Jangan malas baca, ya Telusuri!

Jangan Salah Paham !!! Inilah Alasan Kenapa Di Laut Mati Tubuh Kita Dapat Mengapung Dan Fakta Fakta Unik Laut Mati.


Hallo sobat pencarian dimana pun sobat berada, kembali lagi bersama admin di Caripengetahuan-id.com tentunya. Bagaimana kabar sobat hari ini ? Saya harapkan untuk selalu dalam baik baik saja dan tentunya sehat selalu ya. Nah pada kesempatan kalian ini kita akan membahas persoalan yang menarik nih. Mau tau apa ? Yuk terus baca ya untuk mengetahui nya.

Apakah yang terlintas dalam pikiran kalian saat mendengar laut mati ? Yups laut mati adalah daerah perairan yang luas yang memiliki air dengan konsentarsi garam yang lebih tinggi dari air laut.

Ettss, tapi sobat jangan sangka dulu ya, laut mati sebenarnya bukan laut seperti namanya "Laut Mati" tapi melainkan sebuah danau yang terletak di tiga negara yaitu Israel, Palestina dan Yordania. Nah tempat ini sekaligus menjadi tempat terendah di bumi loh, Laut mati terletak sekitar 1.300 kaki atau sekitar 417 meter di bawah permukaan laut, sangat menggumkan bukan.

Apakah Sobat Masih Bingung Dengan Penamaan "Laut Mati", Kok Bukan "Danau Mati" ?

Letak Laut Mati | traveltriangle.com

Nah penamaan ini terkait dengan luasnya laut mati ya, laut mati mempunyai panjang kurang lebih 60 kilometer dan lebar sekitar 15 kilometer, jadi luas keseluruhannya dapat mencapai 810 km², sangat luas bukan. Oleh karena itu jika kalian berdiri di sisi pesisir utara maka kalian hampir tidak dapat melihat atau tidak dapat melihat sama sekali sisi pesisir sebelah selatannya. Nah karena itulah danau ini disebut oleh laut mati. Kasus ini serupa dengan Laut Kaspia yang memiliki luas 371.000 km² nah karena luasnya ini lah danau kaspia disebut dengan laut kaspia

Laut mati memiliki kadar garam yang lebih tinggi dari pada kadar garam di laut biasa ataupun di perairan air tawar. Kadar garam yang ada dilaut mati berkisar sekitar 33.7% atau sekitar 9.7 kali dari pada air laut biasa yang memiliki persentasi kadar garam sekitar 3.5%. Whattt? Iya segitu. Kira kira seasin apa ya sobat. Nah karena admin belum pernah kesana jadi admin tidak bisa memberi sobat gambaran soal seberapa asinnya laut mati dan doa in aja ya sobat supaya suatu saat admin bisa kesana ya. Aminnnn

Nah sobat karena laut mati memiliki air dengan tingkat keasinan yang sangat tinggi. Maka hampir tidak ada hewan ataupun tumbuhan yang hidup dilaut mati. Tapi sewaktu admin di kelas sepuluh SMA admin pernah belajar ada bakteri yang hidup dalam lingkungan yang ekstrim. Hmmmm gimana ya, apakah ada bakteri yang hidup disana ? Kalo kalian punya informasi tersebut kalian bisa menambahkannya di kolom komentar ya.

Dikarenakan tidak adanya hewan ataupun tumbuhan yang bisa hidup di laut mati karena itu lah tempat ini dinamakan "Laut Mati" laut diambil karena luasnya tempat ini dan kata "Mati" diambil dari keadaan air yang terdapat di laut mati yang tidak bisa ditempati oleh hewan ataupun tumbuhan.

Saya Dengar Banyak Sekali Pengunjung Yang Mengoleskan Lumpur Di Laut Mati Ke Badan Mereka, Apakah Lumpur Dilaut Mati Memiliki Manfaat Tersembunyi ?

Tapi nih, meskipun kelihatannya laut mati tidak bisa dikunjungi, namun banyak sekali turis yang mengunjungi tempat ini kok. Tempat ini memiliki keunikan dan juga keindahan yang tidak terdapat di tempat lain ya. Banyak turis yang datang ke laut mati ingin merasakan mengapung di laut mati dan juga merasakan lumpur dilaut mati

Anak anak yang mengoleskan lumpur | unspash.com

Taukah sobat bahwa lumpur dilaut mati mengandung magnesium, natrium, kalium, kalsium dan lain lain. Nah karena kandungan lumpur di laut mati yang kaya akan mineral dan garam maka sangat bermanfaat bagi kulit malah dapat menyembuhkan penyakit kulit dan sendi diantaranya adalah gatal gatal, dermatitis, alergi kulit dan lain lain selain itu lumpur dilaut mati sangat berguna untuk radang sendi karena kandungan mineral dalam pasir ataupun lumpur dilaut mati dapat melancarkan sirkulasi aliran darah dan dapat menjadi sebagai pelemas otot

Tidak heran ya sobat banyak sekali pengunjung yang mengoleskan lumpur dilaut mati hampir ke seluruh tubuhnya dan membiarkannya sampai kering dan akan dibilas dengan air di laut mati yang ternyata garamnya terasa pahit di bandingkan di tempat lain

Taukah sobat bahwa manfaat lumpur dan pasir di laut mati untuk kulit sudah diketahui orang orang sejak lama bahkan Raja Salomo, Cleopatra Dan Herodes Agung pernah berkunjung ke laut mati untuk mencoba lumpur dan pasirnya untuk medapatkan manfaatnya.

