Ingin Memperoleh Nilai Tinggi Di Bidang Fisika Dan Mengusai Fisika ? Inilah Tips Dan Caranya.

Tips Memperoleh Nilai Tinggi Di Bidang Fisika



Hallo sobat pencari pengetahuan, bagaimana kabar sobat hari ini ? Saya doakan keadaan kalian selalu baik dan sehat ya. Nah pada kesempatan kali ini admin memberikan tips and trik bagaimgana kalian supaya memperoleh nilai yang tinggi saat ulangan harian, ulangan tengah semeter ataupun ujian kelulusan. Selain itu admin akan memberitahu sobat cara mudah untuk menguasai fisika dengan baik.

Siapa sih yang tidak bangga kalo di setiap pembagian raport selalu mendapatkan nilai "A" pada bidang fisika. Kalo di sekolah admin nih nilai A itu kalo di " angkain " nilainya itu lebih dari sama dengan 93 ya. Dan siapa sih yang tidak senang jika di setiap ulangan fisika selalu mendapatkan nilai yang mendekati sempurna bahkan sempuran.

Eh tidak semudah itu sobat, tidak ada yang instan ya. Semua tubuh melalu proses, jika sobat ingin pintar dan mendapatkan nilai yang bagus di setiap ulangan maka sobat harus rajin rajin belajar ya dan pastinya pantang menyerah.

Artikel ini admin tulis berdasarkan pengalaman admin ya. Sebenarnya fisika adalah pelajaran kesukaan admin dikelas dan cita cita admin mau jadi fisikawan teoritis dan spesialis relativitas dan teori kuantum. Ouh iya kenapa admin jadi curhat ya. Yuk kita lanjut aja ya.

Fisika adalah ilmu pengetahuan yang berkenaan mengenai segala aspek fisik di alam semesta dan gerak terhadap ruang dan waktu. Bagi sebagian siswa atau siswi, fisika adalah salah satu mata pelajaran yang susah dan memusingkan ya sobat. Bagaimana menurut sobat nih ? Sulit atau mudah. Jika sobat merasa sulit untuk belajar fisika mungkin sobat belum menemukan cara belajar yang baik dan efektif nih, dan jika sobat merasa bahwa fisika itu mudah maka alhamdulillah ya.

Yuk Langsung saja baca tips dan triknya selengkapnya 

1. Sugesti Diri Bahwa Sobat Bisa


Ini merupakah hal yang penting ya. Bahwa mensugesti diri sobat bahwa sobat bisa menguasai fisika, sobat akan lebih terbuka terhadap hal hal baru yang akan sobat terima setelah mempelajari fisika. Menurut admin nih ya kita harus percaya diri bahwa kita bisa jika kita terus berusaha. 

Tau tidak admin kalo sedang bad mood atau mood admin sedang turun atau admin rasa diri admin tidak mampu melakukan sesuatu, admin sering berkata kepada diri admin " What I Can Imagine Is Possible. So prove it " atau bahasa simple nya nih jika apa yang mampu admin impikan atau khayalkan itu mungkin, kenapa jadi mungkin ? Karena admin mampu memimpikannya. Jika admin mampu memimpikannya kenapa admin tidak membuktikannya bahwa admin bisa melakukannya di dunia nyata. 

Nah itu sobat sebagai salah satu motivasi admin, bagaimananih dengan sobat ? 

Ingat ya sobat keberhasilan itu bukan hanya milik sebagian orang, tapi milik oramg yang siap untuk bekerja keras dan tekun. Jika admin menginginkan sesuatu kenapa admin tidak menekuni dan mendapatkannya.

Jadi admin sarankan sobat harus optimis bahwa sobat bisa dan jika sobat gagal jangan takun untuk mencobanya lagi dan yang terpenting sobat jangan menyerah atas apa yang sobat inginkan ya.

2. Kita Belajar Dari Konsep


Kalo yang ini tidak kalah pentingnya, setelah sobat mensugesti diri sobat bahwa sobat pasti bisa. Jika sobat mulai mempelajari bab bab didalam fisika usahakan sobat tau dulu konsepnya. Jika tidak sobat akan mengalami kesulitan atau bisa juga tidak paham betul. Nah misalnya sobat belajar mengenai relativitas khusus, admin sarankan untuk memahami konsepnya. Kita mulai dari kegagalan mekanika newton, kita mengenal kerangka acuan, kita mempelajari dan asal usul tranformasi galileo setelah itu sobat bisa belajar invarian tranformasi dan hukum newton.

