Jangan malas baca, ya Telusuri!
Posts

50+ Soal dan Pembahasan SBMPTN 2021 Biologi, Latihan soal SBMPTN 2021

50 Soal UTBK Biologi Beserta Pembahasan


 

Salam pengetahuan semuanyaa. Bagi teman-teman yang merasa udah kelas 12, sampai mana nih persiapan UTBK untuk masuk perguruan tinggi?.  Jangan males-malesan ya, entar nyesal lo!. Ingat!, saat kamu males-malesan, ada ribuan sainganmu yang berjuang  mati-matian.

Informasi seputar SBMPTN

Nah, untuk membangkitkan semangatmu dan memantangkan persiapan UTBK, Admin akan membagikan 50 Soal SBMPTN Biologi dari tahun ke tahun beserta pembahasan. 

Yuk, persiapkan otak mu untuk menjawab soal-soal di bawah ini. Eumm, disarankan jawab dulu soalnya baru lihat pembahasannya ya, supaya tahu sampai mana sih kemampuanmu. 


Jawab semampunya dan jangan lupa istirahat!.

Lets go!!!
 

01


Jamur yang menginfeksi batang gaharu sehingga menghasilkan resin berbau harum adalah ...
A. Acremonium sp.
B. Fusarium sp.
C. Geotrichum sp.
D. Penicillium sp.
E. Trichoderma sp.
Alternatif Pembahasan:
Show

Gaharu adalah sejenis kayu dengan berbagai bentuk dan warna khas serta memiliki kandungan kadar damar wangi. Gaharu dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar industri parfum, kosmetik, dan obat-obatan. Gaharu merupakan deposit resin pada jaringan sebagai reaksi pohon terhadap luka atau infeksi patogen. Salah satu organisme yang dapat menginfeksi batang gaharu sehingga menghasilkan resin berbau harum adalah jamur Acremonium sp.

JAWAB : A

02


Beberapa tumbuhan memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena memiliki kayu yang harum. Salah satu tumbuhan tersebut adalah cendana. Cendana berbau harum karena ...

A. Batangnya ditumbuhi lumut kerak sehingga menghasilkan senyawa berbau harum
B. Batangnya dihuni oleh serangga yang mengasilkan feromon berbau harum
C. Memiliki simbion berupa bakteri yang menghasilkan resin berbau harum
D. Batangnya mengandung minyak atsiri yang berbau harum
E. Mempunyai jamur yang menghasilkan senyawa berbau harum
Alternatif Pembahasan:
Show

Cendana merupakan salah satu tumbuhan yang bernilai ekonomi tinggi karena memiliki kayu yang harum. Bau harum dari kayu cendana disebabkan karena batang tumbuhan cendana mengandung minyak atsiri yang berbau harum sehingga dapat dimanfaatkan untuk rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, dan parfum.

JAWAB : D

03


Suatu kunci identifikasi disajikan sebagai berikut.

1a. Tubuh tidak terbagi menjadi kepala,  dada, dan perut 
1b. Tubuh terbagi menjadi kepala, dada, dan perut. 
1c. Tubuh terbagi menjadi sefalotoraks dan perut 
2a. Terdapat 4 pasang kaki. 
2b. Terdapat 5 pasang kaki. 
3a. Badan pipih beruas-ruas, pada tiap ruas terdapat 1 pasang kaki. 
3b. Badan gilig beruas-ruas, pada tiap ruas terdapat 2 pasang kaki.

Urutan karakter kunci dikotomi tersebut adalah dari hewan ...

A. Kepiting = 1c- 2a 
B. Kelabang = 1a – 3b
C. Laba-laba = 1c - 2a
D. Kaki seribu = 1a - 3a
E. Lebah = 1b - 2a
Alternatif Pembahasan:
Show

Kunci dikotom merupakan kunci identifikasi makhluk hidup berupa sejumlah keterangan kumpulan ciri makhluk hidup yang dipakai untuk menentukan kelompok suatu makhluk hidup. Berdasarkan kunci identifikasi yang disajikan pada soal, urutan kunci dikotom yang benar adalah dari hewan laba-laba, yaitu: Memiliki ciri tubuh terbagi menjadi sefalotoraks dan perut (1c), serta terdapat 4 pasang kaki (2a).

