Jangan malas baca, ya Telusuri!

Hmmm..Bingung !!!! Inilah Alasan Kenapa Langit Berwarna Biru Saat Siang Hari Dan Berwarna Orange Di Sore Hari ?


Hallo sobat pencari pengetahuan kembali lagi nih dengan admin tentunya di caripengetahuan-id.com. Bagaimana kabar sobat hari ini ? Apakah masih semangat ? Tentunya admin harapkan kepada sobat untuk selalu berpikiran positif, selalu dalam keadaan yang baik baik saja dan pastinya sehat selalu. Nah pada kesempatan kali ini admin akan suatu fenomena yang sangat menarik nih, fenomena ini sering kita lihat setiap harinya. Coba tebak apa yang akan kita bahas hari ini ? yupssss, benar sekali.

Hari ini kita akan mebahas tentang: Kenapasih langit pada siang hari yang cerah berwarna biru dan pada sore hari yang cerah berwarna jingga ? Pada penasaran gak nih ?

Hmmm.. Sudah pada tau tidak nih kenapa langit bewarna biru jika cuaca cerah ? Kalo cuaca nya mendendung mah cuma keliat awan awan yang berwarna keabu abuan ya. Apakah sobat pernah bertanya tanya saat berjalan ke sekolah ataupun ke kantor saat hari sedang cerah, kok langitnya berwarna biru dan sewaktu sobat dari kantor pada saat senja, kok langitnya berwarna jingga kebiruan.

Hmmm... Apakah di langit itu terdapat suatu zat yang berwarna biru ? Ataukah langit berwarna biru itu karena pantulan cahaya matahari di laut ?

Langit Yang Berwarna Biru | Pemburuombak.com

Dari pada tebak menebak alasannya... Yuk terus baca artikel ini.

Bagi sobat yang belum tau alasan kenapanya, admin sarankan untuk membaca artikel ini sampai habis ya untuk menambah khazanah pengetahuan sobat, nanti kalo di tanya sama teman ataupun pacar sobat kenapa langit berwarna biru, sobat tidak malu karena tidak bisa menjawab.....eyaaaaaa. Dan bagi yang sudah tau bisa share nih artikel ke teman teman sobat yang belum tau ya, karena berbagi pengetahuan itu dapat menghilangkan ketidaktahuan.

Penasaran !!! Yuk kita bahas saja secara medetail ya :

Yuk kita mengenal sinar sinar apa saja yang di kirimkan matahari ke bumi.


Kita mulai pembahasan ini dengan memahami dulu mengenai cahaya matahari ? Menurut sobat nih cahaya matahari itu berwarna apa sih ? Kuning atau putih nih ? Sinar matahari lah yang berperan dalam terjadi siang dan malam. Cahaya matahari itu pada awalnya memancarkan beberapa cahaya sobat, diantaranya: Sinar ultraviolet, sinar x, cahaya tampak dan juga gelombang radio, tetapi sesaat setelah memasuki atmosfer bumi beberapa sinar tadi terfilter dan menyisakan satu sinar, sudah pada taukan apa itu ?

Yupssss benar sekali, Cahaya tampak. Sudah pada taukan cahaya tampak itu tersusun dari 7 buah warna. Apa saja warnanya ? Hmmm.. Kalo admin sih sering menghapalinnya dengan cara disingkat "MeJiKuHiBiNiU". Bagi yang belum tau nih mejikuhibiniu itu kepanjangannya nya adalah merah, jingga (orange), kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

Spektrum Cahaya Tampak | cahnuryahya.blogspot.com

Jika susunan warna yang ada 7 itu diatas digabungkan maka akan menghasilkan warna putih, demikian juga cahaya matahari yang sering kita lihat sebenarnya jika dipisahkan maka akan membentuk 7 warna diatas.

Pengaruh Hamburan Rayleigh Terhadap Spektrum Cahaya Tampak Dan Apa sih Yang terjadi Ketika Sinar Sinar Matahari Yang Telah Memasuki Atmosfer ?


Nah ketika paket sinar dari matahari tadi sudah terfilter dan hanya menyisakan cahaya tampak. Maka ketika sesampainya di atmosfer bumi, cahaya tampak ini bertemu dengan partikel ataupun zat penyusun atmosfer.

Sobat masih ingat tidak nih zat atau partikel apa saja yang menyusun atmosfer

Benar...... Atmosfer tersusun atas 78,11% Nitrogen, 20,97% Oksigen dan kurang dari satu persen partikel lain seperti Karbondioksida, Argon, Uap Air dan gas lainnya. Jadi ketika gelombang cahaya tampak ini bertabrakan dengan partikel partikel penyusun atmosfer, maka hal ini akan mengakibatkan terjadinya hamburan cahaya.

Bagi yang belum tau apa itu penghamburan cahaya. Jadi penghamburan cahaya itu secara singkatnya adalah sebuah proses penyerapan gelombang cahaya oleh suatu partikel dan nantinya akan di pancarkan kembali ke berbagai arah. Bagi sobat yang ingin tau lebih mengenai penghamburan cahaya ini bisa kalian cari di mesin pencari, banyak kok! Nanti jika admin bahas secara mendalam tentang penghamburan malah akan memperpanjang artikel ini dan tentunya akan membuat sobat merasa bosan ya.