Jika sobat mempelajari konsep dasar dari suatu bab fisika, sobat akan merasakan sebuah seni dan keindahan yang diciptakan tuhan. Konsep dari materi yang sobat pelajari, penting untuk dipahami. Jika sobat belajar langsung masuk kerumus, sobat hanya tau cara memakai rumus tersebut tanpa tau bagaimana cara mendapatkan rumus tersebut. Admin ada pengalaman yang mengajarkan bahwa konsep itu harus betul betul dipahami nih.

Tidak hanya itu sobat harus mengetahuai besaran dan satuan di dalam fisika ya.

Jadi dipertengahan semester dua, sekolah admin ngadain ulangan tengah semester. Nah hari itu mata pelajaran yang pertama di ujikan adalah kimia. Tapi seminggu sebelum ulangan kimia itu diujikan admin belajar tentang rumus dan latihan soal soal yang berkaitan dengan rumus yang berkaitan dengan materi itu. Kebetulan materi yang di ujikan ada tiga bab, masing masing adalah larutan asam basa, hidrolisis garam dan larutan penyangga.

Jadi menurut admin hal hal yang diperlukan untuk mendapatkan nilai sempurna adalah hapal rumus, ingat apa saja yang asam kuat, basa kuat serta asam lemah dan basa lemah dan memahami sedikit konsepnya. Saat ulangan ternyata soal yang keluar banyak mengenai konsep nya dan sedikit hitungannya. Tapi hal itu tidak langsung menjatuhkan mental admin kerena admin ingat beberapa konsep yang pernah admin baca. Setelah selesai ulangan admin melihat nilai admin.

Ternyata.......kacau sobat......admin mendapatkan nilai 72.5......Waktu itu admin sangat kacau dan sedih terus admin tanya dengan guru admin, dimana admin yang salah jawab.....eh tenyata admin banyak salah di soal yang membahas konsep dan sisanya admin salah di soal yang ada kata yang "bukan dan kecuali".

Dari hal itu, admin belajar kalo kita perlu memahami konsep dan harus fokus jika kita sedang mengerjakan ulangan dan hal yang diperlukan untuk mendapatkan nilai sempurna itu salah satunya adalah memahami konsep dengan baik. Dan hari itu admin belajar kalau kita harus belajar dari pengalaman masa lalu kita ya sobat

3. Perhatikan Jika Guru Sedang Menjelaskan


Ada yang bilang bahwa memperhatikan penjelasan guru ketika guru sedang menjelaskan adalah sebuah adab belajar, iya admin setuju itu. Hal ini bukan hanya tentang adab ya tapi juga sebuah cara untuk memdapatkan nilai sempuna ketika ulangan ataupun latihan harian, bukan hanya itu hal ini dapat memperluas pengetahuan sobat ketika guru menjelaskan apa yang tidak ada di buku.

Terkadang apa yang dijelaskan guru di depan kelas itu tidak ada di buku sobat. Jika sobat memepehatikan guru ketika guru sedang menjelaskan, sobat bisa bertanya dan meminta guru untuk mengulangi materi yang tidak sobat pahami. 

Admin ada sebuah pengalaman yang dapat memperluas pengetahuan sobat. Jadi ketika admin sedang mengerjakan ulangan fisika pada ulangan akhir semester satu. Ada salah satu soal yang menanyakan alat untuk mengukur tekanan fluida. Jadi admin pilih deh yang setau admin aja. Eh ternyata jawaban admin salah.....gagal deh admin mendapatkan nilai sempurna.....maka dari itu sekarang admin harus memperhatikan benar benar apa yang di jelaskan oleh guru. Setelah admin tanya dengan guru admin, "kok jawaban saya salah ms" kata admin, terus dijawab deh dengam guru admin. Dan fakta yang mengejutkannya apa yang dibahas soal tersebut sudah pernah dibahas waktu pelajaran dikelas.

Nah ini sobat pentingnya kita memeperhatikan guru jika guru sedang menjelaskan. 

