-->

Wow!.Suara terdengar 500mil,inilah Hewan Dengan Suara Ternyaring Didunia

Hewan yang memiliki suara terkeras didunia

Hewan suara nyaring didunia

Hewan atau bisa juga kita sebut binatang merupakan Makhluk hidup yang diklasifikasikan kedalam kingdom animalia atau metozoa.

Setiap hewan memiliki suaranya masing-masing mulai dari berkokok, mengaum, mencicit dan lainnya. Ada yang bersuara pelan dan adajuga yang nyaring

Ngomong-ngomong soal nyaring, nah artikel kali ini Admin akan mengulas hewan-hewan dengan suara nyaring didunia yang memiliki puluhan hingga ratusan DB.

Apa itu DB?

Desibel (Lambang Internasional = dB) adalah satuan untuk mengukur intensitas suara. Satu desibel ekuvalen dengan sepersepuluh Bel. Huruf "B" pada dB ditulis dengan huruf besar karena merupakan bagian dari nama penemunya, yaitu Bell. |Wikipedia.org
Yuk simak...


10. Singa: 110db



Hewan suara keras
IMG : Alexas_fotos | Pixabay

Siapa yang tidak mengenal kucing besar ini, Singa dapat mengaum hingga 110 db. Dengan raungan senyaring itu dapat menempuh jarak 5 mil. Mereka melakukannya untuk mempertahankan wilayah mereka dan menakut-nakuti spesies jantan yang lain.



9. Hyena: 112db


Hewan nyaring
Frans Van Heerden dari Pexels

Hyena adalah salah satu binatang  yang suka bekerja sama,cerdas dan licik. Mereka bahkan dapat membunuh singa. Kekuatan mereka terletak pada jumlah dan ketekunan. Sehingga mereka saat berburu memerlukan banyak komunikasi ,Mereka mengeluarkan suara terkikik ketika terancam dan membuat suara rejan saat berburu yang sekencang 112 db.



8. Grey Wolf: 115db


Serigala abu-abu
Foto oleh Adriaan Greyling dari Pexels

Serigala abu-abu,hewan ini terkenal dengan lolongannya yang menakutkan. Serigala adalah hewan yang suka berkolempok dan melolong untuk berkomunikasi dalam kawanan mereka. Lolongan mereka dapat berkisar dari 90 db hingga 115 db pada kondisi tertentu raungan mereka bahkan dapat mencapai 50 mil persegi. Biasanya mereka melolong untuk berkomunikasi,mengumpulkan kawanan dan menandai wilayah mereka.



7. Gajah: 117db


Suara gajah
dari Pexels

Hewan darat yang besar ini jugamenggunakan suara untuk berkomunikasi. Meraka mengeluarkan suara yang seperti terompet menggambarkan perasaan mereka seperti senang,tertekan dan marah sekalipun, lalu berapakah tingkat kenyaringannya?,Suara ini menghasilkan 117 desible dan terdengar hingga 10 mil jauhnya.



6. Howler Monkeys: 128db


Suara howler mongkey

Hewan ini merupakan hewan darat dengan bunyi paling keras didunia.
Suara mereka dapat mencapai 128db - 140db yang mana setara dengan suara tembakan senjata api dan melebihi suara konser rock loh.
Nah mereka juga memanfaatkan suara yang nyaring tersebut untuk menakut-nakuti lawannya, Makhluk hidup yang tahan dengan suara yang nyaring tersebut heheheh
Oh ya..hewan ini masuk genious World record sebagai The Loudest Land Animal.




5. Kakapo: 132db


Suara burung kakapao
Photolibrary.com

Kakapos burung  sekeluarga dengan nuri dan merupakan burung paling keras. Panggilan kawin mereka dapat mencapai hingga 132 db dan mencakup jarak 4 mil. Suara yang sangat keras ini dibuat dengan menggunakan kantung udara toraks. Faktanya burung ini tidak bisa terbang dan aktif di malam hari,mereka dapat hidup hingga 90 tahun



4. Green Grocer Cicada: 135db



Suara Green Grocer cicada

GreenGrocer Cicada adalah jangkrik hijau asal Australia  dan merupakan serangga  yang memiliki suara yang keras. Uniknya Cicanda jantan bernyanyi untuk menarik pasangan dan kebisingan mereka dapat mencapai lebih dari 135 db yang mencapai lebih dari jarak satu mil. Mereka menghasilkan suara dari drum musikal yang disebut tymbal yang terletak di perut mereka. Perut berongga membantu dalam memperkuat suara yang dihasilkan dengan berkontraksi otot-otot internal. Mereka berkelompok bersama saat menyanyikan lagu kawin mereka sehingga membingungkan burung dan predator lainnya.



3. Bat Bulldog: 140db


Bat bulldog
https://www.sciencesource.com/

Kelelawar menggunakan suara untuk bernavigasi  yang dikenal sebagai echolocation. Kelelawar bulldog menghasilkan suara paling keras di antara kelelawar dan dapat mencapai tingkat 140 db. Mereka menggunakan ekolokasi untuk melacak pergerakan ikan di air dan juga dikenal sebagai kelelawar nelayan karena alasan ini. Suara mereka tidak terdengar oleh manusia karena berada dalam kisaran ultrasonik mulai dari 20 KHz hingga 200 KHz.



2. Tiger Pistol Shrimp: 200db



Udang pistol harimau
Uhbiology.kahikai.org

Udang pistol harimau adalah binatang yang unik dan menarik. Hewan ini bisa Ditemukan di Mediterania, mereka memiliki cakar yang menembakkan semburan air dengan kecepatan sangat tinggi. Kecepatannya yang tinggi sehingga menghasilkan gelembung udara. Ketika gelembung meledak,lalu menciptakan gelombang kejut yang membunuh ikan apa pun di kisaran 2 meter.



1. Paus: 230db


Suara paus sperm
animalia-life.club

Tidak hanya memiliki tubuh yang besar paus juga memiliki suara yang keras yang dapat menganggu makhluk hidup lainyya.
Paus dikenal karena suara yang khas.

Paus biru, hewan terbesar di bumi, dapat menghasilkan suara siulan keras yang mencapai hingga 188 db. Panggilan ini dapat melakukan perjalanan hingga 500 mil di bawah air.

Tapi yang paling keras adalah paus sperma. Ia membuat serangkaian suara mengklik yang dapat mencapai setinggi 230 db menjadikannya hewan paling keras di dunia. Suara Klik tersebut hanya berlangsung selama 15 hingga 30 milidetik dan dapat terdengar sejauh 10 mil.

Akhir kata


Nah itu tadi merupakan daftar hewan yang memiliki suara ternyaring didunia. Jika kamu mendapatkan ilmu baru saat selesai membaca artikel ini, tinggalkan komentar dan ikuti terus blog Caripengetahuan-id.com

Wassalamu'alaikum wr.wb

  • Hewan ternyaring didunia
  • 10 HEWAN YANG MEMILIKI SUARA PALING KERAS DI DUNIA

  • 10 Hewan Dengan Suara Ternyaring Di Dunia 

Baca juga

Post a Comment