Jangan malas baca, ya Telusuri!

Pengalaman Saya Bersekolah Di SMA Al Mazaya Islamic School Banjarmasin Dan Fakta Fakta Uniknya. Special Edition : Review SMP & SMA Al Mazaya Islamic School Banjarmasin.

Hallo sobat pencari pengetahuan dimana pun sobat berada, kembali lagi bersama admin di Caripengetahuan-Id.com. Bagaimana kabar sobat hari ini ? saya doakan selalu dalam keadaan yang baik saja ya dan pastinya sehat selalu ya. Nah pada artikel edisi hari ini kami menerbitkan artikel yang tentunya spesial. Untuk yang pertama kalinya Caripengetahuan-Id.com menerbitkan "real experience" khususnya pengalaman adminnya bersekolah

Gif Source: Pinterest

Dengan admin menerbitkan artikel ini, admin tidak ada sidikitpun niatan untuk menyinggung ataupun menyudutkan pihak pihak tertentu dan tujuan admin disini adalah untuk berbagi pengalaman dan sebagai rujukan kalau suatu saat sobat ingin mendaftar dan bersekolah di SMA Al Mazaya Islamic School Banjarmasin.

Artikel ini Admin terbitkan Dan perbaharui pada tanggal 29 Agustus 2020. Kalau ada perubahan secara konstruksi ataupun sistem pembelajaran admin mohon maaf karena artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman admin sebelum tanggal 29 Agustus 2020 ya. Dan admin akan perbaharui artikel ini jika ada perubahan tersebut.

Pada penasaran ya bagaimana pengalaman admin di SMA Al Mazaya Islamic School Banjarmasin. Yuk kita lihat secara mendetail

Ada yang penasaran tidak nih di mana lokasi SMA Al Mazaya ? Oke, lokasi sekolah ini terletak di Jalan Cempaka Besar No 57, Kelurahan Mawar, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia. Sekolah ini termasuk ke dalam Kategori Private School Atau Non-Goverment. Kalau sobat tidak tau ataupun tidak paham apa itu private school bisa sobat cari sendiri di penelusuran google ya, banyak kok.


SMA Al Mazaya terbilang masih muda, SMA ini didirikan pada tanggal 7 Agustus 2017 dan pada tanggal 12 Desember 2017 SMA ini mengantongi izin operasional. Terlebih lagi SMA Al Mazaya Mendapatkan akreditasi A. Pada tau tidak siapa mendirikan SMA ini ? SMA Al Mazaya Merupakan kelanjutan Dari SMP Al Mazaya yang didirikan 2 tahun sebelumnya, SMA Al Mazaya didirikan oleh H. Taupik Hidayat, MM dan Hj. Sri Erliani, MM, M.Mkes. SMA ini berdiri dibawah nauangan Yayasan Swadaya Insan Cendikia.


Logo Al Mazaya Islamic School | almazayaislamicschool.sch.id

Menurut website SMA Al Mazaya Islamic School Berfokus pada tiga bidang dalam pengembangan sistem pendidikannya yaitu Agama Islam, Bahasa Inggris dan juga Teknologi 

Nah sekarang sobat sudah mengetahui hal hal yang mendasar tentang SMA Al Mazaya ya. Yuk kita akan membahasnya lebih dalam ya.

Admin Tau Tidak Bagaimana Alur Pendaftaran Di SMA Al Mazaya Islamic School Banjarmasin ?

Hmmmm, kalo masalah ini sih admin tidak terlalu tau ya soalnya admin menyambung ke SMA Al Mazaya karena admin merupakan alumni dari SMP Al Mazaya. Jadi saat admin mau masuk ke SMA Al Mazaya, admin hanya di minta untuk daftar ulang. Dan kebetulan admin mendapatkan beasiswa dari Yayasan Swadaya Insan Cendekia jadi admin tidak tau caranya dan tidak tau bagaimana mengurus masalah pembayaran ya.

Oh iya jika kalian sobat pembaca mempunyai informasi terkait dengan pertanyaan ini bisa langsung berikan informasinya di kolom komentar atau kontak kami di Contact us.

Admin mohon maaf ya karena tidak bisa membahas secara medetail mengenai alur pendaftaran disini, jika ada teman admin ataupun pihak yang mengetahui tentang ini, akan admin perbaharui kok artikel ini.

Tapi jika kalian ingin tau jauh lebih lengkap bisa mengunjungi website SMA Al Mazaya di link berikut: SMP & SMA Al Mazaya Islamic School

Admin, Apa Saja Sih Fasilitas Yang Terdapat Di SMA Al Mazaya Islamic School Banjarmasin ?

Jika kita bandingkan dengan sekolah lain, SMA Al Mazaya memiliki fasilitas yang sangat menunjang kegiatan pembelajaran siswa dan siswinya. Mohon maaf ya sebelumnya ya sobat, admin tidak bermaksud menyudutkan sekolah lain kok. 

