HP : Masalah terakhir kenapa kuota kemendikbud tidak bisa digunakan adalah karena masalah HP. Mungkin saja, hardware akses internet HP Anda rusak, sehingga mengganggu koneksi. Maka dari itu, Anda perlu cek bagian ini. Dari beberapa masalah di atas, Anda mungkin harus memastikan terlebih dahulu, masalah apa yang Anda dapatkan di dalam HP Anda. Sehingga, setelah itu Anda bisa mulai mencari alternatif solusi agar kuota Kemendikbud Anda bisa digunakan.

Mengatasi Kuota Kemendikbud Tidak Bisa Digunakan

Kami akan memberikan tiga cara paling efektif yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kuota Kemendikbud yang tidak bisa digunakan. Alternatif cara tersebut adalah sebagai berikut:

Buka Aplikasi yang Tepat

Alternatif cara yagn pertama adalah membuka aplikasi yang tepat. Jangan sampai Anda membuka aplikasi yang memang diblokir oleh Kemendikbud. Karena Anda harus menggunakan metode lain untuk mengakses situs yang diblokir Kemendikbud.

Namun, kami sarankan untuk tidak melakukannya. Cukup gunakan kuota Kemendikbud ini dengan bijak untuk membuka aplikasi atau website yang bermanfaat untuk menunjang proses belajar Anda.

Restart HP Anda

Alternatif cara yang kedua adalah restart HP Anda. Cara ini bisa Anda lakukan jika indikasi masalahnya ada pada software Hp Anda. Cara ini mungkin saja efektif, karena dengan restart, Artinya Anda memulai sistem secara semula.

Sehingga, ada kemungkinan besar paket kuota Kemendikbud Anda bisa digunakan kembali. Namun cara ini tidak akan berguna, jika memang yang bermasalah adalah jaringan Anda. Maka dari itu, Anda perlu melakukan cara ketiga.

Perhatikan Koneksi Internet

Ada beberapa hal yang perlu Anda cek untuk memastikan koneksi internet Anda baik dan stabil. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Penggunaan VPN yang tidak benar
  2. Sinyal di daerah Anda memang lemah
  3. Hardware atau Driver internet HP Anda rusak
Jika sudah Anda cek, Anda boleh mencoba mode pesawat beberapa menit. Setelah itu, coba aktifkan kembali. Jika koneksi Anda tetap tidak stabil, Anda harus cek indikator lain penyebab kuota Kemendikbud tidak bisa digunakan.

Tertarik seputar bisnis? yuk visit

Kuota Kemendikbud Tidak Bisa Digunakan Untuk Sosmed, Bagaimana Solusinya?

Memang benar bahwa kuota pemberian kemendikbud tidak lah kecil, yaitu 10 GB yang berlaku selama satu bulan. Namun, dibalik kuota besar tersebut, kita tidak bisa menggunakannya untuk sosial media seperi Facebook, Twitter, Instagram, dll.  Tetapi Anda tidak perlu khawatir, kami punya beberapa tutorial untuk mengatasinya.


Berikut Cara agar kuota belajar kemendikbud bisa digunakan untuk membuka laman atau app yang diblokir :

  1. Kita akan membutuhkan aplikasi untuk menghubungkan ke VPN. Ada banyak app yang tersedia. Namun, di tutorial ini, Saya sarankan untuk mendownload Psiphon Pro di Playstore
  2. Buka app tersebut dan cobalah untuk menyambungkannya dengan mengetuk "mulai"
  3. Jika sudah terkoneksi, selamat! Anda sudah bisa menggunakannya untuk bermain sosial media menggunakan kuoata belajar kemendikbud
Jika masih kurang paham, silahkan lihat Schreenshot di bawah ini



Penutup

Demikian tips dan cara mengatasi kuota Kemendikbud tidak bisa digunakan.  Cara di atas sudah saya uji coba dan ternyata 100 persen berhasil. Jika Artikel ini bermanfaat, silahkan beri komentar kalian dan share ke teman-temanmu ya!

5 comments

  1. Wah, mantap juga nih. langsung tak praktekin dulu mas
  2. Waduhh, aku sampek pusing ternyata gampang ya aku coba restat udah beres, makasih ya tutorialnya bermanfaat.
  3. Solusi yg bagus,,patut di coba ni...thanks ya...
  4. VPN Psiphon Pro terpercaya ini
  5. Setelah baca artikel
    Hp restart
    Cek kuota

    Semua langsung ngacir
Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.