Sejarah Penemuan Sedotan Minuman.

Asal - usul sedotan ,bagaimana ditemukannya sedotan

Sejarah penemuan sedotan

Sedotan,Benda yang berbentuk seperti tabung yang panjang dan berlubang ini sangat mudah kita jumpai di kehidupan kita sehari-hari terutama saat minum minuman di botol,digelas,plastik es dan di tempat yang sulit di jangkau oleh bibir kita.

Namun pernahkah kalian berpikir bagaimana awal mulanya sedotan?.

Yuk simak....!!

Dulunya merupakan pipa yang panjang


Penemu sedotan

Sekitar tahun 3000SM,menurut sejarah,bangsa sumeria lah yang pertama kali menggunakan sedotan.

Waktu itu sedotan menyerupai pipa yang sangat panjang yang biasa digunakan untuk minum di wadah-wadah besar ,seperti kendi.

Beberapa peradaban setelahnya. Mesir kuno juga menggunakan sedotan yang mirip ,dan biasa digunakan untuk minum-muniman keras.

Sedotan Dari Batang Rumput


Sejarah Penemu sedotan
Gambar hanya pemanis

Masih berhubungan dengan orang orang sumeria  tepatnya pada tahun 4000-5000 tahun yang lalu ,sedotan juga pernah terbuat dari batang rumput atau biasa disebut ryegrass.yang diambil dari rumput rai yang memiliki batang berongga.

Orang sumeria menggunakan sedotan ini untuk minum-minuman berempah agar rempah tersebut tidak ikut terminum.dulu sedotan ini cukup populer lalu ditinggalkan karena merusak citra rasa dan membuat rasa minuman seperti rumput.

Lahirnya Sedotan Modern Berbahan dasar kertas lalu berbahan plastik


Penemu sedotan
Gambar hanya pemanis

Di era yang sudah cukup modern, tepatnya pada tahun 1988. Marvin Stone membuat sedotan yang terbuat dari kertas yang digulungkan pada sebuah pensil lalu dilem.

nah untuk mencegah kertas supaya tidak gampang hancur ia melapisinya dengan senyawa semacam lilin atau biasa disebut dengan parafin.

Setahun setelahnya,Marvin mematenkan hasil temuannya dan mendirikan pabrik sedotan,hingga akhirnya yang awalnya terbuat dari kertas lalu berkembang menjadi berbahan dasar plastik agar tak mudah rusak.

Awal mula di ciptakan sedotan yang bisa dibengkokkan


Bagaimana cerita penemuan sedotan

Yang dilansir dari halaman bobo.grid.id  Pada tahun 1930 an seorang Ayah bernama Joseph B.Friedman.

Singkat cerita,ia melihat anakya yang masih kecil sedang kesulitan untuk minum dari gelas yang tinggi.ia juga kesulitan mengangkat gelas tersebut.

Melihat hal itu, sang ayah lalu memberikan sedotan lurus padanya, Sang anak pun masih tak bisa menjangkau nya karena sedotan yang terlalu panjang.

Lalu pada Akhirnya Joseph B.Friedman membengkokkan sedotan itu, Sebab kejadian tersebut, ia mematenkan penemuannya tersebut pada tahun 1938.


Sumber Referensi : Halaman web bobo.grid | Qoura

Masih haus akan pengetahuan?.Yuk baca pengetahuan menarik lainyya disini!,Tentunya di Caripengetahuan-id.com

Baca juga