SMA Al Mazaya memiliki 6 kelas, kelas 10 dua kelas yang terbagi jadi 10-Science dan 10-Social sampai seterusnya. Al mazaya juga memiliki konsep kelas yang exclusive yang terinspirasi dari ruang kelas pembelajaran di universitas.

Keadaan kelas saat sepi 

Di dalam ruang kelas nih terdapat satu white board atau papan tulis yang putih, terdapat sekitar 25 meja dan kursi, terdapat satu pendingin ruangan dan yang paling membedakan dari sekolah yang pernah admin kunjungi adalah lantainya yang ditutupi oleh karpet.

Didepan kelas terdapat satu wastafel atau tempat cuci tangan. Oh iya hampir lupa setiap siswa mendapatkan satu loker, nah lokernya ini diletak kan di bawah white board. Dan juga di setiap kelas terdapat meja guru yang diatasnya terdapat satu komputer, speaker, dan juga tempat spidol (marker). Dan juga di kelas ini terdapat satu Lcd Projector yang dapat digunakan jika ingin melakukan presentasi

Didekat papan tulis itu terdapat sekitar 10 Alqur'an jika sobat ingin membaca Alqur'an pada waktu istirahat.


Laboratorium Fisika Dan Kimia

SMA Al Mazaya memiliki 2 laboratorium yang pertama adalah laboratorium biology yang terletak di lantai 3 dan laboratorium kimia dan fisika yang terletak di lantai pertama. 

Tapi sekarang sih SMP dan SMA Al Mazaya Islamic School sedang di renovasi secara keseluruhan nih sobat, jika SMP dan SMA Al Mazaya Islamic School sudah di renovasi pasti akan admin upload ulang lagi artikel ini.

Sepertinya sih untuk konsep bangunanya sekarang Al Mazaya lebih kepada penghijauan dan juga modern school 

Bagaimana Sistem Pendidikan Dan Kurikulum Yang Di Pakai SMA Al Mazaya Islamic School Banjarmasin.

Sistem pendidikan di SMA Al Mazaya itu sih sebenarnya hampir sama dengan sekolah lain tapi ada sedikit perbedaan yang mencolok. Di SMA Al Mazaya sendiri memakai kurikulum 2013 revisi, tapi nih yang tidak kalian temui di sekolah lain adalah di SMA Al Mazaya pembagian raport di laksanakan 4 kali dalam setahun. Jadi dalam setahun itu kita harus menghadapi 4 ulangan yaitu: Ulangan tengah semester 1, Ulangan akhir semester 1, Ulangan tengah semester 2 dan Ulangan akhir semester 2.

Setiap selesai ulangan itu biasanya guru di Al Mazaya itu mengadakan kegiatan remedial gitu supaya menambah nilai nilai siswa dan siswi yang kurang. Biasanya sih lama pengadaan remedial ini mulai dari dua hari sampai satu minggu, hal ini tergantung berapa banyak siswa ataupun siswi yang nilai rendah atau bisa dibilang di bawah standar. Nah jika kegiatan remedial ini dilaksanakan dengan cepat atau siswa siswi yang mendapatkan nilai yang dibawah standar itu sedikit, jadi waktu diadakannya remedial itu bisa satu hari saja atau bahkan dua hari.

Suasana Disaat Ulangan Tengah Semester

Nah jika kegiatan remedial ini sudah selesai. Kalian tau apa lagi kegiatan yang akan diadakan ? yups......Betul sekali, Class Meeting. nah di kegiatan class meeting ini akan diadakan beberapa perlombaan, jujur saja ya, hal ini yang sering admin tunggu loh. Bagi yang belum tau nih apa itu class meeting ? Kalo secara definisi sih admin tidak tau secara jelas. tapi yang pasti itu kegiatan ini mengadakan lomba antara kelas gitu mulai dari SMP dan juga SMA. Nanti setelah selesai, akan di umumkan kelas apa yang menang dan mereka mendapatkan trophy dan juga bingkisan.

Jadi sobat bukan hanya class meeting yang sering diadakan setelah ulangan tapi bisa juga Field Trip. jadi field trip ini kegiatan seperti jalan jalan gitu sobat. kegiatan field trip terakhir yang dilaksanakan sebelum pandemi itu ke Pantai Angsana. Admin akan membahas banyak program di bagian selanjut ya.

Kita kembali ke sistem pendidikan ya sobat, jadi jadwal pelajaran di SMA Al Mazaya itu sangat padat tapi ada hari yang mata pelajarannya itu sepi sobat, bisa dibilang sih tergantung hari ya.....program pembelajaran di SMA Al Mazaya itu tergantung kelas sobat. nah jadi setelah admin menjadi siswa di SMA ini, sobat akan disuruh milih mau ke kelas ipa atau ips nih. Jika kalian milih program kelas ipa kalian tidak bisa pindak ke kelas ips. ettssssss.... Jangan cemas dulu ya sobat, ada kok teman admin yang sebenarnya di itu sudah memilih program kelas ips tapi ternyata tidak lama dia pindak ke program kelas ipa.

