EKONOMI KREATIF : Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Pelestarian Dan Contoh Ekonomi Kreatif (Terlengkap)


Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Pelestarian Dan Contoh Ekonomi Kreatif (Terlengkap)

Hallo sobat, kembali lagi dengan admin di Caripengetahuan-id.com. Bagaimana kabar sobat hari ini ? Saya doakan semoga keadaan sobat selalu dalam keadaan yang baim baik saja dan pastinya sehat selaul. Nah pada kesempatan kali ini admin akan berbagi sebuah ilmu yang mungkin bisa bermanfaat untuk sobat nantinya.

Sebelum itu apakah sobat sudah pernah belajar tentang Ekonomi Kreatif kan ? jika belum, kebetulan sekali nih, admin mau membahasnya. Yuk kita bahas saja langsung !

Nah, seperti yang kita tau, Indonesia banyak memilki beragam suku kan sobat. sehingga peluang untuk menciptakan ekonomi kreatifnya lebih banyak. Satu diantaranya kerajinan berkembang pesat di Indonesia sebagai ekonomi kreatif.

Sekarang kita akan membahas secara lengkap tentang ekonomi kreatif dibawah ini. Semoga bermanfaat sobat, yuk kita bahas satu persatu ya :

Pengertian Ekonomi Kreatif 

Ekonomi kreatif adalah ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya (perwujudan atau pelaksanaannya)

Apa Saja Ciri Ekonomi Kreatif 

  1. Terdapat beberapa unsur utama seperti kreativitas, keahlian, dan talenta yang memiliki nilai jual melalui penawaran kreasi intelektual 
  2. Produk yang dihasilkan (barang dan jasa) memiliki siklus hidup singkat, margin tinggi, beranekaragam, persaingan tinggi, dan dapat ditiru. 
  3. Terdiri atas penyediaan produk kreatif langsung pada pelanggan dan pendukung penciptaan nilai kreatif pada sektor lain yang secara tidak langsung berhubungan dengan pelanggan. 
  4. Sebagai pihak yang berperan dalam industri kreatif, seperti kaum intelektual, dunia usaha, dan pemerintah 
  5. Creative economy berbasis pada ide atau gagasan. 
  6. Pengembangan industri kreatif tidak terbatas dan dapat diterapkan pada berbagai bidang 
  7. Konsep creative economy yang dibangun bersifat relatif

Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia 

  1. Boneka 
  2. Patung 
  3. Tembikar
  4. Kain 
  5. Wayang 
  6. Senjata tradisional 
  7. Miniatur 
  8. Candi candian

Cara Pelestarian Budaya Dalam Ekonomi Kreatif 

  1. Pariwisata (Bali mempunyai keindahan pantai dan alam yang dapat membuat wisatawan atau turis berdatangan) 
  2. Produk (Banjarmasin punya kain sasirangan, yang mana usaha tersebut dapat melesatarikan ekonomi kreatif) 
  3. Kuliner (Palembang punya pempek ciri khasnya yang sekarang banyak dijual orang)

5 Contoh Ekonomi Kreatif diberbagai daerah Indonesia

  1. Banjarmasin, KalimantanSelatan : Tari Baksa kembang, rumah adat bumbungan tinggi dan kain sasirangan. Usaha kain sasirangan sebagai ekonomi kreatif yang gunannya untuk meningkatkan pendapatan.
  2. Palembang, Sumatra Selatan : Tari Tanggai, rumah adat Limas dan kain tajung. Usaha makanan pempek dapat meningkatkan pendapatan bagi pelaku ekonomi kreatif
  3. Padang, Sumatra Barat :Tari Piring , rumah adat Gadang dan nasi padang . Usaha kuliner nasi padang dapat meningkatkan pendapatan bagi pelaku ekonomi kreatif.
  4. Bali : Tari Kecak , rumah adat Angkul-angkul dan kain Lopeng, songket, cepuk. Bali terkenal dengan tempat wisata alam yang indah Usaha tersebut dapat meningkatkan pendapatan bagi pelaku ekonomi kreatif. Karena banyaknya turis yang berkunjung. 
  5. Bandung, Jawa Barat :Tari Jaipong , rumah adat Jolopong dan Batik Sunda . Usaha kain batik dapat meningkatkan pendapatan bagi pelaku ekonomi kreatif. 

Kesimpulan 

Tingginya keragaman budaya Indonesia menjadi modal besar dalam pengembangan produk budaya dalam pariwisata. Pemerintah sudah memiliki rencana matang dalam pengembangan pariwisata budaya di Indonesia.

Akhir Kata

Terus nantikan ya sobat artikel artikel kami dan kami berharap artikel ini dapat menambah pengetahuan sobat apabila sobat mempelajari hal baru setelah sobat membaca artikel ini maka berikan kami like dan ikuti blog atau website ini ya.

Dan admin mau ngucapin terimakasih karena telah membaca artikel ini dan baca juga artikel kami yang lain ya

Dan jangan lupa jaga kesehatan sobat ya.... Bye .....Sampai Jumpa... Kita ketemu lagi di artikel admin selanjut ya......

Baca juga