JAWAB : C

04


Pertukaran gas lebih sulit dilakukan oleh hewan laut yang bernapas dengan insang daripada hewan terestrial yang bernapas dengan paru-paru. Hal tersebut disebabkan ...
A. Kapasitas total insang lebih kecil daripada kapasitas total paru-paru
B. Densitas per unit volume air lebih tinggi daripada per unit volume udara
C. Ukuran luas permukaan insang lebih kecil daripada luas permukaan paru-paru
D. Aliran air yang membawa O2 pada insang hanya berlangsung satu arah
E. Per unit volume air mengandung lebih sedikit O2 daripada per unit volume udara
Alternatif Pembahasan:
Show

Pertukaran gas pada hewan laut lebih sulit daripada hewan terestrial (hewan-hewan yang biasa berkeliaran di atas tanah, seperti harimau, biawak dan lain-lain). Hal ini disebabkan karena kandungan oksigen yang terlarut dalam air berjumlah lebih sedikit daripada kandungan oksigen di udara. Karena umumnya oksigen sendiri ditemukan dalam bentuk gas.

JAWAB : E

05




Perhatikan gambar bunga di atas. Bagian yang harus dimiliki oleh bunga sempurna adalah ...

A. A, B, D
B. C, E, F
C. E, F, G
D. A, B, G
E. D, E, G
Alternatif Pembahasan:
Show

Berdasarkan alat kelaminnya, bunga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. Bunga sempurna adalah bunga yang dilengkapi dengan alat kelamin jantan (benang sari) dan alat kelamin betina (putik) pada satu bunga. Sedangkan, bunga tidak sempurna hanya memiliki satu alat kelamin (benang sari atau putik saja) pada satu bunga.

Perhatikan gambar.


  • A. Kelopak
  • B. Mahkota bunga
  • C. Kepala sari (benang sari)
  • D. Dasar bunga
  • E. Kepala putik (putik)
  • F. Tangkai putik
  • G. Bakal biji

Jadi, bagian yang harus dimiliki oleh bunga sempurna adalah C, E, dan F.


JAWAB : B
Iklan

06



Perhatikan gambar penampang melintang daun tebu di atas. Sebelum ditranslokasikan ke bagian lain, molekul sukrosa harus dipindahkan dari bagian ...

A. B ke C
B. B ke A
C. E ke F
D. D ke C
E. C ke D
Alternatif Pembahasan:
Show

Keterangan gambar:

  • A. Epidermis atas
  • B. Mesofil daun
  • C. Pembuluh angkut
  • D. Sel seludang pembuluh angkut
  • E. Epidermis bawah
  • F. Stomata

Tanaman tebu termasuk tanaman C4 (tanaman yang adaptif, yang dapat tumbuh di daerah panas dan kering), dimana pada struktur anatominya ditandai dengan adanya susunan sel-sel seludang pembuluh angkut yang tersusun melingkar di sekitar berkas pembuluh membentuk anatomi Kranz. Sel seludang pembuluh merupakan tempat terjadinya siklus Calvin pada fotosintesis. Molekul sukrosa yang dihasilkan dari fotosintesis dipindahkan dari bagian sel seludang berkas pengangkut (huruf D) ke bagian berkas pembuluh (huruf C) untuk ditranslokasikan ke bagian lain.

JAWAB : D

07


Tanaman yang mendapatkan pupuk 200 kg/ha tumbuh lebih subur dan warna daunnya lebih hijau dibandingkan tanaman yang mendapat pupuk 50 kg/ha. Unsur utama pupuk tersebut adalah ...

A. Nitrogen
B. Natrium
C. Kalium
D. Sulfur
E. Fosfor
Alternatif Pembahasan:
Show

Nitrogen merupakan unsur yang dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah besar (unsur makro). Unsur nitrogen unsur yang diserap dalam bentuk ion amonium (NH4+) atau ion nitrat (NO3-) yang dapat diperoleh dari bahan organik, mineral tanah, serta penambahan dari pupuk organik. Nitrogen berfungsi untuk menyusun asam amino (protein), asam nukleat, nukleotida, dan klorofil pada tanaman sehingga dengan adanya unsur nitrogen maka membuat tanaman lebih hijau, mempercepat pertumbuhan tanaman, serta menambah kandungan protein hasil panen.