Program kelas disini maksud admin adalah jurusan, misalnya program kelas ips berarti kelas dengan jurusan ips. Maksud admin menambahkan keterangan diatas supaya sobat tidak salah paham saat membaca ya. Kebetulan nih sobat admin masuk program kelas ipa, saat ini admin di kelas 12-Science, sebentar lagi lulus ya........aaaaaaa tidakkkkkk.

Sekarang kita akan membahas mata pelajaran yang diajarkan di SMA Al Mazaya. sebenarnya sih sobat, banyaknya mata pelajaran itu tergantung kelasnya. Misalnya nih sobat adminkan di kelas 12, jadi admin punya sekitar 19 mata pelajaran yang harus admin pelajarin setiap minggunya. Whattttt !!!......Tenang sobat, tidak sulit kok. Mau tau apa saja 19 mata pelajaran tersebut ? Admin akan sebutin satu satu ya : Math Peminatan, Kimia, Sejarah Indonesia, Tahsin, Ilmu Fiqih, Kajian Islam, Bahasa Indonesia, Muhadarah, Tahfidz, Biologi, Hadist Sains, Bahasa Inggris, English Self Development, Pendidikan Kewarganegaran, Math Wajib, Fisika, Olahraga, Tafsir Sains, IT dan Science Technology.

Di bawah sudah admin buatin tabel perbedaan mata pelajaraan berdasarkan kelas ya.

Yang pertama ini tabel mata pelajaran untuk kelas ipa (science)
Kelas 10-ScienceKelas 11-ScienceKelas 12-Science
Math WajibMath WajibMath Wajib
Math PeminatanMath PeminatanMath Peminatan
KimiaKimiaKimia
FisikaFisikaFisika
BiologiBiologiBiologi
EnglishEnglishEnglish
B.IndonesiaB.IndonesiaB.Indonesia
Sejarah IndonesiaSejarah IndonesiaSejarah Indonesia
Civic (Pkn)Civic (Pkn)Civic (Pkn)
English SelfDevelopmentEnglish SelfDevelopmentEnglish SelfDevelopment
Ilmu FiqihIlmu FiqihIlmu Fiqih
Science TechScience TechScience Tech
TahsinTahsinTahsin
Kajian IslamKajian IslamKajian Islam
Tahfizh Alqur'anTahfizh Alqur'anTahfidz
Tahfizh HadistTahfizh HadistMuhadarah
Sirah IslamiyahHadist SainsHadist Sains
Olahraga (Sport)Olahraga (Sport)Olahraga (Sport)
-Tafsir SainsTafsir Sains
IT (Youtube)IT (Website)IT (Robotik)
Aqidatul AhklaqAqidatul Ahklaq-

Dan yang kedua ini adalah mata pelajaran untuk kelas ips (social)
NomorKelas 10-SocialKelas 11-SocialKelas 12-Social
1.MatematikaMatematikaMatematika
2.SejarahSejarahSejarah
3.EnglishEnglishEnglish
4.GeografiGeografiGeografi
5.EkonomiEkonomiEkonomi
6.OlahragaOlahragaOlahraga
7.SosiologiSosiologiSosiologi
8.B.IndoB.IndonesiaB.Indonesia
9.Civic (Pkn)Civic (Pkn)Civic (Pkn)
10.English SelfDevelopmentEnglish SelfDevelopmentEnglish SelfDevelopment
11.Aqidatul AkhlaqAqidatul AkhlaqMuhadarah
12.Tahfizh Alqur'anTahfizh Alqur'anTahfizh Alqur'an
13.Tahfizh HadistTahfizh HadistTahsin
14.TahsinTahsinHadist Sains
15.Sirah IslamiyahHadist SainsIlmu Fiqih
16.-Tafsir SainsTafsir Sains
17.Kajian IslamKajian IslamKajian Islam
18.--Kewirausahaan berbasis IT
19.Management TechManagement TechManagement Tech
20.IT (Youtube)IT (Website)IT (Robotik)
21.---

Hmmmm.. Kebanyakan mata pelajaran tersebut berfokus ke pendidikan agama ya. Tentu saja sobat kan namanya saja Islamic School

Tabel diatas merupakan jumlah mata pelajaran per minggu dan rata rata siswa dan siswi di SMA Al Mazaya mendapatkan 5 mata pelajaran per hari. Dan satu jam pelajaran di SMA ini adalah selama 45 menit. SMA ini menerapkan full day jadi siswa dan siswi di harus masuk pada jam 7.15 wita untuk jam pelajaran pertama dan jam pelajaran terakhir berakhir pada jam 15.30 wita.

Kegiatan Upaca Bendera Setiap Senin Di Akhir Bulan.

