Sejarah Buku Kamus , Dan kamus tertua Didunia

Kamus Tertua dan pertama didunia

Kamus pertama

Saat sekolah..

Mungkin saat pelajaran bahasa inggris. IBU guru menyuruh kita "Apa bahasa Inggrisnya Pengetahuan?" . Lalu para siswa pun membuka buku yang berisi kata-kata yang belum pernah kita gunakan sebelumnya.Bahasa yang berbeda dengan kita yaitu Bahasa Indonesia.

Yup Buku tersebut adalah Kamus. Kata Kamus sendiri merupakan kata serapan dari bahasa arab yaitu qamus (قاموس),,yang berasal dari kata Yunani Ωκεανός (okeanos) yang berarti 'samudra'.Samudra disini menggambarkan pengetahuan bahasa yang tidak terhitung dalam maupun luasnya.

Kamus berfungsi untuk sesorang yang ingin mengenal kata-kata baru dan belajar bahasa . Yang berisi terjemahan-terjemahan dari bahasa yang satu dengan yang lain.

Nah terpikir-kah kalian apa sih sejarah awal mulanya kamus?. Bagaimana bentuk kamus pertama?. Nah pertanyaan tersebut akan kita jawab di Artikel ini.

Sejarah


Menurut Wikipedia ada dua nama besar yang mengawali penyusunan kamus yaitu :

Samuel Johnson (1709-1784)
Samuel Johnson (lahir 18 September 1709 – meninggal 13 Desember 1784 pada umur 75 tahun), sering disebut dengan Dr. Johnson, adalah seorang penulis Inggris yang dikenal sebagai tokoh sastra yang berkontribusi besar dalam perkembangan kesusastraan Inggris.

Johnson,, membuat Dictionary of the English Language pada tahun 1755, yang terdiri atas dua volume. Kamus ini di anggap  "salah satu prestasi besar dalam pengetahuan" karya nya pun memiliki pengaruh luas dalam bahasa inggris modern.




Noah Webster (1758-1843)
Noah Webster, lahir di West Harford, 16 Oktober 1758 – meninggal di New Haven, 28 Mei 1843 pada umur 84 tahun, adalah seorang penulis, pendidik, wartawan, Amerika Serikat yang terkenal sebagai leksikograf.[Pada tahun 1828 di negara Amerika. Webster pertama kali membuat kamus An Amerika Dictionary yang terdiri atas dua volume, lalu pada tahun 1884 diterbitkannya Oxford English Dictionary yang terdiri atas 12 volume.

https://www.merriam-webster.com/words-at-play/noah-websters-spelling-wins-and-fails

Kamus Tertua?

Kamus Tertua Didunia dibuat oleh orang akardia. Menurut Encyclopaedia britannica , Kamus tersebut merupakan daftar kata dalam bahasa akadia pada abad ke-7 SM yang berasal dari Mesopotamia, sekarang berada di Irak dan Suriah.

Beda hal nya menurut Encarta...Memang berasal dari Mesopotamia tapi dengan tahun berbeda yakni sekitar 2300 SM dan merupakan daftar kata Sumeria-Akadia.

Tulisan Sumeria dan Akardia terlestarikan lewat tablet tulisan paku



Bahasa Akadia merupakan bahasa simetic yang masih berkerabat dengan bahasa Arab dan Ibrani 
Bahasa Sumeria adalah bahasa yang sudah punah yang dulunya dipertutur di Irak dan sekitarnya
Referensi :

  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kamus
  • https://id.quora.com/Siapa-yang-membuat-kamus-pertama-kali-Bagaimana-sejarahnya
  • Revi Soekatno 


Tag : Sejarah penyusunan kamus, kamus Tertua ,membuat kamus pertama kali

Baca juga