Jangan malas baca, ya Telusuri!

Ternyata Mandi air panas atau mandi air dingin punya masing masing manfaat yang bagus loh!

Mana yang Lebih Bagus Mandi Air Panas dan Air Dingin 


Hai sobat pengetahuan gimana nih kabar sobat sekalian? Baik aja kan, sama mimin juga baik baik aja kok (gak nanya) hihihi.

Kali ini mimin mau tanya, apa sobat pernah mandi dengan air panas atau air dingin? Hmm pastinya dong. Lalu apa sobat pernah berpikir manfaat dari mandi air dingin dan air panas? 

Masing-masing baik air panas maupun air dingin ternyata punya manfaat positif yang luar biasa loh sobat, bahkan salah satu manfaatnya juga bagus untuk kesehatan tubuh bagian dalam dan bagian luar. 

Nah sobat, kali ini mimin akan bagikan 5 manfaat mandi air dingin dan 5 manfaat mandi air panas, cekidot.

5 Manfaat Mandi Menggunakan Air Panas


Ayo ngaku disini siapa yang suka mandi menggunakan air panas saat pagi hari hihihi. Biasanya pada pagi hari khususnya untuk anak sekolah pasti males banget kan mandi karena dingin. Nah solusinya iyalah menggunakan air panas hihihi. 

Bagi sobat yang sering mandi air panas pada pagi hari, berikut 5 manfaat mandi air panas. 

1. Mengurangi kelelahan

Mandi menggunakan air panas dapat meningkatkan aliran darah dan juga meredakan kelelahan otot. Air hangat membuat sendi dan otot kita menjadi lebih relax pada saat mandi maupun sesudah mandi air panas.

Siapa sangka nih sobat jika mandi air panas bisa menghilangkan lelah atau pegal pegal ditubuh. Mandi air panas biasanya dilakukan disaat pulang sekolah, kerja ataupun setelah melakukan aktivitas yang membuat badan kita merasa lelah dan pegal.

2. Mengurangi sakit kepala

Ternyata manfaat lainnya dari mandi air panas bisa meredakan sakit kepala loh sobat. Ini merupakan solusi yang bagus buat kalian nih sobat yang tidak mau minum obat, kalian bisa lakukan mandi dengan air panas. Tapi, gak sembuh total ya sobat hanya mengurangi sakitnya.

Cara kerjanya saat mandi air panas, uap air dari air panas akan terhirup sebagai dekongestan alami dan juga dapat melancarkan sirkulasi darah menuju otak.

3. Mengencangkan otot-otot

Nah sobat mandi dengan air panas juga bisa mengencanglan otot otot kita loh sobat. Kalian bisa mandi menggunakan air panas saat sehabis berolahraga. 

Tetapi, setelah berolahraga jangan langsung mandi dulu yah sobat karena bisa berbahaya dan dapat merusak kulit. Jadi, tunggu beberapa jam untuk mandi.

4. Meredakan hidung tersumbat

Siapa nih yang sakit flu terus hidungnya tersumbat hihihi, pasti gak nyamankan dengan hidung tersumbat. 

Nah ternyata dengan mandi menggunakan air panas dapat meredakan hidung tersumbat loh sobat. Jadi, uap air pada air panas dapat membantu mengencerkan ingus pada hidung hihihi. 

5. Membuka pori-pori dan membersihkan kulit

Nah sobat manfaat yang terakhir dari mandi air panas iyalah dapat membuka pori pori dan membersihkan kulit.

Saat kita mandi air panas. Maka, air panas tersebut akan membuat pori pori kamu terbuka. Saat pori pori terbuka maka, kotoran kotoran dan minyak yang ada didalam kulit akan mudah terkeluar. Tak hanya itu ternyata mandi air panas juga bisa buat kulit kamu lebih lembut dan kenyal loh sobat hihihi.

5 Manfaat Mandi Menggunakan Air Dingin


Tadi udah bahas manfaat manfaat air panas dan sekarang giliran team mandi air dingin nih sobat, ayoo mana suaranya hihi.

Mandi air dingin memang banyak disukai oleh banyak orang apalagi suhu di negara Indonesia sendiri cukup panas pada siang hari. Dengan mandi air dingin maka tubuh kita akan merasa lebih segar. 

Tidak hanya dapat menyegarkan mandi air dingin juga memiliki manfaat lainnya loh sobat. Nah, berikut 5 manfaat mandi air dingin.

1. Mencegah flu

Apakah sobat sering terkena flu? Pasti lah mimin juga sering kok hihihi. Nah apa sobat tau jika mandi air dingin dapat mencegah flu atau malah kalian berpikir mandi air dingin bisa membuat flu? Hihi.

Jadi, fungsi mandi air dingin sangat bagus untuk mencegah kita terhindar dari serangan flu. Pernyataan ini dibuktikan oleh penelitian di Belanda jika air dingin mampu memberikan perlindungan dan kekebalan pada suhu tubuh. 

2. Mengencangkan kulit 

Bagi sobat yang mau kulitnya kencang, kalian bisa nih mandi dengan air dingin karena salah satu manfaatnya bisa mengencangkan kulit. 

Tetapi jangan salah ya sobat, efek dari mandi air dingin ini hanya sementara untuk mengencangkan kulit karena air dingin menyimpitkan aliran darah dan buka mempersempit pori pori.

Tapi jangan khawatir dengan efek sementara itu karena air dingin mampu membantu sobat memerangi masalah kulit dan jantung.

3. Mengurangi ketegangan dalam pikiran

Pasti sobat pernah merasa depresi dan memikirkan banyak hal didalam pikiran sehingga membuat kepala menjadi pusingkan.

Nah, ternyata mandi air dingin bisa meredakan gejala depresi juga loh sobat. Jadi, air dingin mengaktifkan sistem sarap simpatik dan meningkatkan norepinefrin dan endorfin yang bisa mengurangi defresi.

4. Merangsang sistem kekebalan tubuh

Manfaat lainnya dari mandi menggunakan air dingin iyalah menjadikan sistem kekebalan tubuh kita menjadi kuat loh sobat.

Jadi, menurut penelitian mandi air dingin akan memperkuat sistem imun pada seseorang dan juga orang yang sering mandi air dingin maka, proses penyembuhan dia dari sakit akan lebih cepat dibanding mandi dengan air panas.

5. Mempercepat metabolisme

Siapa sangka jika mandi menggunakan air panas juga bisa mempercepat sistem metabolisme pada tubuh loh sobat.

Jadi, mandi dengan air dingin membuat tubuh kita bekerja dengan keras karena metabolisme kita bekerja untuk tetap mempertahankan suhunya stabil meskipun menggunakan air dingin.

Akhir kata

Nah sobat, itulah manfaat masing masing dari mandi air panas dan mandi air dingin. Dari penjelasan diatas semoga bisa bermanfaat bagi sobat pengetahuan sekalian ya.

Kali ini mimin mau pamit nih hihihi, terimakasih sudah membaca artikel dari mimin dan jangan lupa ikuti terus blog caripengetahuan-id karena mimin akan terus upload artikel artikel yang bermanfaat lainnya. Cyaa.

About the Author

Tak Disebutkan

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.