Jadi setiap hari senin menuju akhir bulan SMA Al Mazaya mengadakan upacara bendera yang di ikuti oleh siswa dan siswi dari SMP, SMA Al Mazaya Dan Juga siswa dan siswi dari SMK Maestro. Tapi admin masih ragu nih apakah kalian sudah paham yang admin masuk "hari senin menuju akhir bulan" ?

Tanggal Pada Bulan Juli 2020
Jadi misalkan bulan ini adalah bulan juli ya, jadi upacara bendera akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juli karena pada tanggal itu merupakan hari senin terakhir pada bulan itu. Tapi kalo di SMK Maestro upacara bendera akan di laksanakan setiap hari senin.

SMA Al Mazaya memiliki 2 kali jam Istirahat. Jam istirahat pertama dilaksanakan pada jam 10.15 sampai 10.45 jadi hanya 30 menit sedangkan jam istirahat kedua itu pada jam 12.20 Sampai Jam 13.15 jadi sekitar 55 menit. Kenapa istirahat kedua ini lebih panjang dari istirahat pertama ? Hal ini karena Istirahat ini juga di peruntukan untuk melakukan Sholat zuhur.

Apakah guru guru di SMA Al Mazaya sering masuk di jam pelajarannya ? Jika kalian menginginkan jam kos yang banyak. Admin pikir ini tempat yang salah. Guru guru di SMA Al Mazaya selalu masuk pada jam pelajaran meraka. Lalu bagaimana kalau guru guru tersebut mempunyai urusan yang mendesak ? Etssss jangan berharap jam kos (free time) dulu ya, walaupun guru sedang berhalang masuk tapi tugasnya tidak berhalangan ya, jadi jika gurunya tidak bisa masuk pada jam pelajaran tersebut biasanya akan di berikan tugas latihan ataupun tugas merangkum pelajaran yang diberikan sebelumnya.

Setelah tiga bulan melaksanakan program pembelajaran, siswa dan siswi akan di hadapkan dengan ulangan tengah semester ataupun ulangan akhir semester. Dan yang terakhir adalah pembagian raport. Apakah sobat penasaran bagaimana sih bentuk dan tampilan raport yang ada di SMA ini ? Tenang sobat kita akan bahas kok di paragraf berikutnya.

Jadi saat pembagian raport itu siswa dan siswi mendapatkan dua raport : yang pertama adalah raport hasil pembelajaran dan yang kedua iyalah raport hasil program tahfizh alqur'an

Nah kali ini kita tidak akan membahas raport hasil program tahfizh, tapi kita akan membahas mengenai apa saja yang isi yang terdapat pada raport hasil pembelajaraan dan bagaimana bentuknya ? Hmmmm. Pada penasaran ya, yuk kita bahas secara mendetail.

Karena sekarang siswa dan siswi di wajibkan melakukan pembelajaran secara online, jadi kegiatan pembagian raport pun di lakukan secara online juga tapi dalam bentuk dokumen yang berformat pdf. Jadi pada raport hasil pembelajaran itu di bagian pertamanya iyalah laporan sikap siswa. Nah jadi predikatnya itu seperti "kurang, baik atau sangat baik" di nilai dari sikap sobat sehari hari misalnya untuk sikap spritual, itu dinilai dari seberapa tepat waktu sobat melakukan sobat, seberapa sering sobat puasa senin kamis (pada hari senin dan kamis sering ditanyain siswa siswi siapa saja yang berpuasa), Sering jadi imam waktu sholat ataupun sering azan jika waktu sholat telah tiba.
Dan untuk predikat dari sikap sosial itu dinilai bagaimana sobat bersosialisasi seperti seberapa disiplin kah sobat, seberapa percaya dirikah sobat, dan juga apakah sobat adalah sosok yang senang bersosialisasi. Nah sebenarnya ya nilai ini di catat gurunya setiap hari secara diam diam dan waktu pembagian raport akan disampaikan ke orang tuanya masing masing.

Nah setelah bagian pertama ada bagian yang kedua, di bagian kedua ini berisi nilai siswa tapi dari segi pengetahuan, nilai pengetahuan ini didapat dari perjumlahan nilai latihan harian + nilai ulangan harian + nilai ulangan tengah ataupun akhir semester. Terus nilai tersebut di rata ratakan.

KKM yang terdapat di samping nilai itu terus meningkat seiring sobat naik kelas, misalnya untuk pelajaran matematika untuk kelas 10 memiliki KKM 75 maka untuk kelas 11 matematika memiliki KKM 76. Disamping itu ada huruf alphabet yang dinamakan ssbagai predikat nah predikat disini ini bisa di bilang untuk menggabarkan apakah nilai sobat itu masuk ke kategori A, B, C ataupun D.

