Jangan malas baca, ya Telusuri!

Cerita Pendek : Masa Lalu Kapten Pelaut Yang Pernah DiSandera Disaat Sedang Berlayar

Masa Lalu Kapten Pelaut Yang  Pernah DiSandera Disaat Sedang Berlayar


Cerita Pendek - Novel sejarah
Cerita Ini Hanya Fiktif Belaka. Jika Ada Kesamaan Nama Tokoh, Tempat Kejadian Ataupun Cerita, Itu Adalah Kebetulan Semata Dan Tidak Ada Unsur Kesengajaan

Masa Lalu Kapten Pelaut Yang  Pernah DiSandera Disaat Sedang Berlayar

Masa Lalu Kapten Pelaut Yang  Pernah DiSandera Disaat Sedang Berlayar

Holla,Whats up guys!!! Kenalin nama gue Bagas Samudera Pramesta. You are bisa panggil gue bagas or gas, eheheh jan panggil gue gas deh letter kek gas elpigi dong wkwkwk. Panggil gue bagas aja, ocee.

Jadi gue mau cerita nih tentang masa muda gue dulu, ceelah masa muda nih…waktu umur gue 19 taun, masih muda kan iyaa dunk masih muda. Yaaa jadi sekitar 8 taun yang lalu  sekarang umur gue sudah berapa tuh itung sendiri lah wkwkw,ngga dech umur gue sekarang sudah 27 taun. Dimasa umur gue yang sekarang sudah 27 tahun, sekarang gue sudah jadi kapten pelaut dong hebat kuenn.”
 “Sudah-sudah perkenalannya yoayoo kita menceritakan masa lalu gue. Eh bukan kita  tapi gue sendiri yang mau cerita. Kan engga mungkin kita, kalian aja belum tau cerita gue masa mau cerita bereng. Oke yooo mulai bercerita.

Jadi dulu waktu umur gue 19 taun, gue sudah mulai ikut kerja diperusahaan bokap gue, gue engga langsung jadi kapten , ya masa mentang-mentang perusahaan punya bokap gue mau langsung enak nya aja , gue engga mau kek gitu,gue juga mau belajar bekerja dari nol, gue kerja diperusahaan bokap gue jadi anak buah kapal, diperusahaan milik bokap gue, yaa perusahaan bokap gue adalah perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia . Gue dulu jadi anak buah kapal (ABK) eheh! tapi biar lebih keren namanya kita ganti aja yaa namanya jadi Pelaut,whehehee.”

Yaa dulu gue  jadi seorang pelaut dan sekarang pun tetap sama tapi bedanya sekarang gue sudah jadi kapten pelaut bersama sahabat-sahabat gue. Dulu Kami sama-sama kerja diperusahaan bokap gue, jadi seorang pelaut. Kami bersahabat ber-empat, mulai dari kecil kami sudah sahabatan, cita-cita kami ber-empat pun sama yaitu sama-sama ingin jadi seorang Pelaut, tempat sekolah kami pun sama dari TK sampai kami sama-sama sekolah kejurusan pelayaran ternama diJakarta, agar kami bisa jadi pelaut yang handal, whehe.”

 stss!!… Kenalin nih sahabat-sahabat gue. Nama-nama sahabat gue, yang pertama Sendy Algifary dipanggil Sendy, ckckk namanya kek teman Spongebob yee, eits tapi inih bukan cewe yaa! dia itu cowo entah kenapa orangtua nya beri nama itu ke dia katanya sih nama gabungan ortunya, nama mamanya senja nama bokapnya wendi yaa kalo digabung jadi Sendy, hahaha lucu yee ortunya Sendy sampai kepikiran gitu beri namanya jadi Sendy. Stsss lupakan soal nama teman gue yang unpaedah bgt buat gue, terus nama sahabat gue yang kedua Libra Alvaro Hizkia ada-ada aja juga nama teman gue yang satu ini masa nama zodiak dijadikan nama. Selanjutnya nama sahabat gue yang ketiga yaitu  Virgo Putra Alatas inih juga sama aja namanya dengan Libra sama-sama pakai nama zodiak. Eh tapi mereka berdua bukan saudara yee mungkin aja kedua orang tua mereka bingung mau kasih nama apa yaa jadi yang simple tinggal beri nama anak mereka,pakai nama zodiak aja.wkwkwk,,,sykur dech nama gue normal-normal aja malah bagus bet lagi nama gue Bagas Samudera Pramesta nama sudah keren, orangnya juga ganteng,pintar apalagi kurang apalagi coba wkwkw canda deng, eh tp gue emang ganteng kok ngga percaya ya udah. Oke lupakan

Sorry yee dari tadi bilang nya ingin cerita  tapi malah perkenalan-perkenalan aja, malah memperkenalkan teman yang absurd yang gajelas bet wahwah jahat bet gue jadi teman. Yooo sudah lupakan soal nama-nama sabatan gue, mari gue bercerita .

