Apa Saja Sih Organisasi Organisasi Pergerakan pada Masa kependudukan Jepang ? Yuk Baca Selengkapnya !

Organisasi Organisasi Pergerakan Pada Masa Kependudukan Jepang ( Terlengkap )


Hallo sobat, kembali lagi dengan admin di caripengetahuan-id ya. Bagaimana kabar sobat hari ini ? Saya harapkan keadaan sobat selalu baik baik saja dan pastinya sehat selalu ya. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari salah satu bab pada pelajaran sejarah yaitu organisasi pergerakan masa pendudukan jepang.

Ada yang sudah tau ? Kalo belum sobat diharuskan banget untuk membaca artikel ini sampai habis ya dan jika sudah kalian bisa baca lagi deh supaya tidak lupa ya. Bab ini nantinya akan kalian pelajari di kelas 11 untuk kurikulum 2013 revisi. Dan untuk yang kurikulum yang lain admin tidak tau nih bab ini akan dipelajari di kelas berapa ya. Kalian bisa cari di google ya biar lebih jelas. Yuk kita kembali ke pembahasan aja

Ada yang tau organisasi apa aja yang ada pada masa kedudukan jepang ? Mari kita bahas dibawah ini ya

Organisasi yang bersifat sosial kemasyarakatan

1. Gerakan Tiga A

Perkumpulan ini dibentuk pada tanggal 29 Maret 1942. Sesuai namanya. Maka, perkumpulan ini memiliki tiga semboyan, yaitu Jepang Cahaya Asia, Jepang Pelindung Asia, Jepang Pemimpin Asia. Dan telah menunjuk bekas tokoh Parindra Jawa Barat yakni Mr. Syamsuddin sebagai ketua gerakan ini dan juga dibantu oleh beberapa tokoh lainnya seperti K. Sultan Pamuncak dan Moh. Saleh.

Gerakan Tiga A ini kurang mendapat simpati dari rakyat. Gerakan Tiga A ini hanya berumur beberapa bulan saja.

2. Pusat Tenaga Rakyat ( PUTERA )

Pada Desember 1942 dibentuklah panitia persiapan untuk sebuah organisasi massa. Kemudian Soekarno, Moh Hatta, K.H. Mas Mansyur, dan Ki Hajar Dewantara dipercayakan membentuk gerakan baru.

Gerakan itu diberi nama Pusat Tenaga Rakyat (putera) yang dibentuk tanggal 16 April 1943. lalu, Mereka kemudian disebut sebagai empat serangkai. Tujuan dari organisasi ini adalah untuk membangun dan juga menghidupkan kembali semua yang telah dihancurkan dan direbut oleh Belanda.

Menurut struktur organisasinya, Putera memiliki pimpinan terbagi dua yaitu pimpinan pusat dan pimpinan daerah. Pimpinan pusat dikenal sebagai empat serangkai. Lalu pimpinan daerah dibagi, sesuai dengan tingkatan daerahnya , yakni tingkat syu, ken, dan gun. 

organisasi Putera ini mendapat sambutan baik dari organisasi massa. Kemudia dengan itu organisasi putera pun berkembang dan bertambah kuat dan organisasi putera ini telah berhasil mempersiapkan rakyat secara mental untuk kemerdekaan indonesia nantinya. Lalu pada tahun 1944 putera dibubarkan oleh jepang. Karena Jepang khawatir organisasi tersebut dapat membahayakan jepang.

3. Majelis Islam A'la Indonesia (MIAI) dan Majelis Syura Muslim (Masyumi)

Organisasi ini menjadi organisasi pergerakan yang diperhitungkan dalam perjuangan pembangunan kesatuan dan kesejahteraan umat. Semboyan terkenalnya adalah " berpegang teguhlah kamu sekalian pada tali allah dan janganlah berpecah belah". dengan demikian pada masa jepang MIAI berkembang baik.

4. Jawa Hokokai

Organisasi jawa hokokai dibentuk oleh Kumaikici Harada yang dikarenakan tentara sekutu dapat mengalahkan tentara jepang diberbagai tempat. Jepang membutuhkan kekuatan rakyat indonesia, Rakyat diharapkan memberikan darma baktinya terhadap pemerintah demi kemenangan perang.

Organisasi Semi Militer

1. Pengerahan Tenaga Pemuda

organisasi ini dibentuk jepang untuk membantu jepang dalam memperkuat kekuatan militernya dalam menghadapi perang dan juga Jepang sudah melatih para pemuda untuk menjadi pemuda yang disiplin, memiliki semangat juang tinggi (seishin) dan berjiwa kstaria (bushido).

2. Organisasi Seinendan

Seinendan merupakan organisasi yang anggotanya para pemuda yang berusia 14-22 tahun. Tujuan dari organisasi ini adalah untuk mendidik dan juga melatih para pemuda agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah airnya sendiri agar kuat.

3. Keibodan

organisasi ini merupakan organisasi semi militer yang anggotanya para pemuda berusia antara 25-35 tahun. keibodan ini mempunyai kreteria untuk masuk di organisasi ini diantaranya adalah mereka yang berbadan sehat dan berkelakuan baik. Pembentukan keiobodan bermaksud untuk membantu tugas polisi, misalnya menjaga lalu lintas dan pengamanan desa.

4. Baris Pelopor

Organisasi ini dibentuk dengan harapan adanya kesadaran rakyat untuk berkembang, sehingga siap untuk membantu jepang dalam mempertahankan indonesia. Organisasi ini tergolong unik karena dipimpin oleh ir. soekarno yakni seoranh tokoh nasionalis indonesia dan dibantu oleh R.P Suroso, Otto Iskandardinata, dan Bunataran Martoatmojo.

5. Hizbullah

ini adalah sebuah pasukan yang didirikan atau dibentuk jepang pada tanggal 15 Desember 1944 yang anggotanya adalah sukarelawan pemuda pemuda islam yang diberi nama hizbullah yang artinya adalah tentara allah.

Organisasi Militer

1. Heiho 

Heiho (pasukan pembantu) adalah prajurit indonesia yang langsung ditempatkan di dalam organisasi militer jepang, baik angkatan datar maupun angkatan laut. Syarat syarat untuk menjadi Heiho antara lain :
  • Umur 18-25 tahun 
  • Berbadan sehat 
  • Berkelakuan sehat 
  • Berpendidikan minimal sekolah dasar
Tujuan pembentukan heiho adalah membantu tentara jepang dalam membangun pertahanan dan juga membantu jepang dalam berperang.

2. Peta 

Peta adalah organisasi mililter yang mendapatkan latihan kemiliteran. Mula mula yang ditugasi untuk melatih anggota peta adalah seksi khusus dari bagian intelejen yang disebut Tokubetsu Han yang dipimpin oleh Yanagawa.

Akhir Kata

Terus nantikan ya sobat artikel artikel kami dan kami berharap artikel ini dapat menambah pengetahuan sobat apabila sobat mempelajari hal baru setelah sobat membaca artikel ini maka berikan kami like dan ikuti blog atau website ini ya.

Dan admin mau ngucapin terimakasih karena telah membaca artikel ini dan baca juga artikel kami yang lain ya

Dan jangan lupa jaga kesehatan sobat ya.... Bye .....Sampai Jumpa... Kita ketemu lagi di artikel admin selanjut ya......

Baca juga