Apakah Yang Dimaksud Dengan Kebudayaan Indonesia Sebagai Bagian Dari Kebudayaan Global


Kebudayaan Indonesia Sebagai Bagian Kebudayaan Global

Hallo sobat, kembali lagi dengan admin di Caripengetahuan-id.com. Bagaimana kabar sobat hari ini ? Saya doakan selalu dalam keadaan baik baik saja dan pastinya sehat selalu. Nah pada kesempatan kali ini admin mau membahas tentang kebudayaan indonesia sebagai bagian dari kebudayaan global.

Sobat dan admin pastinya taukan bahwa indonesia mempunya bebagaimacam kekayaan, entah itu kekayaan alam ataupun kekayaan budayanya. Admin pernah baca bahwa indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai bahasa daerah terbanyak di dunia dan juga indonesia mempunyai salah satu hutan hujan tropis terbesar di dunia.

Ternyata indonesia sangat kaya sobat, tapi sobat tau tidak apa yang dimaksud dengan kebudayaan indonesia sebagai bagian dari kebudayaan global ? Jadi maksud adalah bahwa kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia juga termasuk kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat dunia atau global jadi masyarakat dunia memiliki kebebasan untuk ikut serta mempelajari dan mempraktekkan kebudayaan bangsa Indonesia ya.

Sudah paham kan sobat, tapi supaya sobat lebih paham yuk kita bahas satu persatu ya :

Apa Itu Globalisasi ? 

Global berarti dunia dan imbuhan-isasi berarti proses. Globalisasi berarti proses mendunianya sesuatu. Sesuatu ini bisa berupa barang, jasa, informasi, budaya, dan bahkan manusia.

Dampak Globalisasi Pada Kebudayaan ? 

  • Perubahan budaya local yang tadinya bersifat identic daerah tertentu menjadi budaya global yang terbesar ke penjuru dunia.
  • Homogenesis budaya yang ditandai dengan kecendrungan masyarakat dunia (berbagai negara) mengkonsumsi atau mempraktikkan budaya yang sama (seperti makanan cepat saji, minuman, musik, tarian, dan film.
  • Hibridisasi budaya yang ditandai dengan adanya perpaduan antara budaya local atau budaya setempat dengan budaya global (pertunjukkan pertarungan tinju thailand di belanda oleh perempuan asal maroko, soundtrack anime populer yang dikemas dengan musik koplo atau raisha saeedyang bergulat lengkap dengan hijabnya.

Apa Saja Budaya Indonesia Yang Mendunia ? 

Ternyata globalisasi tidak hanya beragam budaya luar masuk ke indonesia, tetapi sebaliknya budaya indonesia juga banyak yang tersebar ke luar negeri.

Kita kan tau bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat kaya baik dari sumber daya alam maupun dari kebudayaannya. Kebudayaan yang dimiliki Indonesia ini sangatlah bermacam macam dan turun temurun serta memiliki nilai yang luhur. Sehingga sangat penting bagi kita untuk menjaga dan melestarikan agar tidak hilang seiring perkembangan zaman.

Mungkin seringkali sobat mendengar bahwa budaya Indonesia terancam oleh budaya asing yang bisa saja menghilangkan budaya lokal. Namun begitu ternyata budaya Indonesia sudah dipelajari oleh orang asing dan mereka sangat bangga mempraktekkannya. Admin pernah dengar bahwa bahasa indonesia sudah diajarkan di Australia loh sobat.

Tidak hanya itu sobat, bahkan kebudayaan bangsa Indonesia juga sudah terdaftar di PBB khususnya UNESCO sehingga kita selaku Bangsa Indonesia akan menjadi satu hal yang sangat membanggakan. Contohnya : batik, angklung, tari saman, reog ponogoro, wayang, sasirangan, dan beragam budaya lainnya.

Objek Pemajuan Kebudayaan Nasional ? 

