Jangan malas baca, ya Telusuri!

Apakah Ikan Juga Tidur? dan Bagaimana Cara Ikan Tidur?

Bisakah Ikan Tidur?

Bagaimana cara ikan tidur

Apakah ikan bisa tidur? Itu merupakan pertanyaan yang sangat menarik untuk dijawab. Ya..pertanyaan itu muncul karena ikan pada dasarnya tidak pernah mengedipkan mata karena gak punya yang namanya kelopak mata. Padahal dari situlah kita mengetahui tidurnya makhlukh hidup seperti kita, Manusia.

Tidur merupakan proses istirahat setiap makhluk hidup dengan guna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, energi dan vitalitas.

Kita, manusia, membutuhkan tidur untuk berisitirahat, karena lelahnya pekerjaaan. Dan bagaimana dengan ikan? apakah mereka juga tidur, dari lelahnya beranang di kesaharian?

Diam dengan mata terbuka

Ya mereka juga tidur, tapi ini berbeda dengan kita yang mengedipkan mata ketika tertidur. Mereka tidur dengan mata masih terbuka. Ketika kamu melihat ikan di akuarium dengan ikan yang diam, lalu kamu taburkan makanan kesukaannya, dan dia tidak merespon, nah saat itulah ikan tidur.

Tapi sebagian ikan juga harus bergerak ketika tidur, terutama bagi ikan yang memiliki tubuh yang cukup besar, Hiu misalnya. Hal ini penting, Gunanya ialah insang tetap memperoleh pasokan oksigen yang cukup dengan mengalirnya aliran air menuju insang.

Baca Juga : 8 Fakta Seru Tentang Game Genshin Impact

Saat tidur, ikan dengan tubuh yang kecil memilih akan menyelinap ke bebatuan-batuan koral untuk melindungi mereka dari serangan predator.

Tidurnya mamalia air


Okeh jawaban diatas menjawab untuk pertanyaan ikan yang bernapas dengan insang. Tapi, bagaimana dengan mamalia air seperti paus dan lumba-lumba misalnya, apakah mereka juga tidur?. Sama halnya seperti kita yang bernapas menggunakan paru-paru ,Kalo mereka tidur lalu bagaimana cara mereka ke permukaan untuk mengambil napas

Ternyata...Saat tidur, otak mereka hanya setengah beristirahat dan setengahya masih aktif.

Lumba-luma mengisitrahtkan setengah otaknya setiap 4 jam bergantian. dengan ketentuan jika otak kiri tidur maka mata kanan tetap terbuka, dan sebaliknya, metode tidur ini disebut dengan unihemispheric sleep. Hal ini bertujuan mengontrol fungsi pernapasan dan tetap terjaga memantau lingkungan sekitar dari ancaman predator.

Biasanya lumba-lumba tidur kapan saja, asal situasi nya aman. Mereka juga biasanya tidur berkelompok dan memilih untuk tidur dekat dengan permukaan air.

Akhir kata

Nah udah tahu kan bahwa ikan juga bisa tidur.  jangan lagi berpikir Mentang tidak pernah mengedipkan mata, lalu dianggap gak bisa tidur. Hehheheh

Oke sampai sudah di akhir penulisan ini, Admin harap dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar dan share ke teman-teman kamu y

Salam Pengetahuan...

Tag : Apakah ikan bisa tidur, bagaimana cara ikan tidur di dalam air, ikan tidur tidak menutup mata, cara lumba-lumba tidur

About the Author

Haus akan ilmu

1 comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.