Grafik Hamburan Rayleigh | www.wikipedia.org

Sebenarnya sobat teori penghamburan cahaya yang dapat menjelaskan kenapa langit ketika siang hari yang cerah berwarna biru sudah sekitar 100 tahun yang lalu dikemukan. Teori yang menjelaskannya ini dinamakan "Rayleigh Scattering" Atau dalam bahasa Indonesianya "Hamburan Rayleigh"

Teori ini dikemukan oleh Seorang fisikawan Inggris yang bernama John Willian Strutt tapi beliau sering disebut sebagai Lord Rayleigh. Didalam teori ini menjelaskan bahwa semakin tinggi frekuensi gelombang yang dipancarkan oleh cahaya tampak, maka semakin banyak yang Akan dihamburkan atau semakin pendek panjang gelombang cahaya tampak maka semakin banyak cahaya yang di hamburkan (hal ini diakibatkan karena frekuensi dan panjang gelombang itu berbanding terbalik

Spektrum Cahaya Tampak | zenius.net
Nah sobat, seperti yang sudah admin jelaskan diatas bahwa semakin kecil panjang gelombangnya maka semakin banyak yang di hamburkan. Seperti yang kita lihat pada tabel diatas yang mempunyai panjang gelombang terpendek dari tujuh spektrun itu adalah biru, nila dan ungu. Bagi yang belum tau warna nila, nila itu adalah warna yang terletak di antara warna biru dan ungu.

Admin... Kenapa langit tidak berwarna ungu, jika ungu memiliki panjang gelombang yang lebih rendah?

Benar sih... Warna ungu itu memiliki panjang gelombang yang paling pendek dalam spektrum cahaya tampak. Namun disinilah peran dari mata kita mulai berkontribusi, Pada ingat tidak nih tentang bab sel saraf di pelajaran biologi, yang membahas bagaimana mata manusia dapat melihat. Sel kurucut pada mata kita ini berperan dalam menagkap warna, terlebih lagi nih mata kita lebih sensitif dengan warna biru dari pada warna ungu dan lainnya. Oleh karena itu kita dapat dengan mudah melihat warna biru ketimbang warna ungu ya.

Intensitas Cahaya Tampak | mort-sure.com

Selain faktor dari mata kita. Warna langit yang biru itupun juga di pengaruhi oleh kuantitas gelombang cahaya tampak itu sendiri loh. Sebernarnya warna biru itu memiliki kuantitas lebih banyak di bandingkan dengan warna ungu

Nah jadi taukan kenapa langit jadi berwarna biru khususnyanpada siang hari yang cerah

Kok Pada Sore Dan Pagi Hari Langi Berwarna Agak Jingga Atau Orange ?

Terkait dengan masalah ini, sering fenomena ini terjadi saat matahari hendak tenggelam dan terbit pada sore dan pagi hari, tepatnya ketika matahari mau menyentuh cakrawala. Langit berwarna jingga ini dikarenakan posisinya yang mendekati titik terandah sebelum menghilang di cakrawala, nah sobat pada posisi ini spektrum cahaya tampak dari matahari harus melewati atmosfer yang lebih tebal di karenakan oleh perbedaan sudutnya.

Hamburan Spektrum Cahaya Tampak | fiziklah.com
Saat spektrum cahaya tampak melewati atmosfer yang lebit tebal maka spektrun yang mempunyai panjang gelombang yang kecil seperti biru dan ungu akan terhambur sebelum sampai ke mata kita ya, sedangkan spektrun yang mempunyai panjang gelombang lebih panjang berhasil melewati atmosferbyang lebih tebah dan berhasil sampai ke mata kita.

Karena hal itu lah kenapa warna langit menjadi agak kemerahan atau berwarna jingga ketika pagi dan sore hari ya...

Akhir Kata

Menarik bukan sobat pembahasannya, caripengetahuan-id.com akan updates terus setiap hari demi menyajikan informasi yang menarik dan pastinya informatif dengan bahasa yang santai. Jika artikel ini membantu sobat dan sobat mempelajari hal baru hari ini bisa sobat follow blog ini untuk mendapatkan notifikasi artikel baru ya.

Jika terdapat kekurangan informasi pada penjelasan diatas, admin mohon berikan informasi yang perlu ditambahkan. Sobat bisa memberikan tambahannya di contact us atapun di kolom komentar.

nantikan ya sobat artikel artikel kami dan kami berharap artikel ini dapat menambah pengetahuan sobat apabila sobat mempelajari hal baru setelah sobat membaca artikel ini maka berikan kami like dan ikuti blog atau website ini ya.

Dan admin mau ngucapin terimakasih karena telah membaca artikel ini dan baca juga artikel kami yang lain ya

Dan jangan lupa jaga kesehatan sobat ya.... Bye .....Sampai Jumpa... Kita ketemu lagi di artikel admin selanjut ya.....

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.