Objek pemajuan kebudayaan merupakan unsur kebudayaan yang menjadi sasaran utama dalam pemajuan kebudayaan objek pemajuan kebudayaan dapat berupa :
  1. Tradisi lisan : Tuturan yang diwariskan secara turun temurun oleh masyarakat. Contoh : pantun, nasihat, sejarah lisan, dongeng, legenda.
  2. Manuskrip : Naskah beserta segenap informasi yang terkandung didalamnya, yang memuliki nilai budaya dan sejarah. Contoh : surat, hikayat, dan kitab. 
  3. Adat istiadat : Kebiasaaan yang didasarkan pada nilai tertentu dan dilaksanakan oleh kelompok masyarakat segera terus menerus dan diwariskan pada generasi penerus. Contoh : menjaga hutan, merawat lingkungan dan menjaga sungai. 
  4. Ritus : Tata cara pelaksanaan upacara atau kegiatan yang didasarkan pada nilai tertentu dan dilakukan oleh kelompok masyarakat secara terus menerus dan diwariskan pada generasi berikutnya. Contoh : tata cara dalam pelaksanaan upacar ngaben, upacara pernikahan, upacara tujuh bulanan, ritual pemandian. 
  5. Pengetahuan tradisional : Selurus ide dan gagasan dalam masyarakat yang mengandung nilai nilai setempat sebagai hasil pengalaman nyata dalam berinteraksi dengan lingkungan, dikembangkan secara terus menerus dan diwariskan pada generasi berikutnya. Contoh : pengetahuan tentang obat obatan tradisional, pengetahuan alam sekitar. 
  6. Teknologi tradisional : Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang barang atau cara yang diperlukan bagi kelangsungan atau kenyamanan hidup manusia dalam bentuk produk, kemahiran, keterampilan masyarakat sebagai hasil pengalaman nyata dalam berinteraksi dengan lingkungan dikembangkan secara terus menerus, dan diwariskan pada generasi berikutnya. Contoh teknik pembuatan jamu, teknik penyembuhan penyakit, teknik pengolahan sawah. 
  7. Seni : Semua bentuk ekspresi artistic (yang menimbulkan keindahan) baik individu maupun kelompok yang berbasis warisan budaya yang terwujud dalam berbagai bentuk. Contoh : seni rupa, ornament, seni pertunjukkandan seni musik. 
  8. Bahasa : Sarana komunikasi antar manusia, baik yang berupa lisan tulisan, maupun isyarat. Contoh : bahasa banjar, bahasa jawa, bahasa batak, dan lainnya. 
  9. Permainan rakyat : Permainan tradisonal merupakan permainan yang didasarkan pada nilai tertentu dan dilakukan oleh kelompok masyarakat secara terus menerus yang diwariskan pada generasi berikutnya. Contoh : batewah, gobak sodor, gasing, ajak tukup, dan lainnya. 
  10. Olahraga tradisional : Aktivitas fisik atau mental yang bertujuan untuk menyehatkan diri, peningkatan daya tahan tubuh, melindungin diri yang didasarkan pada nilai tertentu, dilakukan oleh suatu kelompok masyarakat secara terus menerus, dan diwariskan secara turun temurun pada generasi berikutnya sebagai bagian dari kebudayaan. Contoh : lompat batu di nias, kuntau di kalimantan selatan, pencak silat dan debus.

Akhir Kata

Terus nantikan ya sobat artikel artikel kami dan kami berharap artikel ini dapat menambah pengetahuan sobat apabila sobat mempelajari hal baru setelah sobat membaca artikel ini maka berikan kami like dan ikuti blog atau website ini ya.

Dan admin mau ngucapin terimakasih karena telah membaca artikel ini dan baca juga artikel kami yang lain ya

Dan jangan lupa jaga kesehatan sobat ya.... Bye .....Sampai Jumpa... Kita ketemu lagi di artikel admin selanjut ya......

Baca juga