Predikat ini tergantung oleh KKM jika KKM nya tinggi maka semakin susah untuk mendapatkan nilai A. Disebelah predikat itu ada yang namanya deskripsi, di deskripsi ini akan menjelaskan sobat itu mendapatkan nilai A dalam hal apa. Misalkan admin medapatkan nilai kimia A berarti admin memiliki kempuan yang sangat baik dalam menganalisis sifat larutan asam basa dan pH larutan dan menganalisis penerapan sifat koloid dalam kehidupan sehari hari.
Untuk bagian ketiga iyalah nilai keterampilan, sebagaimana nilai pengetahuan nilai keterampilan di dapat dari nilai sobat berpresentasi didepan kelas, nilai saat melakukan percobaan dan nilai jika sobat dapat menjelaskan ketika guru sedang memberikan pertanyaan. Nah dibawah tabel nilai keterampilan ini, ada tabel predikat yang menyatakan nilai sobat masuk dalam kategori yang mana.

Oh iya sobat dalam melaksanakan ulangan tengah ataupun akhir semester, siswa dan siswi menggunakan moodle untuk mengerjakan soal ulangan nya sobat. Sebelum ulangan itu dilakukan siswa dan siswi diberikan kartu ujian yang berisikan username, password dan juga hal yang lainnya jika siswa dan siswi sudah melakuakan pembayaraan pada bulan tersebut.

Tapi disaat pandemi seperti sekarang ini kegiatan ulangan harian dan ulangan tengah ataupun akhir semester di laksanakan di Virtual Class. Jika kalian para pembaca penasaran mengenai bagaimana sih tampilan di virtual class itu bisa kunjungi link berikut : Virtual Class SMP Dan SMA Al Mazaya

Didalam nya terdapat list mata pelajaran masing masing kelas, misalkan kita mengklik mata pelajaran matematika di dalamnya itu terdapat Attendance dan juga Modul Pembelajaran. Didalam attedence itu kita di suruh untuk mengisi absensi, apakah kita hadir, sakit, izin atau alfa (tidak masuk). Jadi guru dapat mengisi data kehadiran siswa dan siswi lewat sini

Selain Virtual class SMA Al Mazaya mempunya Portal Laporan Kegiatan Ibadah. Jadi didalam portalnya ini kalian disuruh mengisi apakah kalian sudah shalat zuhur atau apakah kalian sudah membaca al quran dan hal semacam itu. Nantinya keaktifan siswa dalam melakukan ibadah ini akan diberikan nilai dan selajutnya nilai tersebut akan dibuat di dalam raport. Jika kalian penasaran bagaimana tampilan portal ini bisa kunjungi link berikut : Portal Laporan Ibadah

Oke nih ada sedikit informasi yang ingin admin tambahkan. Jadikan SMA Al Mazaya menerapkan sistem full-day maka mulai dari hari senin sampai hari jum'at siswa diwajibkan datang pagi dan pulang pada sore hari dan pada hari sabtu itu ada beberapa kegiatan pengembangan siswa.

Jadi pada hari sabtu itu kegiatannya tiap minggu berbeda, tapi kegiatan nya itu sudah terjadwal. Sebenarnya hari sabtu itu ada beberapa kegiatan diantaranya: Club (Math Club, Physics Club, Chemistry Club, Geography, Club, dll), Enrichment (Math Enrichment, Physics Endichment, dll), Kesenian Dan Kewirausahaan.

Kegiatannya itu tidak dilaksanakan secara bersamaan ya, melainkan bergiliran setiap minggunya. Misalkan pada minggu pertama bulan ini adalah club math Dan math enrichment, minggu kedua adalah kewirausahaan, dan seterusnya.

Apakah kalian penasaraan apasih yang dipelajari di kegiatan club dan enrichment ? Dan siapa saja sih yang masuk club dan enrichment itu ? Oke kegiatan club itu adalah kegiatan pengembangan diri bagi siswa yang memiliki nilai yang tinggi di mata pelajaran bersangkutan misalnya admin memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik di matematika maka admin akan dimasukkan guru matematika ke dalam club matematika. Nah di club ini kita akan membahas bab selanjutnya yang akan dipelajari ataupun latihan soal untuk mempersiapkan olimpiade.

Kalau kegiatan enrichment itu di peruntukan bagi siswa siswa yang memiliki nilai yang kurang dalam mata pelajaran yang bersangkutan. Admin disini tidak untuk menyinggung apalagi untuk menyudutkan siswa siswa tertentu ya, setiap siswa itu memiliki bakat dan cita citanya masing masing ya. Kembali kepembahasan ya jadi di kegiatan enrichment itu mengulang bab yang sudah dipelajari.

Selanjutnya ada kegiatan kewirausahaan, di kegiatan kewiraushaan ini kita di beri tugas untuk membuat model bisnis berupa produk ataupun jasa. Secara simpelnya itu kita disuruh membuat bisnis kita sendiri entah itu mau jualan pisang goreng ataupun kue yang mau dijual. Jadi nanti modal, strategi pemasaran dan juga penghasilan di buat dalam bentuk makalah dan makalah nya itu dikumpul ke guru yang bersangkutan. Kalo admin sendiri kemarin admin memilih model bisnis bidang jasa yang menawarkan sebagai penyedia informasi, menulis artikel, backlink pada website/blog.