 Ok jadi gue mau cerita, cerita yang engga pernah gue lupain didalam hidup gue,karena apa!? Karena gue masih ingat jelas tentang kejadian waktu itu, jadi  waktu umur gue 19 tahun, gue sudah mulai kerja bersama sahabat-sahabat gue, untuk pertama kalinya kami jadi seorang pelaut yang benar-benar terjun kelapangan karena  habis lulus dari sekolah pelayaran kami mulai bekerja diperusahaan pelayaran milik bokap gue.
Flashback On

Pada Hari Senin 12 juni 2012 adalah pelayaran pertama gue dan sahabat-sahabat gue, pelayaran pertama , kami menggunakan kapal milik perusahaan bokap gue yaa jelas kapal milik bokap gue orang kami kerja diperusahaan bokap gue, kapal yang digunakan bernama Gweboat Beahman Pram 18 dan Kapal tongkang Samdrial pram 14 yang membawa 8.000 ton batu bara  dan didalam kapal itu bukan cuma gue sama ke-tiga sahabat gue doang yang ada dikapal tersebut, tapi juga ada pelaut yang lain( ABK diperusahaan bokap gue)sekitar 4 orangan jadi di dalam kapal itu ada sekitar 8 orang, mereka be-empat lebih tua dari gue dan sahabat-sahabat gue,  mungkin umur mereka sekitar 30 tahunan, mereka orang yang cukup berpengalaman dan ahli dalam pelayaran.

Kapal kami berangkat dari Sungai Malaka, Kalimantan Utara bertolak ke Filipina Utara pada tanggal  12 juni 2012. Ketika kapal kami melintasi Laut natuna, kapal kami dikejar-kejar oleh para penjahat dengan menggunakan kapal cepat(speedboat).

Jujur gue rada takut saat para penjahat itu menyandera kapal yang kami naiki dan kami pun juga ditodong menggunakan senjata api dan senjata tajam. Dibawah todongan senjata, kami berdelapan tidak berkutik. Kapal bokap gue itu kemudian ditarik menggunakan perahu yang lebih kecil oleh penjahat itu, penjahat ituh tidak sedikit mereka sekitar 10 orangan. Dan kami ber8 pun juga disandera,. Kami dibawa dan disandera oleh para penjahat itu digudang kosong didekat laut Natuna daerah Mugolo(daerah yang jauh dari permukiman warga) perbatasan Indonesia dengan Filipina.”
“ kata orang perusahaan (orang yang ada diperusahaan bokap gue) katanya kapal kami hilang kontak pada hari Jum’at 16 juni 2012 ketika berada diwilayah kepulauan paling utara diselat karimata Riau, Indonesia. Dan setelah itu kapal kami tidak dapat terdeteksi lagi oleh perusahaan

Waktu itu saat kami disandera digudang kosong itu, gue mendengar salah satu dari mereka (penjahat yang menyandera kami ber8) menghubungi  pemilik kapal utama yaa jelas yang mereka telpon ituh bokap gue, yang gue dengar mereka meminta uang tebusan sebesar 100 juta Peso (setara dengan 28 miliar) untuk dipenuhi paling lambat hingga tanggal 20 Juli 2012. Enak banget tuh orang asal minta-minta uang aja sama bokap gue setelah 4 hari menyandera kami ber-8, dikira cari duit gampang apa mana banyak bet lagi minta nya, ngga kira-kira bet jadi orang, yang gue dengar sih bokap gue menyetujui dan akan mentransfer ke-rekening penjahat itu. Wahwah gue ngga mau dong enak aja minta cuma-cuma. Bokap gue juga asal setuju-setuju aja.mungkin karena bokap takut kami ber8 diapa-apain. Jadi bokap mau mentransfer. Karena gue ngga rela bokap gue asal transfer- transefer tuh uang ke-rekening mereka. Jadi gue berpikir bagaimana caranya agar bisa keluar dari tempat yang ngga banget ini bersama sahabat-sahabat gue, eh sebelum ini juga gue dan yang lainnya juga mencari cara gimana caranya biar keluar dari tempat ini. Dan yaa malam ini juga kami ber8 harus bisa keluar dari tempat ini, Sykur Allah memberikan otak yang encer pada gue jadi gue ngandalin nih otak untuk berpikir dengan cerdas dan dengan ide yang cermelang wkwkwk.

Katanya sih bokap gue mau transfer uangnya besok pagi, sykur deh  para penjahatnnya ngga sita Hp gue ,jadi gue bisa hubungi bokap gue, yaa tapi dengan cara sembunyi-sembunyi, kalo mereka sampai tau abis lah gue dibunuh ama mereka semua, idihhh ngga rela banget gue mati ditangan mereka, tanpa pikir panjang x lebar ceelah kek rumus matematika yaa, ok lupakan!! kembali ke misi gue sekarang, bagaimana caranya bisa kabur dari tempat inih dan menjebak para penjahat itu, Hal yang pertama yang gue lakuian  yaitu ngechat bokap gue untuk tidak mentransfer uang ke penyandera itu besok pagi, pertama bokap gue ngga setuju katanya bokap gue takut kalo kami kenapa-napa makanya bokap mau mentransfer, tapi gue bilang sama bokap kalo kami ber8 akan tetap baik-baik aja dan besok pasti akan kembali dengan selamat.