JAWAB : A

08


Peristiwa berikut ini yang TIDAK terjadi selama profase pada mitosis adalah ...

A. Sinapsis
B. Polimerisasi tubulin
C. Polimerisasi mikrotubulus
D. Kondensasi benang kromatin
E. Asosiasi molekul DNA dengan protein nonhiston
Alternatif Pembahasan:
Show

Tahap profase pada mitosis, yaitu:

  • Asosiasi molekul DNA dengan protein nonhiston.
  • Kondensasi (pemadatan) benang kromatin menjadi kromosom. Kemudian kromosom berduplikasi membentuk dua kromatid (kromatid sister).
  • Polimerisasi tubulin membentuk benang mikrotubul (benang spindle), yang terhubung dari kutub ke kutub.
  • Pada profase akhir, terbentuk dua kromatid yang terikat pada sentromer. Selanjutnya, membran nukleus (karioteka) menghilang. Kromosom terletak bebas di dalam sitoplasma.

Sedangkan, tahap sinapsis terjadi pada profase pembelahan meiosis yang pertama, di mana kromosom homolog saling berpasangan.

JAWAB : A
Iklan

09


Pernyataan yang BENAR tentang teori Darwin dan Lamarck adalah sebagai berikut.

A. Lamarck berpendapat bahwa dulu leher jerapah pendek, tetapi karena tumbuhan yang dimakannya semakin tinggi, lehernya menjadi panjang dan diwariskan kepada keturunannya.
B. Darwin berpendapat bahwa dulu ada jerapah yang berleher pendek dan ada yang berleher panjang. Karena letak makanannya tinggi, leher yang pendek menjadi panjang.
C. Menurut Darwin, perubahan ciri dan sifat pada makhluk hidup terjadi karena adaptasi terhadap lingkungan dan perubahan tersebut diwariskan kepada keturunannya. 
D. Menurut Lamarck, perubahan ciri pada makhluk hidup yang tidak sesuai dengan lingkungannya menyebabkan makhluk hidup tersebut tidak dapat mempertahankan diri.
E. Menurut Lamarck, jerapah yang berleher pendek akan mati karena tidak mendapatkan makanan yang letaknya lebih tinggi dari tubuhnya
Alternatif Pembahasan:
Show

  • Menurut Lamarck, evolusi yang terjadi disebabkan oleh lingkungan. Lamarck berpendapat bahwa moyang jerapah berleher pendek, tetapi karena tumbuhan yang dimakannya semakin tinggi maka lehernya menjadi panjang dan diwariskan kepada keturunannya.
  • Sedangkan menurut Darwin, evolusi disebabkan karena adanya seleksi alam. Darwin berpendapat bahwa jerapah bervariasi, ada yang berleher pendek dan ada yang panjang. Namun,jerapahyangberleherpendek mati karena tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sehingga hanya jerapah yang berleher panjang yang mempunyai kelangsungan hidup

JAWAB : A

10


Stroma pada kloroplas mengandung ...

A. Lemak dan pati
B. Pati dan protein
C. Protein dan lemak
D. Asam amino dan gliserol
E. Asam lemak dan asam amino
Alternatif Pembahasan:
Show

Perhatikan gambar struktur kloroplas berikut.

Stroma adalah cairan yang berada dalam membran ganda kloroplas. Stroma kaya akan protein dan mengandung beberapa enzim yang diperlukan untuk proses seluler. Di stroma juga terdapat DNA dan ribosom untuk sintesis protein. Hasil fotosintesis berupa pati disimpan di stroma dalam bentuk butiran.


JAWAB : B

11


Interaksi kompetisi akan terjadi apabila relung dasar (fundamental niche) dari dua spesies yang berbeda saling selingkup.

SEBAB

Selingkupan merupakan relung yang sesungguhnya (realized niche) dari dua spesies tersebut.

A. Jika pernyataan benar, alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab-akibat
B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat
C. Jika pernyataan benar dan alasan salah
D. Jika pernyataan salah dan alasan benar
E. Jika pernyataan salah dan alasan salah
Alternatif Pembahasan:
Show

Menurut Hutchinson, tipe relung dibedakan menjadi:

  • Relung dasar (Fundamental Niche), didefinisikan sebagai sekelompok kondisi-kondisi fisik yang memungkinkan populasi masih dapat hidup, tanpa kehadiran pesaing. 
  • Relung nyata (Realized Niche), didefinisikan sebagai kondisi-kondisi fisik yang ditempati oleh organisme-organisme tertentu secara bersamaan sehingga terjadi kompetisi.