4. Jangan Lupa Membaca Doa Sebelum Belajar


Mungkin ini sering dianjurkan orang tua ataupun guru kepada sobat ya, sebelum dan sesudah belajar ataupun mengerjakan soal. Admin pikir ini merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan ya. Jadi menurut admin nih ketika kita sedang berdoa untuk memudahkan kita menerima pelajaran yang diajarkan ataupun meminta kemudahan untuk mengerjakan ulangan.

Sebenarnya kita berharap atau memohan kepada sang pencipta untuk menolong atau membantu kita ya. Kenapa jadi begitu karena sang penciptalah yang telah menciptakan semuanya, penciptalah yang telah menerapkan hukum hukum alam yang kita pelajari di alam. Jadi admin saran kan untuk membaca doa terlebih dahulu ya

Admin ada pengalaman nih. Pada waktu itu ulangan tengah semester satu saat itu admin mengerjakan ulangan pkn, tapi sebelum ulangan admin lupa untuk baca doa. Admin rasa soal ulangan nya itu sedang sedang aja. Admin kira rentang nilai yang akan admin dapatkan adalah 85 - 90 kalo lebih itu adalah keajaiban buat admin. Dan ternyata admin mendapatkan nilai 67.5.....jauh dari kenyataan. Admin rasa semua jawaban admin itu benar semua, setelah admin tanya ke guru yang bersangkutan admin banyak salah pilih disebabkan karena salah lihat. Kata guru admin sih kalo ngerjain ulangan itu harus fokus. Tapi waktu ulangan itu admin sudah fokus banget. Tapi waktu itu admin tidak berdoa disebabkan karena lupa. Mungkin kata guru saya itu sebabnya.

Jadi admin sarankan untuk membaca doa ya sebelum memulaia sesuatu.

5. Pertajam Dan Tambah Pengetahuan Dan Keterampilan Matematika


Jika kalian ingin benar benar menguasai fisika. Ini adalah hal yang paling penting untuk diingat, dikuasai, dan dilakukan. Admin sering menganggap bahwa matematika adalah bahasa fisika, karena hampir semua bab fisika yang diajarkan disekolah mempunyai operasi hitung dan persamaan matematis.

Konsep atau pelajaran matematika yang sering digunakan dalam fisika adalah kalkulus, operasi hitung aljabar, trigonimetri, bangun geometri, vektor, matriks dan logaritma. Kalkulus mempunyai peranan yang besar karena kalkulus digunakan untuk menurunkan ataupun menaikkan suatu persamaan misalkan pada persamaan hukun kedua newton. Gaya didapat dari perkalian massa dan percepatan tapi bisa juga gaya didapat dari turunan massa dan mecepatan terhadap waktu. 

Kalau trigonometri sering dipakai untuk menentukan sudut suatu gaya ataupun bangun ruang. Persamaan persamaan trigonometri pun sangat berpengaruh pada kinematika terlebih lagi pada gerak parabola dan vektor. Nah kalo operasi hitung aljabar sering dipakai di semua persamaan fisika mulai dari persamaan sederhana ataupun rumit.

Apa lagi pada fisika tingkat lanjut, peranan matematika dalam mengalisis fenomena sangat diperlukan. Misalkan dalam mencari persamaan schrodinger yang sangat penting di mekanika kuantum diturunkan dari mekanika klasik, begitupun untuk mencari nilai kecepatan cahaya di ruang vakum yang diturunkan menggunakan fungsi diffrensial pada persamaan maxwell

Nah sobat jika kalian ingin menguasai fisika dengan baik, admin sarankan untuk mempelajari dan menguasai matematika ya

6. Sobat Harus Ingat Konstanta Dasar 



Ini adalah hal yang paling mendasar untuk belajar fisika. Biasa dalam persamaan matematis dasar fisika terdapat konstanta dasar yang sudah ditetapkan nilai nilainya. Jika sobat hapal konstanta dasar fisika, tentunya akan membantu sobat dalam menghitung atau menemukan solusi dari masalah yang di ajukan di soal.