Yang selanjutnya ada kegiatan kesenian, di dalam kesenian ini biasanya siswa dan siswi disuruh membuat suatu produk yang memiliki nilai seni, contohnya kemarin kita disuruh membuat replika pulau jawa dari batik dan waktu admin kelas 10 admin disuruh melukis diatas piring dan admin pun melukis sosok perempuan yang sedang menggendong bayi.

Apa Saja Kegiatan Dan Program Yang Di Adakan Oleh SMA Al Mazaya Islamic School ?

Dalam pandangan admin pribadi, SMA Al Mazaya ini adalah sekolah yang menarik. SMA Al Mazaya adalah sekolah islam yang lebih menfokuskan ke bidang Agama Islam, Bahasa Inggris dan Teknologi jadi banyak progran ataupun kegiatan yang menonjolkan ataupun mengasah kemampuan siswa siswinya dalam tiga hal diatas. 

Jadi menurut admin program yang hanya ada di SMA Al Mazaya adalah program overseas, tapi nih admin belum tau kalo di sekolah lain itu ada atau tidak nya program ini. Bagi para pembaca yang punya informasi tentang program serupa di sekolah lain bisa di tambahkan informasi tersebut di kolom komentar, nanti akan admin perbaharui kok artikel ini.

Jadi program overseas adalah program studytour gitu yang pilihan tempatnya itu tergantung sekolah yang saya tau ya pilihan negara tujuannya itu mulai dari Singapura dan Malaysia, Australia, Turki, Serta Banjarmasin. Nah program ini diadakan pada tahun kedua atau tepat pada saat kelas 11 sekitar bulan agustus-september. kemarin nih waktu kelas 11 admin tidak ikut program overseas hanya beberapa teman admin yang ikut. nah waktu kelas 11 kemarin itu program overseasnya ke Turki sobat, nanti kalo ada kesempatan akan admin wawancara teman admin yang ikut itu ya supaya sobat tau bagaimanasih program overseas itu. Tapi admin juga pernah ikut program overseas waktu SMP ke Singapura dan Malaysia, nanti deh admin bagi pengalamannya di artikel selanjutnya jadi stay tuned aja ya

Overseas Program Pada Tahun 2019 | Di Turki

Selain overseas nih Al Mazaya juga program unggulan yaitu Super Camps. Bagi yang tidak tau super camps itu apa ? Jadi sebenjarnya super camps itu adalah kegiatan bermalam disekolah yang diadakan di Al Mazaya setiap satu tahun sekali. Super camps ini diadakan selama 5 hari jadi misalnya dari senin sampai juma't dan biasanya dilaksanakan pada pertengahan bulan desember. di dalam super camps ini dibagi lagi kebeberapa bagian, seperti science camps, islamic camps, math camps dan english camps.

Pelaksanaan dan kegiatan dalam super camps ini berbeda sobat setiap tahunnya, waktu admin kelas 11 nih super camps itu dilaksanakan pada pertengahan desember

Pada hari pertama super camps itu adalah english camp yang mewajibkan pesertanya berbicara bahasa inggris seharian dan jika melanggar akan di kenakan konsekuensi, di english camp ini kita seperti main game, jadi dibuat seperti post post gitu, jadi kita di bagi ke beberapa tim dan kami harus cepet cepetan untuk menyelesaikan gamenya dan siapa yang dulu an itu yang menang. Hari kedua itu kalau tidak salah ada math camps.

Kegiatan yang ada di math camps itu main game seperti cerdas cermat gitu sobat. dan hari selanjutnya ada science camp. Menurut admin sendiri sih science camps ini merupakan camp yang paling asik dibandingkan dengan camps yang lain. Kegiatan yang ada di science camps adalah kita melakukan eksperimen dan mencatat hasil laporan eksperimen. Praktikum yang ada di science camps ini di bagi tiga yang pertama adalah kimia, yang kedua biologi dan yang terakhir adalah fisika.

Laboratorium Biologi 

Pada mata pelajaran biologi kita melakukan pembedahan pada katak sobat, jadi kita itu seperti mengamati organ organ pada katak, juga mengukur kapasitas pernapasan manusia dan mengetahui kandungan giji pada berbagai makanan, Kalo kegiatan pada kimia kita di suruh mencampurkan dua larutan dan mengamatinya.

Super Camps Kimia | Melakukan Praktikum Di Laboratorium Kimia.

Nah pada fisika kami melakukan pengamatan pada viskositas pada larutan jadi ada berbagai macam larutan mulai dari oli sampai minyak. Larutan ini di masukkan di sebuah tabung terang yang panjang gitu terus kita masukkan kelereng terus kita harus menghitung berapa detik kelereng tersebut sampai di dasar tabung. Nah hasilnya ini di bikin seperti makalah dan juga powerpoint untuk presentasi.