Relung nyata lebih kecil daripada relung fundamental. Jadi, suatu spesies umumnya akan memiliki relung nyata yang lebih sempit daripada relung dasar dengan tujuan menghindari kompetisi. Jadi, pernyataan benar, alasan salah. 

JAWAB : C
Iklan

11


Selubung mielin menyebabkan penghantaran impuls saraf menjadi lebih cepat.

SEBAB

Sel saraf bermielin umumnya ditemukan pada sistem pencernaan.

A. Jika pernyataan benar, alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab-akibat
B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat
C. Jika pernyataan benar dan alasan salah
D. Jika pernyataan salah dan alasan benar
E. Jika pernyataan salah dan alasan salah
Alternatif Pembahasan:
Show

Pernyataan benar: selubung mielin berfungsi melindungi sel saraf, memper- cepat aliran rangsang, mengatur nutrisi, dan membantu kesembuhan serabut sel saraf.

Alasan salah: sel saraf ada yang ber- mielin dan ada yang tidak bermielin. Sel saraf yang bermielin terdapat pada saraf preganglion, sedangkan yang tak ber- mielin terdapat pada post-ganglion. Saraf pre-ganglion dan post-ganglion terdapat pada susunan saraf tepi khususnya saraf otonom.

JAWAB : C

12


Produk-produk yang dihasilkan melalui proses respirasi sel, antara lain ... 

  • (1) Asam piruvat 
  • (2) Molekul glukosa 
  • (3) FADH 
  • (4) Asam fosfogliserat

A. Jika 1, 2, dan 3 benar
B. Jika 1 dan 3 benar
C. Jika 2 dan 4 benar
D. Jika hanya 4 yang benar
E. semua benar
Alternatif Pembahasan:
Sh7ow

Tabel berikut adalah proses respirasi aerob.

Jadi, produk-produk yang dihasilkan melalui proses respirasi sel, antara lain asam piruvat (1) dan FADH (3).

JAWAB : B

13


Asam fosfogliserat Penemuan yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman tentang struktur DNA adalah ... 

  • (1 ) Replikasi DNA secara konservatif 
  • (2) DNA polimerase 
  • (3) Untai ganda DNA 
  • (4) Sistem operon lac 

A. Jika 1, 2, dan 3 benar
B. Jika 1 dan 3 benar
C. Jika 2 dan 4 benar
D. Jika hanya 4 yang benar
E. semua benar
Alternatif Pembahasan:
Show

  1. Beberapa model replikasi DNA, di antaranya adalah secara konservatif, yaitu molekul DNA untaian ganda induk tetap bergabung sedangkan kedua untaian DNA anakan terdiri atas molekul hasil sintesis yang baru. 
  2. Proses replikasi DNA bertujuan untuk penggandaan atau memperbanyak molekul DNA. Replikasi DNA membutuhkan enzim DNA polimerase.
  3. Struktur DNA adalah untai ganda (double helix), yang tersusun atas sub unit nukleotida. Nukleotida terdiri atas gugus fosfat, gula deoksiribosa, dan basa nitrogen purin dan pirimidin yang masing-masing dihubungkan oleh ikatan hidrogen.

JAWAB : A
Iklan

14


Saat ini, insulin dapat dihasilkan secara industri melalui teknologi rekombinan dengan menggunakan sel ... 

  • (1) Volvox globator 
  • (2) Saccharomyces cerevisiae 
  • (3) Paramecium caudatum 
  • (4) Escherichia coli

A. Jika 1, 2, dan 3 benar
B. Jika 1 dan 3 benar
C. Jika 2 dan 4 benar
D. Jika hanya 4 yang benar
E. semua benar
Alternatif Pembahasan:
Show

Salah satu aplikasi teknologi rekombinan yang dilakukan adalah pembuatan insulin. Pembuatan insulin dilakukan dengan menyisipkan gen pembentuk insulin ke dalam plasmid bakteri Escherichia coli. Selanjutnya, bakteri membelah diri sehingga setiap bakteri akan menghasilkan gen insulin.