Jam  12.00 pm kami bergerak menjalankan misi agar bisa keluar dari tempat ini dan bebas dari penjahat itu, mereka  sudah tertidur semua sudah berlarut dalam mimpi-mimpi mereka. Oke karena kami melihat mereka sudah tertidur cukup pulas(semua penjahatnya),jadi kami akan keluar dari tempat ini, kami sudah tau tempat-tempat yang akan kami lalui agar bisa keluar dari sini, karena gue selama 4 hari disini sudah memikirkan lewat mana aja agar bisa keluar, oh yaa yang menjaga kami disini cuma 10 orang ceilah cuma, ituh sih banyak buanget kami pasti kalah yaiyalah kami cuma ber8 mereka ber10 tapi tidak apa, kami cukup berani biar bisa keluar dari tempat ini. Saat kami sedikit lagi keluar dari tempat yang ngga banget inih, salah satu dari mereka (penjahatnya) bangun dan yaaa kalian tauu sendiri, dia langsung bangunin teman-temannya yang lain  alhasil kami semua saling serang menyerang sykur lah mereka tidak menggunakan senjata saat menyerang kami, jadi kami saling serang menyerang menggunakan tangan kosong, sykur gue,sahabat-sahabat gue dan ke-4 pelaut itu, punya bela diri yang cukup hebat,ooh yaa sebelum kami berkelahi  inih, gue udah bilang ke bokab gue buat urusin masalah inih sama pemerintah Filipina dan kementerian Luar negeri Indonesia, bokap awalnya ragu tapi gue yakinin dan Alhamdullillah Pemerintah Filipin membantu dan gue udah sharelock tempat dimana kami disekap, pas banget saat itu juga aparat kepolisian Filipina datang  tepat waktu dan para penjahat itu dihukum sama pemerintahan mereka sendiri dan ketua dari mereka juga sudah ditangkap, syukur atas kejadian itu kami tidak ada yang menjadi korban jiwa dan  kami ber-8 dipulangkan keIndonesia dengan selamat. Dan kami tiba diIndonesia pada tanggal 21 Juni 2012.

Flashback Off

“ Yaa begitulah cerita naas gue bersama sahabat-sahabat gue, baru pertama kali berlayar sudah disandera aja kami, dan oh yaa gue mau bilang ternyata yang pernah nyandra gue dan sahabat-sahabat gue beserta pelaut yang tergabung satu kapal dengan gue waktu itu, waktu 8 tahun yang lalu ituh adalah musuh dari bokap gue,katanya sih  Dia tau gue akan berlayar dan melewati daerah situ, makanya Dia sudah menyusun rencana dan akan menangkap kapal yang gue bawa disaat kapal kami melintasi tempat yang sudah digaja-jaga sama anak buahnya . Gue sih juga baru tau, kalo yang nyandera gue waktu ituh adalah  musuh dari bokap gue,katanya sih perusahaan punya musuh bokap gue itu juga bergerak dalam bidang perlayaran  pelayaran juga, dan  katanya untuk permainan bisnis, karena ada gue didalamnya ,jadi dia Joel Khairos(musuh bokap gue) nyuruh anak buah nya buat nyandera gue,sahabat-sahabat gue dan juga pelaut yang bersama gue waktu itu dan kapal yang kami bawa juga disandera ,ceillah cuma urusan bisnis bisa membahayakan nyawa orang lain ,cara nya ngga banget. Dan oh yaa kenapa saat ituh dia tau kalo kapal punya bokap gue yang berlayar ,didalamya ada gue, karena dia punya mata-mata diperusahan milik bokap gue dan orang ituh orang kepercayaan bokap gue. yaa kaleann tau lah bokap gue marah banget dan langsung mecat tuh orang. Eh ngga langsung pecat aja tuh orang(pengkhianat diperusahaan bokap gue itu ) juga dimasukkan kepenjara karena bukan masalah ituh aja, tapi ternyata dia juga mengkorupsi uang perusahaan. Hiyahiyaa double bet dah hukuman penjaranya tuh orang ck kasiann.”

“ Dan sekarang setelah kejadian 8 tahun  silam terjadi, diperusahaan bokap gue tidak terjadi masalah-masalah lagi dan dipelayaran pun Alhamdullilah tidak terjadi  hal yang seperti dulu lagi. Dan sekarang gue sudah jadi kapten pelaut senang bangett gue, biarpun bokap maunya gue kerja dibagian Perusahaan aja tapi gue engga mau, gue lebih senang kerja dipelayaran, gue bisa melihat pemandangan-pemandangan laut apalagi saat gue berada ditengah laut, walau rasa takutan biasanya ada saat berada ditengah laut, tapi bagi gue ituh ituh menakjubkan, kapan lagi bisa lihat pememandangan yang indah, melihat perairan yang sangat luas ituh sangat menyenagkan bagi gue.”

“ Sudah dulu yaa ceitanya…maaf apabila dalam  pengetikan ceritanya masih banyak typo-typo”



~~TAMAT~~

Pengarang Tidak mau disebut
Instagram Tidak mau disebut

About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.