Pada malam terakhir Science Camps ini kami siswa dan siswi melakukan presentasi di hadapan teman teman dan juga guru yang bersangkutan mengenai pengamatan kami pada percobaan pada siang hari tadi.

Nah pada hari berikutnya adalah tahfidz camp, pada tahfidz camp ini kita disuruh menghafal qur'an seharian. Dan pada malam harinya kita disuruh membaca al alqur'an sampai khatam. Etsssss jangan salah paham dulu ya, bukan satu orang 30 juz, tapi guru guru membagi 30 kelompok, nah setiap kelompok harus menyelesaikan 1 juz.

Dan pada hari terakhir siswa dan siswi ke RINDAM Banjarbaru untuk melatih kedisiplinan dan juga keberanian. Nah dirindam kita akan bermain bersama para para tentara untuk melatih kekompakan dan juga pada malamnya kita melaksanakan jurit malam, jadi kita menyusuri hutan yang sudah ditentukan jalurnya dengan membawa satu senter, nah disepanjang perjalan kami menemukan berbagai macam pos yang akan menanyai berbagai macam pertanyaan. Katanya tujuan dari diadakannya kegiatan ini untuk melatih keberanian dan juga kemandirian siswa.

Untuk kegiatan selanjutnya kita akan bahas tentang UN/USBN Quarantine. Nah yang admin tau ya selama UN Quarantine ini seperti camps tapi latihan untuk menghadapi UN, biasanya UN Quarantine ini di ikuti oleh siswa dan siswi kelas 12 sekitar bulan Desember sampai Maret. UN Quarantine ini tidak hanya sekali dilaksanakan tapi juga bisa tiga kali.

Kelas 10-Social | Suasana Latihan Soal Di Kegiatan Un Quarantine

Hal hal yang di pelajari di UN Quarantine adalah mata pelajaran inti seperti matematika, kimia, fisika, biologi, bahasa inggris dan juga bahasa indonesia. Untuk berapa lama kegiatannya ini ? Kegiatan ini biasanya dilakukan selama satu minggu sampai dua minggu. Tapi untuk tahun inikan UN sudah ditiadakan jadi sepertinya kegiatan UN Quarantine di ganti dengan USBN Quarantine. Tapi tidak tau deh nantinya.


Kunjungan Ke PD PAL Banjarmasin Sebelum Field Trip Ke Pantai Tangkisung


Selanjutnya kegiatan yang akan kita bahas adalah study tour. Kegiatan ini adalah kegiatan yang sering dilakukan, nah kegiatan ini nih adalah kegiatan belajar di lapangan. Misalnya kegiatan ke DPRD Banjarmasin untuk belajar tentang badan badan negara dan administratif pemerintahan pada mata pelajaran pkn. Ada juga kita study tour ke kantor gebernur untuk berdiskusi masalah pemerintahan, ada juga kita mengunjungi PDPAL Banjarmasin Untuk mempelajari sistem pengolahan air bersih. Dan masih banyak lagi.

Lomba Tarik Tambang Pada Perayaan Hari Kemerdekaan.

Yang terakhir kegiatan yang akan kita bahas ada Class Meeting. Seperti yang admin jelaskan di bagian atas, class meeting ini seringnya dilaksanakan sesudah ulangan tengah ataupun akhir semester, tapi bisa juga saat hari hari penting seperti hari ulang tahun Al Mazaya Islamic School, Hari Kartini, Hari Kemerdekaan Indonesia dan lain lain.


Teman Admin Yang Sedang Mengikuti Lomba.

Seringnya itu kegiatan ini dilaksakan hanya satu hari saja. Dan lomba lomba yang sering di lombakan itu adalah tarik tambang, makan krupuk, membawa kelereng, dan lain lain, yang admin tau ya lomba lomba yang terdapat di class meeting ini bisa berganti ganti setiap class meeting. Dan yang memenangkan lomba akan di berikan bingkisan dan juga trophy.

Bagaimana Guru Guru Di SMA Al Mazaya Islamic School Dalam Mengajar ?

Sejauh ini sih baik baik saja ya, tapi sobat penasaran kan bagaimana cara guru guru disini menyampaikan materi pembelajaranya ? Yuk langsung kita bahas secara mendetail ya. Biasanya sih kami memanggil guru guru yang ada di SMP dan SMA itu dengan Sebutan "Mr atau Ms" misalnya nama gurunya itu Nadya Hidayanti S.pd jadi siswa dan siswi biasanya memanggil Ms Nadya. Guru guru di SMA Al Mazaya tidak benar benar sepenuhnya mengajar di SMA tapi ada juga kok yang mengajar di SMP dan bahkan ada juga yang mengajar di SMK Maestro Islamic School.