JAWAB : D

15


Urutan tahap metabolisme glukosa menjadi CO2, H2O , dan ATP adalah ...

A. Glikolisis, betaoksidasi, dekarboksilasi asam ketokarboksilat, siklus asam sitrat
B. Glukoneogenesis, siklus Calvin, dekarboksilasi asam glukoronat, siklus Krebs
C. Glikolisis, dekarboksilasi asam piruvat, siklus asam sitrat, fosforilasi oksidatif
D. Glukoneogenesis, transaminasi, siklus urea, fosforilasi oksidasif
E. Glikolisis, deaminasi oksidatif, siklus Krebs, rantai respirasi
Alternatif Pembahasan:
Show

Pada respirasi aerob (tahap metabolisme glukosa menjadi CO2, H2O, dan ATP) ada 4 tahapan secara berurutan, yaitu: 

  • a. Glikolisis 
  • b. Dekarboksilasi oksidatif/ asam piruvat 
  • C. Siklus Krebs/asam sitrat 
  • d. Transfer Elektron/fosforilasi oksidatif

JAWAB : C

16


Sistem pembuluh limfa berfungsi mengembalikan cairan limfa dari ruang antarsel ke sistem sirkulasi. 

SEBAB

Cairan limfa yang diangkut ke dalam sistem sirkulasi mengandung sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen.

A. Jika pernyataan benar, alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab-akibat
B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat
C. Jika pernyataan benar dan alasan salah
D. Jika pernyataan salah dan alasan benar
E. Jika pernyataan salah dan alasan salah
Alternatif Pembahasan:
Show

Menurut Hutchinson, tipe relung dibedakan menjadi:

  • Relung dasar (Fundamental Niche), didefinisikan sebagai sekelompok kondisi-kondisi fisik yang memungkinkan populasi masih dapat hidup, tanpa kehadiran pesaing. 
  • Relung nyata (Realized Niche), didefinisikan sebagai kondisi-kondisi fisik yang ditempati oleh organisme-organisme tertentu secara bersamaan sehingga terjadi kompetisi.

Relung nyata lebih kecil daripada relung fundamental. Jadi, suatu spesies umumnya akan memiliki relung nyata yang lebih sempit daripada relung dasar dengan tujuan menghindari kompetisi. Jadi, pernyataan benar, alasan salah. 

JAWAB : C
Iklan

17


Peran rekayasa genetika lebih ditujukan pada peningkatan kuantitas produk, misalnya kedelai, jagung, kanola, dan kapas. Sebagian anggota masyarakat menolak kehadiran produk hasil rekayasa genetika tersebut karena ...

A. Teknik budidaya sangat sulit
B. Ketersediaan benih tidak kontinu
C. Perubahan pengelolaan pasca panen
D. Tidak sesuai ditanam di daerah tropis
E. Isu keamanan produk bagi kesehatan
Alternatif Pembahasan:
Show

Rekayasa genetik merupakan teknik atau upaya untuk memperoleh sifat unggul/mempertahankan sifat unggul melalui faktor keturunan.

Peran rekayasa genetik lebih ditujukan pada peningkatan kuantitas produk tanaman pertanian, misalnya jagung, kedelai, padi, kanola, dan kapas. Dampak yang tidak diinginkan dari hasil rekayasa genetik tersebut, yaitu isu keamanan produk bagi kesehatan, seperti penggunaan biopestsida dari bakteri Bacillus thuringiensis untuk memberantas hama tanaman pertanian, jika dikonsumsi bisa menyebabkan reaksi alergi, dan ini membahayakan kesehatan.

JAWAB : E

18


DNA untai tunggal yang memiliki komposisi purin tertinggi adalah ...

A. 5'-TAGTTTGGATA-3'
B. 5'-TGCTGCTATAT-3'
C. 5'-TAGTAAGGATA-3'
D. 5'-TTCTGCTATAT-3'
E. 5'-ATCTGCTATAA-3'
Alternatif Pembahasan:
Show

Perlu Diingat!

