Cara beli saham untuk pemula dengan aplikasi IPOT (Indo Premier Online Teknologi) Review

Cara Mudah Membeli Saham Dengan MUDAH! Memakai Aplikasi IPOT (Indo Premier Online Teknologi)


Halo sobat pengetahuan. Gimana nih kabar kalian, apa kalian udah merasa bosan karena long weekend selama corona ini? Hehehe pastinya ada yang senang dan ada juga yang bosen ya sobat. Mimin sendiri termasuk yang senang tapi juga bosen (minin labil). 

Nah sobat pengetahuan, kalian pastinya pernahkan kepooin tentang saham atau sejenisnya. Tetapi ada juga yang hanya sekedar mendengar. Hmm mungkin alasan tersebar kenapa orang orang tidak terjun didunia saham karena faktor tidak mengerti dan tidak tau apa yang harus dilakukan untuk seorang pemula. Humm ini sama dengan pengalaman mimin sewaktu awal awal ingin investasi saham yang bingung gimana cara beli dll.

baiklah sobat, kali ini mimin mau bagikan pengalaman pertama membeli saham dan pengalaman selama menggunakan aplikasi IPOT serta penjelasan mudah seputar apa sih itu saham.

Nah, sobat sebelum masuk kepembahasan bagaimana cara membeli saham melalui aplikasi IPOT, mari terlebih dahulu kita mengenal secara singkat, padat jelas tentang seputar saham dari pertanyaan pertanyaan umum yang biasa sering ditanyakan oleh banyak orang. Kuy simak penjelasan mimin dibawah ya!

Apa Itu Saham?

Saham secara sederhana adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan. Secara singkatnya mimin membeli saham untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Nih mimin kasih contoh biar lebih paham.

Contoh : Misalnya mimin punya usaha cafe bareng teman dan katakanlah modal awal diperlukan 10 jt. Jadi ,mimin nyumbang 5 juta dan teman mimin nyumbang 5 juta. Jadi kepemilikan mimin dan teman mimin sama sama berbanding 50%. begitu pula dengan saham tapi dalam konteks pasar modal tidak hanya bermodal 10jutaan saja tapi sudah mencapai miliaran dan sampai triliunan.

Kenapa sebuah perusahaan menjual sahamnya ke publik?

Nah sobat, untuk pertanyaan kali ini ada dua alasan kenapa perusahaan menjual sahamnya kepublik salah satunya untuk mendapat dana segar yang tujunnya untuk melakukan expansi dengan dana tersebut.Yang kedua juga memang dilakukan untuk menaikkan pamor perusahaan.

Gimana sih cara menentukan saham yang baik dan buruk?

Untuk menentukan saham yang baik dan buruk alangkah baiknya jika kalian masih pemula disarankan untuk berinvestasi saham pada apa yang kalian pakai atau konsumsi setiap harinya. Sederhananya produk yang kalian gunakan atau dipakai tiap hari dan kalian yakin perusahaan yang memproduksinya akan bertahan sampai bertahun tahun lamanya.

Contoh : kalian sering makan Indomie dan yakin 5 tahun kedepan kalian akan tetap makan Indomie. Maka pilihan saham kalian yaitu ICBP.

Ini hanya salah satu indikator paling simple buat pemula jika masih belajar. Jika kalian sudah memahami lebih dalam kalian bisa melihat indikator lainnya.

Faktor apa saja yang mempengaruhi naik turunnya saham?

Nah sobat, ada banyak faktor yang mempengeruhi naik turunnya saham. Untuk jangka pendek secara sederhana iyalah harga saham akan naik jika banyak yang membeli dan harga saham akan turun jika banyak yang menjual sedangkan untuk jangka panjang biasanya tergantung dari kinerja sebuah perusahaan bagaimana prospek dar perusahaan yang kita investasikan.

Darimana para pemegang saham mendapatkan keuntungan?

keuntungan yang sobat bisa dapatkan dari investasi saham iyalah 
1. Capital gain 
keuntungan yang didapat dari kenaikkan harga suatu saham. Jadi sederhanannya kalian beli saham diharga rendah lalu kalian jual saat harga tinggi. 
2. Deviden 
keuntungan yang kalian dapat dari perusahaan karena telah memegang saham suatu perusahaan tersebut. Untuk pembagian deviden sendiri perusahaan biasanya hanya membagikan setahun 1-2 kali. Secara sederhannya perusahaan memberikan bonus kepada pemegang saham perusahaannya.

Okey sobat pengetahuan cukup sampai disini untuk beberapa pertanyaan umum seputar saham. Pertanyaan diatas cuman dijadikan pengantar ya sobat. Untuk lebih dalamnya kalian bisa belajar melalui buku atau pun Ebook secara lengkap. 

Nah sobat, saatnya kita masuk kepembahasan bagaimana cara membeli saham dengan aplikasi IPOT melalui gadget kita masing masing. Kuy simak dibawah ini

Cara membeli saham dengan aplikasi IPOT

1. Pertama, Download Aplikasi IPOT melalui App Store atau Playstore secara gratis!


2. Kedua, buka aplikasi IPOT lalu pilih "Registrasi" setelah melakukan registrasi kalian langsung bisa menggunakan aplikasi IPOT. Tapi, pastikan kalian sudah memenuhi syarat seperti sudah memiliki SDI dan RDN (SDI dan RDN akan ototmatis dibuat saat sobat melakukan registrasi).


3. Ketiga, sesudah registrasi sobat akan menampilkan menu seperti gambar diatas. Nah, untuk membeli saham sobat tinggal pilih icon "Stock" yang berwarna biru sebelah kiri lalu click "simple buy" yang berwarna hijau!



4. Keempat, sesudah sobat memilih "simple buy" sobat akan dihadapkan tampilan seperti gambar dibawah. Lalu, sobat masukkan code perusahaan misal BBCA, BBRI, dll.



5. Kelima, sobat tinggal masukkan berapa jumlah lot yang ingin dibeli. Lalu, tekan "submit" pada bagian kanan bawah. Setelah melakukan pembelian sobat tinggal cek pada order status dimenu utama. Jika sudah selesai sobat bisa langsung lihat portofolio ya sobat.

Akhir Kata

Itulah penjelasan sekilas dan cara membeli saham dengan aplikasi IPOT. Menurut pendapat saya pribadi aplikasi IPOT merupakan salah satu aplikasi saham terbaik dari aplikasi lainnya menurut mimin pribadi ya hehehe. 

IPOT juga menyediakan beberapa video pembelajaran seputar saham didalam aplikasi yang bisa kalian tonton secara gratis dan ini sangat membantu bagi pemula termasuk mimin pribadi hehehe. IPOT juga sering mengadakan webminar online secara gratis. 

Nah sobat, sampai disini saja penjelasan mimin dan mohon maap bila ada kesalahan atau kekurangan didalam artikel ini serta jangan sungkan untuk menambahkan atau memberi saran dikolom komentar. Kami akan sangat menghargai saran dan kritik sobat sekalian hehehe. Okey mimin pamit undur diri see you diartikel berikutnya yaa!!! salam investor.