Jangan malas baca, ya Telusuri!

Meletup! Rahasia Mengapa Biji Jagung Dapat Meletup saat Diolah Menjadi Popcorn

Mengapa Biji jagung meletup dan menjadi Popcorn?

proses terjadinya letupan pada biji jagung saat membuat popcorn

Yooo, Sobat pengetahuan, apakah kalian sering ke Bioskop?, kalo iya, pasti kalian tau dong jajanan yang sering diperjualkan disitu? Yup, apalagi kalo bukan popcorn

Popcorn merupakan cemilan yang terbuat dari biji jagung yang dipanaskan hingga meletup dan menjadi Popcorn.  Nah biji jagung zea mays ini memiliki kulit yang keras yang menjadikannya berfungsi lebih baik untuk membuat air terperangkap. Bingung? Kok malah air sih?. Tenang, Admin akan menjelaskanya kok

Pernahkah teman-teman memperhatikan bahwasanya terdapat kesenangan tersendiri saat melihat biji jagung satu persatu meletup dan membesar?. Sangat menarik bukan. Nah di postingan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut..Yuk scroll kebawah!

Proses Meletupnya Biji Jagung

Nah, pertanyaan yang akan kita jawab sekarang adalah bagaimana bisa yang awalnya biji keras tadi menjadi popcorn yang empuk? dan darimana letupan tadi berasal?

Biji jagung memiliki kulit yang kuat,  dan pati yang berbentuk padat, tetapi masih terdapat sedikit kandungan air didalamnya.

Ketika biji jagung dimasukan kedalam popcornmaker, maka uap panas yang dihasilkan mesin itu menyebabkan air yang terdapat di dalam biji jagung  menguap dan bereaksi dengan pati membentuk gel.

Pada suhu yang semakin tinggi, gel tersebut memiliki tekanan yang sangat besar karena air menguap menjadi sebuah gas dengan tekanan yang besar

Akibat tekanan yang sangat besar, dan penuhnya uap air yang menekan keluar, mengakibatkan kulit keras jagung tidak sanggup untuk menahannya. 

Hingga saat menembus batas ketahanan kulit jagung sekitar 9-10 atm. Kulit jagung pun pecah dan diikuti keluarnya gel tadi, air yang telah menguap terlepas dengan tekanan yang tinggi. Hal ini memberikan gaya dorong yang cukup besar kepada biji jagung, sehingga biji jagung meletup dan terpental-pental menjadi Popcorn yang siap untuk dimakan. Eitss jangan lupa ditaburi bumbu juga y, Biar maknyuss.

Biji Jagung Berwarna Kuning, Setelah Menjadi Popcorn kok Berwarna Putih? Sikat Gigi kah?

Untuk memutihkan gigi, maka tentu saja kita perlu menyikatnya bukan?. Nah lo ini kenapa malah membahas  gigi heheh

Oke, mari lanjut ke pembahasan utama

Diatas, kita sudah mengetahui bahwa biji jagung memiliki pati yang merupakan zat tepung. Nah warna putih ini berasal dari pati yang keras kehilangan air saat proses terjadinya letupan tadi. 

Singkatnya seperti ini teman-teman...

Suhu panas membuat pati kehilangan air nya dan mengubah bentuk pati yang awalnya padat menjadi lunak. Ketika meletup dan keluarnya uap air, Suhu pati pun dengan cepat turun dan berubah menjadi padat kembali tetapi dengan tekstur yang empuk. Hal ini membuat pati mengembang menjadi seperti busa berwarna putih yang berisi udara. Dan mampu mempertahankan bentuknya karena sudah kering.

Akhir Kata

Yaaa. gitu deh teman-teman. Jadi sekarang kalian tahu kan proses terjadinya letupan pada biji jagung. Jangan pendam sendiri pengetahuan ini, yuk bagikan kepada teman-temanMu.

Segarkan pikiranmu dengan membaca Artikel tentang game disini : https://www.cosiku.com/



About the Author

Haus akan ilmu

7 comments

  1. Nitip jejak mas
  2. Artikelnya sangat informatif
  3. Mantaps nih akhirnya jadi tahu kenapa jagung popcorn meletup
  4. Wah mantab kak...
  5. Sangat bermanfaat sekali,,terimakasih!
  6. Baru ngeh dan paham setelah membaca artikel ini, dan bisa menjelaskan ke anak-anak

    Terimakasih bang
  7. Makasih informasinya bang
Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.