DNA: bahan genetik dalam lokus kromosom inti sel + organel yang memiliki rantai ganda (Double helix). Disusun oleh Asam fosfat -- Gula Deoksiribosa dan Basa N. Basa Nitrogen terdiri atas:  

  • 1. Basa purin: mengandung adenin (A) dan guanin (G
  • 2. Basa Pirimidin: mengandung timin (T) dan Cytosin (C)

A. 5'-TAGTTTGGATA-3'  ->6

B. 5'-TGCTGCTATAT-3'   ->5

C. 5'-TAGTAAGGATA-3'  ->8

D. 5'-TTCTGCTATAT-3'   ->3

E. 5'-ATCTGCTATAA-3'   ->5

JAWAB : C

19


Petani buah biasanya melakukan pemeraman buah dengan cara mencampur buah matang dan buah belum matang. Buah matang akan memengaruhi pema- tangan buah yang belum matang karena menghasilkan ... 

A. Gas karbon dioksida
B. Gas karbon monoksida
C. Gas oksigen
D. Gas etilen
E. Gas nitrogen
Alternatif Pembahasan:
Show

Perlu Diingat!

Hormon etilen banyak terdapat pada buah yang sudah matang.

Sehingga untuk mempercepat pemasakan buah dilakukan dengan mencampur buah yang matang pada buah yang belum matang.

JAWAB : D
Iklan

20


Urutan yang benar mengenai proses masuknya oksigen menuju ke sel tubuh insekta adalah ...

A. Trakea, trakeol, spirakel, dan sel 
B. Spirakel, trakea, trakeol, dan sel
C. Spirakel, trakeol, trakea, dan sel 
D. Trakea, trakeol, spirakel, dan sel
E. Trakea, spirakel, trakeol, dan sel
Alternatif Pembahasan:
Show

Alat respirasi pada insekta (serangga) adalah saluran trakea terdapat pada hampir setiap ruas tubuhnya. Mekanisme respirasinya: oksigen masuk lewat lubang spirakel > trakea > trakeol > sel tubuh > respirasi sel.

JAWAB : B

21


Berikut ini adalah pasangan yang benar antara mikroorganisme prokariotik dan perannya dalam kehidupan manusia, KECUALI ...

A. Clostridium botulinum - penghasil toksin 
B. Lactobacillus bulgaricus - sebagai probiotik
C. Streptomyces coelicolor – penghasil antibiotik
D. Candida albicans – penyebab keputihan pada wanita
E. Pseudomonas aeruginosa pendegradasi limbah organik
Alternatif Pembahasan:
Show

Pasangan yang benar antara mikroorganisme prokariotik dan perananya dalam kehidupan: 

  • 1. Lactobacillus bulgaricus → Bakteri penghasil probiotik
  • 2. Clostridium botulinum → bakteri penghasil toksin 
  • 3. Streptomyces coelicolor → bakteri penghasil antibiotik 
  • 4. Candida albicans → bakteri penyebab keputihan pada wanita 
  • 5. Pseudomonas aeruginosa → bakteri penyebab infeksi, misalnya pada mata, telinga, kulit, saluran napas (pneumonia)

JAWAB : D

22


Jenis hewan yang memiliki kesesuaian antara kelas dan tempat hidupnya adalah ..

A. (1) dan (4)
B. (1) dan (6)
C. (2) dan (4)
D. (2) dan (5)
E. (3) dan (6)
Alternatif Pembahasan:
Show

JAWAB : A
Iklan

23


Pernyataan manakah yang tepat mengenai mekanisme kerja jaringan otot?

A. Otot lurik bekerja lambat menanggapi rangsang
B. Otot jantung bekerja cepat menanggapi rangsang
C. Otot serat lintang bersifat involunter
D. Otot jantung bersifat involunter
E. Otot polos bersifat volunter
Alternatif Pembahasan:
Show

JAWAB : D

24


Perhatikan skema pembentukan urine berikut!

Proses yang terjadi antara filtrat Y dan urine adalah ....


A. Filtrasi
B. Reabsorpsi
C. Absorpsi
D. Augmentasi
E. Permeasi
Alternatif Pembahasan:
Show

Mekanisme pembentukan urine pada ginjal melalui proses sebagai berikut.

JAWAB : D

25


Pernyataan yang benar mengenai fotorespirasi adalah ...

