TAUKAN ANDA ? Apa Perbedaan Reintegrasi Dan Integrasi Sosial ?


Hallo sobat, bagaimana kabar kalian hari ini ? Saya harap keadaan sobat sehat dan dalam keadaan yang baik baik saja ya. Nah dalam kesempatan kali ini admin mau membahas tentang perbedaan reintegrasi dan integrasi sosial. Apakah kalian tau apa perbedaan dari integrasi dan reintegrasi? mari kita bahas perbedaan tersebut. Pertama kita mencari tau dulu satu per satu apa itu integrasi dan reintegrasi.

Apa Itu Reintegrasi ?

Menurut KBBI reintegrasi adalah penyatuan kembali atau pengukuhan kembali

Menurut Soejono Soekanto reintegrasi adalah proses pembentukan kembali nilai nilai dan norma norma baru untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan masyarakat yang mengalami perubahan.

Contoh Reintegrasi Sosial

  • perdamaian pada masyarakt ambon pasca terjadinya konflik.reintegrasi sosial yang dilakukan dalam konflik ambon melalui lembaga politik dan lembaga hukum melalui pemerintah dan aparat kepolisian dan juga lembaga keagamaan.
  • masyarakat Ambon menemukan kembali bentuk dan pola baru yang diterapkan untuk menciptakan kehidupan sosial yang lebih terbuka dan inklusif melalui berbagai upaya yang dilakukan dalam masyarkat untuk dapat saling menghargai.

sobat sekarang kalian udah tau kan, apa itu reintegrasi. jadi sekarang kita akan membahas apa itu integrasi sosial

Apa Itu Integrasi ?

Menurut KBBI Integrasi adalah pembauran hingga menjadi satu kesatuan yang utuh atau bulat.

Secara umum integrasi adalah penyesuaian unsur unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga satu kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat.

Contoh Integrasi Sosial 

  • pelajaran pelajaran disuatu sekolah yang memiliki seragam yang sama dengan simbol yang sama, warna yang sama mencerminkan contoh dari integrasi sosial.
  • sikap tanpa membedakan teman yang satu dengan yang lain.

Kesimpulan 

integrasi sosial mengacu pada proses penyatuan unsur unsur yang berbeda dalam masyarakat, sedangkan reintegrasi sosial mengacu pada proses penyatuan kembali unsur unsur yang ada dalam masyarakat pasca terjadinya perpecahan atau konflik.

Akhir Kata 

Terus nantikan ya sobat artikel artikel kami dan kami berharap artikel ini dapat menambah pengetahuan sobat apabila sobat mempelajari hal baru setelah sobat membaca artikel ini maka berikan kami like dan ikuti blog atau website ini ya.

Dan admin mau ngucapin terimakasih karena telah membaca artikel ini dan baca juga artikel kami yang lain ya

Dan jangan lupa jaga kesehatan sobat ya.... Bye .....Sampai Jumpa... Kita ketemu lagi di artikel admin selanjut ya......


Baca juga