Oleh karena itu dalam beberapa pertemuan, ada guru yang tidak masuk karena masih sibuk dengan kepentingan yang belum selesai dan tentunya masih diberi tugas, entah itu latihan ataupun merangkum materi yang dipelajari sebelumnya.

Tapi jika guru guru di SMA tidak berhalangan untuk masuk ke kelas untuk mengajar, guru gurunya akan tepat waktu bahkan guru bahasa indonesia kami sering masuk lebih awal sebelum jam pelajaran bahasa indonesia dimulai.

Dalam hal bagaimana guru guru di SMA ini mengajar dan cara penyampaian materinya. Setiap guru memiliki cara yang berbeda dalam cara mereka menyampaikan materi, hal ini dilakukan supaya materi yang mereka ajarkan terlihat menarik. Biasa guru menyampaikan pembelajaran ada yang memakai bahasa inggris dengan penuh, ada yang campur antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan ada juga yang full menggunakan bahasa Indonesia.

Dari segi media pembelajarannya kebanyakan guru guru di Al Mazaya menggunakan powerpoint untuk presentasi, ada juga yang menggunakan e-books tapi ada juga yang menonton video video pendek.

Dikarenakan kurikulum yang dipakai oleh SMA Al Mazaya, jadi guru guru tidak banyak menjelaskan. Dan sebaliknya siswa yang dituntut lebih aktif. Dan guru guru setiap mata pelajaran pun biasanya sering sekali memberikan tugas. Jadi dalam satu hari itu bisa lebih dari dua tugas bahkan ada yang sampai lima tugas dalam sehari.

Admin disini tidak bisa menilai secara pasti apakah seorang guru itu baik dalam mengajarnya karena setiap orang memiliki pandangan yang berbeda. Tapi menurut admin personal sih, guru guru yang ada di SMA Al Mazaya itu memiliki kemampuan yang baik dalam mencapaikan pelajaran ke siswa siswinya.

Kesimpulan 

Dari sekian panjangnya penjelasan diatas bisa disimpulkan beberapa hal, kesimpulan ini admin buat untuk para pembaca untuk mendapatkan poin poin yang jelas. Untuk sekarang Al Mazaya lagi direnovasi, jika renovasi sudah selesai akan admin update lagi kok artikel ini.
Fasilitas Dalam KelasKegiatan SekolahHal Hal Mendasar
Satu Papan tulis (White Board)Class MeetingMemakai kurikulum 2013 revisi
Satu Komputer Dimeja GuruSuper CampsDidirikan pada 7 Agustus 2020 Dan Mendapatkan akreditasi "A"
Loker buat siswaField TripDidirikan oleh . Taupik Hidayat, MM dan Hj. Sri Erliani, MM, M.Mkes. 
Satu pendingin ruanganStudy TourDibangun di bawah naungan yayasan swadaya insan cendekia
Satu tempat cuci tangan di depan kelas UN/USBN QuarantineMerupakan sekolah non-goverment (private school)
Satu lcd projectorOverseas ProgramTerletak di Jalan Cempaka Besar No 57, Kelurahan Mawar, Kecamatan Banjarmasin Tengah
Dua puluh lima kursi dan mejaProgram Club dan EnrichmentBerfokus pada english skill, agama islam dan teknologi
Lantai berkarpetProgram Pengembangan DiriDalam setahun ada 4 ulangan dan 4 kali melakukan pembagian raport
Satu stopkontak (listrik) perkursiMarket DayAl Mazaya mempunyai server sendiri
Terdapat Satu Speaker perkelas-Al Mazaya merupakan sekolah yang full-day jadi hari sabtu dan minggu libur. Khusus hari sabtu ada kegiatan club, pengembangan diri dan enrichment

Akhir Kata

Menarik bukan sobat pembahasannya, caripengetahuan-id.com akan updates terus setiap hari demi menyajikan informasi yang menarik dan pastinya informatif dengan bahasa yang santai. Jika artikel ini membantu sobat dan sobat mempelajari hal baru hari ini bisa sobat follow blog ini untuk mendapatkan notifikasi artikel baru ya.

Jika terdapat kekurangan informasi pada penjelasan diatas, admin mohon berikan informasi yang perlu ditambahkan. Sobat bisa memberikan tambahannya di contact us atapun di kolom komentar.

nantikan ya sobat artikel artikel kami dan kami berharap artikel ini dapat menambah pengetahuan sobat apabila sobat mempelajari hal baru setelah sobat membaca artikel ini maka berikan kami like dan ikuti blog atau website ini ya.

Dan admin mau ngucapin terimakasih karena telah membaca artikel ini dan baca juga artikel kami yang lain ya

Dan jangan lupa jaga kesehatan sobat ya.... Bye .....Sampai Jumpa... Kita ketemu lagi di artikel admin selanjut ya.....

4 comments

  1. Ayo tulis respon kalian setelah membaca artikel diatas
  2. Wwaa, keren y
  3. 😅😅😅😅😅😅😂
  4. mantappp
Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.