A. Terjadi di kloroplas
B. Menyebabkan kenaikan hasil panen
C. Merupakan karakteristik tumbuhan C3
D. Dimulai saat Rubisco memfiksasi CO2
E. Terjadi setiap saat ketika temperatur lingkungan tinggi
Alternatif Pembahasan:
Show

Fotorespirasi, merupakan jalur C2 (Jalur Glikolat) yaitu peristiwa pembebasan CO2 pada tumbuhan hijau yang terjadi pada saat intensitas cahaya matahari tinggi, dan ini berlangsung di organela kloroplas

JAWAB : E
Iklan

26


Perhatikan gambar berikut!


Menurut teori evolusi, pernyataan berikut yang mendekati benar adalah ..

A. Orang utan adalah nenek moyang dari manusia.
B. Antara bangsa kera dan manusia ter- dapat fosil antara.
C. Missing link lebih menunjukkan kekerbaatan gorila dan simpanse.
D. Bangsa kera dan manusia mempunyai nenek moyang yang sama.
E. Gorila memiliki nenek moyang yang berbeda dengan nenek moyang manusia.
Alternatif Pembahasan:
Show

Menurut konsep teori evolusi, sejarah perkembangan manusia dimulai dari: Manusia kera → manusia purba → manusia modern → manusia sekarang (Homo sapiens). Jika dikaitkan dengan gambar di atas maka ada persamaan antara sejarah nenek moyang manusia dengan sejarah nenek moyang bangsa kera, yaitu ordo Primata.

JAWAB : D

27


makanan yang dapat dipakai sebagai pengganti formalin.

SEBAB

Kitosan merupakan produk turunan kitin dari limbah pengolahan udang dan kerang.

A. Jika pernyataan benar, alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab-akibat
B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat
C. Jika pernyataan benar dan alasan salah
D. Jika pernyataan salah dan alasan benar
E. Jika pernyataan salah dan alasan salah
Alternatif Pembahasan:
Show

Pernyataan Benar : Kitosan merupakan bahan pengawet makanan yang dapat dipakai sebagai pengganti formalin. Kitosan lebih aman dan efektif karena dapat mengalami degradasi secara biologi, tidak beracun, dan memiliki aktivitas antimikroba. 

Alasan Benar : Sebab kitosan merupakan produk turunan kitin yang terbentuk dari proses deasetilasi dari limbah pengolahan udang dan kerang. 

Dan keduanya menunjukan hubungan sebab akibat

JAWAB : A

28


Kromosom memiliki sentromer yang berperan sebagai .. 

  • 1. Pengikat kromosom 
  • 2. Pelindung dari nuklease 
  • 3. Jangkar ketika sitokinesis 
  • 4. Jangkar benang spindel ketika telofase

A. Jika 1, 2, dan 3 benar
B. Jika 1 dan 3 benar
C. Jika 2 dan 4 benar
D. Jika hanya 4 yang benar
E. semua benar
Alternatif Pembahasan:
Show

Peran sentromer: 

  • Pengikat kromosom untuk bergerak ke kutub sel 
  • Pelindung dari ensim nukleae 
  • Sebagai jangkar ketika terjadi proses sitokinesis (pembelahan sel) 
  • Jangkar bagi benang spindel ketika pembelahan sel. 

Jadi, semua pernyataan benar.

JAWAB : E
Iklan

29


Terjadinya eutrofikasi di perairan dapat

  • 1. Menghasilkan terlalu banyak oksigen 
  • 2. Meningkatkan pertumbuhan alga 
  • 3. Meningkatkan oksigen terlarut 
  • 4. Menyebabkan kematian ikan

A. Jika 1, 2, dan 3 benar
B. Jika 1 dan 3 benar
C. Jika 2 dan 4 benar
D. Jika hanya 4 yang benar
E. semua benar
Alternatif Pembahasan:
Show

Eutrofikasi adalah pengendapan mineral di dalam perairan yang berasal dari pemupukan lahan pertanian dengan menggunakan pestisida atau pupuk kimia. 

Dampak eutrofikasi: 

  • penurunan kandungan oksigen terlarut 
  • penambahan Co2 di perairan 
  • Blooming alga (pertumbuhan alga yang meningkat) kematian hewan-hewan aquatik seperti ikan dan zooplankton lainnya. 

Jadi, pernyataan (2) dan (4) yang benar.

JAWAB : C

About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.