Admin berikan contoh ya, contoh sedehananya dalam pengantar fisika kuantum tentunya kita sering mendengar efek compton dan hamburan compton, jika kita ingin mencari momentum foton saat menumbuk elektron, maka dinyatakan di dalam rumus sebagai :

P × c = E
E = h × f

Nah dalam persamaan di atas tentunya " h" adalah konstanta dasar yang sering disebut dengan tetapan plack yang nilai nya sudah diketahui. Hal serupa dapat di jumpai pada dualime gelombang, efek fotolistrik, maupun hipotesis de broglie yang sama sama memakai konstanta plack di dalam persamaannya

Sekarang kita beralih pada contoh kasus nya sobat

Misalkan ada sebuah apel yang bermassa 200 gram di jatuhkan oleh seorang anak dari sebuh gedung berlantai sepuluh yang mempunyai ketinggian 30 meter diatas permukaan tanah, jika gesekan udara diabaikan berapakah energi potensial yang dimiliki apel tersebut

Penyelesaian
Jika sobat mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi kasus tersebut admin saran kan memakai diketahui, ditanya dan jawab

Oke apa yang diketahui disoal :
Ketinggian gedung = 30 meter
Massa apel = 200 gram = 0.2 kg ( diubah ke satuan internasional )

Ditanya :
Energi potensial yang dimiliki apel = ?

Jawab

Ep = mgh ( rumus untuk mencari energi potensial )
Sekarang kita sudah mengetahui persamaan yang sering dipakai untuk mencari energi potensial. Selanjutnya tinggal masukkan saja apa yang sudah diketahui dari soal

Ep = 0.2 × g × 30

Sekarang kita masukkan nilai konstanta gravitasi bumi. Sebenarnya nilai gravitasi bumi adalah 9,8 m/s dan berbeda beda di semua tempat di bumi. Tapi sering dibulatkan menjadi 10 m/s untuk mempermudahkan menghitung, tapi ingat tidak semua soal membulatkan nilai konstanta gravitasi. Selanjutnya tinggal dikalikan

Ep = 0.2 × 10 × 30
Ep = 60 joule

Coba sobat lihat bagaiman pentingnya kita tau nilai konstanta dasar tersebut. Apa yang akan terjadi jika sobat tidak mengetahui konstanta daaar tersebut, tentunya soal atau kasus yang sederhana itu akan menjadi rumit bukan ?

Jadi admin sarankan buat tau dan juga hapal konstanta dasar di dalam fisika 

7. Sobat Harus Ingat Persamaan Persamaan Dasar


Di dalam fisika hubungan atau fenomena alam di gambarkan ataupun ditulis di dalam persamaan. Dan banyak sekali soal yang mengharuskan kita untuk memakai persamaan untuk menyelesaikannya. Jadi admin sarankan untuk mengetahui dan ingat persamaan persamaaan yang ada di dalam fisika ya. Persamaan di dalam fisika itu mulai dari yang sangat sederhana sampai yang sulit. Contohnya :

  • Gaya = massa × percepatan
  • Percepatan = kecepatan / waktu
  • Kecepatan = perubahan posisi / waktu
  • Momentum = massa × kecepatan
  • Usaha = perpindahan × gaya
  • Dan masih banyak lagi
Admin contohkan ya 

Misalkan ada sebuah truk yang melaju dengan 36 km / jam dan bermassa 100 ton di jalan raya trans kalimantan. Tentukanlah berapakh momentum yang dimiliki oleh truk tersebut ?

Jawab

Diketahui 
m = 100 ton = 100.000 kg
v = 36 km / jam = 10 m/s 

Ditanya : momentum (p)

p = m × v = 100.000 × 10 = 1.000.000 kg m/s

Jadi momentum yang dimiliki oleh truk tersebut adalah 1.000.000 kg m/s 

Jadi bisa dilihat ya betapa pentingnya kita mengingat persamaan yang hendak dipakai dalam menyelesaikan soal di atas. Ingat di atas hanya soal yang sederhana, nanti kalo di dalam ulangan kenaikan kelas ataupun ujian kelulusan. Bisa saja soalnya itu bervariasai dan kita diharuskan memakai persamaan beberapa kali untuk menemukan hasilnya. 

Ehh belun selesai sampai disitu ya. Setelah sobat mempelajari dan mengingat persamaan yang ada di dalam fisika, kita juga diharuskan untuk mengetahui penurunan-penurunan persamaan fisika dasar.

Jangan salah ya, justru persamaan yang sulit itu di peroleh dari persamaan yang sederhana yang diturunkan atau dinaikkan. Jika sobat mempelajari bagaimana persamaan dasar diturun, itu akan memeberikan sobat pemahaman yang lebih jelas mengenai hubungan antara persamaan persamaan dan membuat sobat dapat menyelesaikan berbagai soal dan sobat juga tau cara kerja persamaan tersebut.