Tadi Admin Bilang Kalo Kita Berenang Di Laut Mati Dapat Mengapung Dan Tidak Akan Tenggelam. Kenapa Hal Tersebut Dapat Terjadi ?

Orang yang sedang mengapung | goliveyoung.com

Masih ingat dengan tinggi nya kandungan kadar garam di laut mati yang memiliki persentasi 33.7% lebih tinggi di bandingkan air laut biasa. Nah karena tingginya konsentrasi air garan ini lah yang membuat massa jenis lebih tinggi dibandingkan dengan massa jenis air laut dan jauh lebih tinggi di bandingkan massa jenis air tawar.

Nah massa jenis air di laut mati yang tinggi maka seolah olah air di laut mati lebih " padat " di bandingkan dengan air laut biasa. Apakah kalian masih ingat dengan hukum Archimedes yang di temukan oleh Archimedes dengan kisahnya yang memukau, kalo kalian belum baca kisah hidup Archimedes Admin Sarankan Untuk Membacanya. Nah di dalam hukum Archimedes ini menjelaskan bahwa benda yang di celupkan ke zat cair akan mengalami gaya angkat ke atas.

Nah massa jenis air di laut mati berkisar sekitar 1.24 gram/cm³ sedangakan massa jenis manusia sekitar 0.985 gram/cm³ . Nah hal ini lah yang menyebabkan tubuh sobat dapat mengapung walaupun tidak secara keseluruhan.

Masih ingatkah kalian dengan hal penting yang selalu ada jika kalian mempelajari hukum archimedes, yaitu :
  • Benda terapung apabila : Massa jenis benda lebih kecil dibandingkan massa jenis zat cair (fluida) 
  • Benda melayang apabila : Massa jenis Benda sama dengan massa jenis zat cair (fluida)
  • Benda tenggelam apabila : Massa jenis benda lebih besar dibandingkan dengan zat cair (fluida)
Nah pada kasus ini air di laut mati memiliki masa jenis 1.24 gram/cm³ dan massa jenis tubuh manusia 0.985 gram /cm³. Berarti massa jenis manusia lebih kecil dari massa jenis air di laut mati, hal ini lah yang membuat tubuh kita mengapung walaupun tidak seluruhnya karena selisihnya yang terbilang kecil ya.

Jadi jangan salah kira ya sobat bahwa sobat tidak bisa tenggelam di laut mati namun faktanya tubuh sobat masih bisa tenggelam walaupun peluangnya akan lebih kecih di bandingkan di air biasa ( perairan air tawar ataupun air di laut pada umumnya )

Kok Admin Saya tidak Pernah Melihat Pengunjung Yang Tengkurap Saat Mengapung Di laut Mati Malah Kebanyakan Hanya Terlentang ?

Orang yang sedang mengapung | timesofisrael.com

Memangkan dilaut mati sobat akan sulit tenggelam, oleh karena itu sobat harus berhati hati ya jika mengunjungi laut mati, karena jika kalian lengah maka keadaanpun akan menjadi sangat berbahaya. Jadi pastikan jika sobat berenang di tempat ini di sarankan jangan mencoba posisi tengkurap dikarenakan tingkat kepadatan air di laut mati sangat tinggi dari pada di laut pada umumnya.

Oleh karena itu setiap pergerakan di laut mati akan sedikit lebih sulit. Jika kalian mencoba posisi tengkurap saat mengapung maka sobat akan sulit untuk membalikan posisi sobat ke posisi terlentang, akibatnya kalian berisiko untuk terminum air laut mati yang sangat asin. Yang jika terminum dalam jumlah yang besar akan memberikan efek ke ginjal dan jantung sobat. Dan lebih ngerinya lagi dapat menghentikan kinerja jantung dan ginjal, serammm ya. Nah karena itu diperlukan kehati hatiannya sobat

Makanya life guard di sana pun sering menyarankan untuk berhari hari dan mereka pun menyarankan untung menggunakan pelampung saat berenang. Jadi dengarkan Saran Ataupun Petunjuk dari life guard ya jika sobat sedang mengunjungi laut mati.

Akhir Kata

Menarik bukan sobat pembahasannya, caripengetahuan-id.com akan updates terus setiap hari demi menyajikan informasi yang menarik dan pastinya informatif dengan bahasa yang santai. Jika artikel ini membantu sobat dan sobat mempelajari hal baru hari ini bisa sobat follow blog ini untuk mendapatkan notifikasi artikel baru ya.

nantikan ya sobat artikel artikel kami dan kami berharap artikel ini dapat menambah pengetahuan sobat apabila sobat mempelajari hal baru setelah sobat membaca artikel ini maka berikan kami like dan ikuti blog atau website ini ya.

Dan admin mau ngucapin terimakasih karena telah membaca artikel ini dan baca juga artikel kami yang lain ya

Dan jangan lupa jaga kesehatan sobat ya.... Bye .....Sampai Jumpa... Kita ketemu lagi di artikel admin selanjut ya.....

Sumber gambar :
  1. traveltriangle.com
  2. unsplash.com
  3. goliveyoung.com
  4. timesofisrael.com

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.