Jadi penting ya untuk mengetahui persamaan dasar dan mengingatnya 

8. Jika Sobat Gagal, Coba Lagi


Jangan sedih ya sobat jika sobat telah gagal dalam ulangan atau ujian fisika. Jika kalian telah berusaha keras sebelum ulangan  atau ujian itu. Mungkin ada suatu detail yang terlewatkan oleh sobat, coba pastikan apa penyebabnya dan perbaiki di lain kesempatan ya 

Jangan menyerah terhadap apa yang sobat inginkan. Jika sobat ingin mendapatkan nilai "A" di dalam raport ataupun ijazah sobat, sobat tidak boleh menyerah.

Sobat ada pengalaman nih buat dibagikan, jadi kan pada saat admin kelas sepuluh, waktu itu admin sudah review seluruh materi fisika kelas sepuh tapi nih dari semua materi itu admin merasa yang paling susah itu bab kesetimbangan dan dinamika rotasi. Nah setelah beberapa lama materi yang diajarkan guru admin sudah habis dan mulai masuk ke bab tersebut. Admin berusahan untuk memperhatikan setiap detail yang di jelaskan guru admin.

Tidak hanya itu sobat, itu belum cukup. Admin terus belajar dirumah buka buka referensi di google dan latihan soal. Nah kebutulan di sekolah admin itu menerapkan kurikulum 2013 revisi yang mengharuskan siswa siswinya lebih aktif jadi guru admin membagi sub bab sub bab yang ada di materi tersebut kepada kelompok kelompok yang sudah di bentuk untuk melakukan presentasi minggu depan. admin berusaha untuk memahami materi yang di berikan oleh guru admin tadi untuk presentasi di minngu depan dengan memahami konsep materi itu dulu setelah itu baru kerumus dan ke latihan.

Nah saat presentasi telah tiba dan alhamdulillah nya saya bisa menjelaskan dengan baik keteman teman. Saat ulangan pun admin mendapatkan nilai yang sangat bagus

Nah dari situ admin sadar kalo kita tidak boleh menyerah dari apa yang menghalangi kita.

Selain itu admin juga punya pengalaman lain nih yang bisa di jadikan pelajaran. Admin itu dari sekolah dasar selalu mendapatkan nilai yang rendah di mata pelajaran pkn dan sejarah. Tapi saat admin sma admin berusaha untuk meningkatkan nilai pkn dan sejarah admin karena nilai di raport itu nantinya berguna kalo kita mau masuk universitas. Itu yang admin jadikan motivasi untuk meningkatkan nilai admin. Alhamdulillah sekarang nilai sejarah admin diraport sudah A tapi untuk yang pkn belum dan admin harus terus belajar dengan giat untuk mendapatkannya.

Gimana sobat, jangan mudah menyerah ya 

9. Sobat Harus Sering Ngulang Materi


Jika kalian sudah memperhatikan apa yang diajarkan guru disekolah admin sarankan buat mengulang materi tersebut, kenapa kita perlu untuk mengulang materi yang kita pelajari ? Karena kita bisa lupa, entah kita lupa konsep, lupa satuan ataupun lupa besaran.

Jika kita sering mengulang ngulang materi yang telah kita pelajari ? Kita tidak akan lupa apa yang kita pelajari dan itulah tujuannya. Admin akan berikan contoh ya supaya lebih jelas ya.

Admin berika contoh ya supaya mudah untuk memahaminya. Saat kita mau ulangan tengah semester ataupun ulangan kenaikan kelas pasti kita belajarkan terlebih dahulu, seminggu sebelumnya sobat pasti akan mengulang ngulang materi ataupun yang sistem kebut semalam. Untuk mendapatkan nilai yang di harapkan. Tapi untuk menguasai suatu materi sobat harus mengulang ngulang materi tersebut setiap hari atau apa yang telah guru sobat ajarkan untuk mengulangnya dirumah dan berlatih soal setiap hari.

Contoh lainnya adalah kita tau bahwa materi yang ada di fisika itu terkoneksi satu sama lain kan. Pada bab besaran dan satuan yang membahas tentang besaran ( panjang, waktu, suhu, dll ) dan satuan ( kg, kelvin, meter, dll ) akan sangat berguna di bab bab selanjutnya untuk menentukan satuan yang tepat dan juga notasi ilmiah yang akan mememudahkan menulis bilangan yang sangat besar ataupun yang sangat kecil.

Begitu juga pada bab vektor dan mekanika newton yang akan sangat berguna pada gerak melingkat, gerak parabola dan juga dinamika rotasi. Intinya bab bab yang ada di fisika itu saling berkaitan dan penting untuk sobat untuk terus mengulang materi materi yang udah sobat pelajari sebelumnya

Jadi admin sarankan untuk terus mengulang materi yang sudah sobat pelajari ya 

10. Sering Latihan Soal


Ini adalah langkah terakhir untuk menguasai fisika terlebih lagi jika sobat menginginkan nilai A pada ulangan ataupun latihan fisika, sobat harus rajin berlatih soal entah itu soal yang mudah, sedang, sulit ataupun host. Admin pernah membaca buku bank soal nih dan admin lihat di cover bukunya itu bertulisan " seorang master tidak dilahirkan, tapi tumbuh melalui proses " setelah admin membaca, admin langsung tersentak dan langsung memotivasi admin untuk terus belajar. 

Banyak berlatih soal akan memberikan kemampuan dalam pemecahan masalah yang baik, semakin banyak sobat berlatih soal maka akan semakin baik. Soal soal yang mudah hingga sedang dapat sobat temukan di buku buku paket sekolah.

Sebaiknya sobat mulai dulu dari buku paket yang disekolah, carilah soal yang mudah dan kerjakan sendiri tapi boleh melihat referensi bacaan ataupun rumus. Setelah sobat rasa sobat sudah mulai terbiasa, mulailah dengan menguji diri sobat sendiri dengan menjawab soal mudah tanpa melihat referensi apapun seperti ulangan atau ujian. Setelah sudah periksalah jawaban sobat dan jika ada yang salah sobat harus pahami sampai sobat paham. Lakukan hal yang sama pada tingkat kesulitan soal yang lainnya ya 

Dan ingat setelah sobat mendapatkan jawaban dari soal yang sobat jawab, gunakan lah satuan yang tepat pada jawaban admin ya. Biasa jawaban yang membutuhkan satuan di belakangnya itu adalah angka. Misalkan 50 watt, 70 joule, 0.6 elektrovolt dan masih banyak lagi

Admin punya pengalaman terkait pentingnya menulis satuan di belakang besaran itu. Jadi pada suatu hari admin disuruh ngerjain latihan fisika, eh ternyata setelah dibagi nilainya rendah karena admin lupa untuk menambahkan satuan dibelakangnnya.

Jadi admin saran sobat memulai latihan soal dari yang mudah dulu ni, terus jika sobat menggap bahwa yang mudah itu mudah ( sudah bisa ) sobat bisa lanjut nih ngerjain soal yang sedang dan seterusnya

Setelah sobat memahami konsep dengan baik, mengingat persamaan dasar, mempunyai kemampuan yang baik dalam mengoperasikan persamaan matematis dan mengingat konstanta dasar, admin saran kan buat rajin rajin latihan soal. 

Pasti sobat ingatkan kutipan ini " kerja keras tidak akan menghianati hasil " admin percaya kutipan ini, tapi sebagian orang berkati " hasillah yang akan menghianati kerja keras " menurut admin pribadi ya jika hasil tidak sesuai dengan apa yang kita ingin kan berarti kerja keras kita belum sebanding dengan hasil yang diinginkan.

Jadi gimana sobat, kita harus sering latihan soal untuk menguasai materi yang ingin kita kuasai

Akhir Kata 

Perlu diingat ya sobat admin tidak bermaksud menggurui kalian ya, admin mau berbagi pengalaman dan berbagi pengetahuan untuk kalian. Jadi kita disini sama sama belajar ya dan ingat tidak ada orang yang telah sampai di batas tertinggi pengetahuan ya. Terus belajar dan semangat ya.

Terus nantikan ya sobat artikel artikel kami dan kami berharap artikel ini dapat menambah pengetahuan sobat apabila sobat mempelajari hal baru setelah sobat membaca artikel ini maka berikan kami like dan ikuti blog atau website ini ya.

Dan admin mau ngucapin terimakasih karena telah membaca artikel ini dan baca juga artikel kami yang lain ya

Dan jangan lupa jaga kesehatan sobat ya.... Bye .....Sampai Jumpa... Kita ketemu lagi di artikel admin selanjut ya......

Baca juga