Jangan malas baca, ya Telusuri!

KALIAN TAU TIDAK ? Inilah Wanita Paling Berpengaruh Dalam Sejarah



Hallo sobat pencari pengetahuan kembali lagi nih dengan admin, nah pada malam ini admin mau bagi bagi informasi nih tentang ilmu pengetahuan umum khususnya sejarah dunia, apa itu yuk langsung saja.
Hari ini kita akan membahas siapa aja sih wanita paling berpengaruh dalam sejarah yuk simak informasi berikut ini ya sobat.

Ratu Victoria


Ratu Victoria lahir Alexandrina Victoria di Istana Kensington, London, Inggris, 24 Mei 1819 – meninggal di Rumah Osborne, Isle of Wight, 22 Januari 1901 pada umur 81 tahun adalah Ratu dari Britania Raya dan Irlandia dari 20 Juni 1837, dan Maharani India dari 1 Januari 1877, hingga wafatnya pada 1901.

Menurut catatan sejarah Ratu Victoria digambarkan sebagai wanita bertangan besi yang memiliki pengaruh luar biasa. Bukan hanya terbatas pada kerajaan, tapi juga memimpin kolonialisme Inggris di seluruh dunia. Sehingga Inggris menjadi Inggris Raya dengan jajahan yang terbanyak di dunia pada abad ke - 19

Pemerintahannya berlangsung 63 tahun, 216 hari, lebih lama dari raja atau ratu Britania Raya manapun sampai 9 September 2015 yang kemudian digantikan oleh anak sulung cicitnya, Ratu Elizabeth II sebagai penguasa Britania Raya terlama. Victoria berhasil mempertahankan keberadaan sistem monarki di Inggris dan menjadikannya sebagai institusi politik seremonial. Pada masa pemerintahan itulah, aksi represi terhadap rakyat di kawasan-kawasan koloni Inggris meningkat secara signifikan.

Catherine II


Catherine II adalah seorang Maharani (kaisar wanita) Rusia yang berkuasa selama 34 tahun, yakni dari tahun 1762 sampai mangkatnya karena stroke pada tahun 1796. Sebelum duduk di takhta, dia adalah seorang permaisuri sebagai istri dari Kaisar Pyotr III.

Catherine II juga dikenal sebagai Chatherine the Great, Catherine menikah dengan Peter III, pemegang tahta Rusia. Namun perkawinannya tidak membahagiakan. Suaminya yang semena mena serta arogan membuatnya resah lalu diapun berontak, dia berkompirasi dan melakukan kudeta untuk menumbangkan kekuasaan suaminya. Kudeta wanita ambisius itupun berhasil dan diapun naik tahta sekaligus mendeklarasikan kekaisaran rusia.

Masa pemerintahan Catherine dikenal sebagai masa keemasan kekaisaran dan bangsawan Rusia. Dia membangun banyak kota dan melanjutkan untuk memodernisasi Rusia sejalan dengan Eropa Barat. Pada masa kekuasaannya pula, wilayah Rusia meluas berkali-kali lipat karena penaklukan dan diplomasi. Kekhanan Krimea berhasil ditaklukan menyusul dengan kemenangan Rusia

Empress Dowager Cixi


Cixi berasal dari keluarga Manchu yang sederhana. Suatu hari ia terpilih menjadi selir Kaisar Xianfeng. Cixi melahirkan seorang anak laki-laki sebelum kematian kaisar. Ia menjatuhkan menteri-menteri yang ditunjuk oleh kaisar, lalu memerintah dari balik tirai atas nama putranya, Kaisar Tongzhi. Pada tahun 1875, kematian menuntut nyawa Tongzhi. Cixi lalu menunjuk keponakannya Guangxu sebagai kaisar. Ia berkuasa di Tiongkok selama 47 tahun dari tahun 1861 sampai kematiannya pada tahun 1908.

Dowager Cixi adalah wanita paling berpengaruh di Cina sejak ratu Wu zetian abad abad ke - 7 Dinasti Zhou. Tapi pengaruh Cixi melampau pendahulunya, Zetian, dia digambarkan sebagai wanita penuh ambisi dan pemimpin yang konservatif dan sangat menentang pengaruh asing.

Elizabeth I


Elizabeth I lahir 7 September 1533 serta meninggal pada tanggal 24 Maret 1603 pada umur 69 tahun) adalah ratu Kerajaan Inggris dan Irlandia dari 17 November 1558 hingga kematiannya. Ia kadang-kadang dijuluki "The Virgin Queen" (Ratu Perawan), "Gloriana", atau "Good Queen Bess".

Elizabeth adalah penguasa monarki kelima dan terakhir dari Dinasti Tudor. Ia merupakan putri dari Henry VIII dan Anne Boleyn, tetapi ibunya dihukum mati dua setengah tahun setelah kelahirannya, dan pernikahan Anne dengan Henry VIII dibatalkan, sehingga Elizabeth dianggap sebagai anak yang tidak sah. Saudara tirinya, Edward VI, menjadi raja hingga kematiannya pada tahun 1553, dan sebelum meninggal ia menyerahkan takhta kepada Lady Jane Grey, yang bertentangan dengan undang-undang yang berlaku saat itu dan menyingkirkan Elizabeth dan Mary. Namun, keinginan Edward diabaikan; Mary menjadi ratu dan Lady Jane Grey dihukum mati.

Ratu yang sebelumnya seperti Empress Matilda, Lady Jane Grey dan Mary I yang tlah memerintah Inggris, namun harus diakui kalau ratu Elizabeth I adalah ratu yang paling berpengaruh dan berhasil sepanjang kekuasaannya.

Isabella I 


Isabella I lahir di Madrigal de las Altas Torres, 22 April 1451 dan meninggal di Medina del Campo, 26 November 1504 pada umur 53 tahun), juga dikenal sebagai Isabel sang Katolik, adalah Ratu Kastila dan Leon. Melalui pernikahan, dia adalah Permaisuri Aragon sebagai istri dari Fernando II pada 19 Oktober 1469. Pernikahan mereka menjadi dasar penyatuan politik Spanyol di bawah kepemimpinan cucu mereka Carlos I atau Karl V, Raja Kastila dan Aragon dan Kaisar Romawi Suci, serta mengawali masa keemasan Spanyol.

Isabella adalah salah satu wanita yang penuh kontroversi dan paling berpengaruh dalam sejarah keratuan Spanyol. Dia yang mensponsori Cristopher Colombus melakukan penjelajahan ke bumi barat. Spanyol menganeksasi kerajaan kerajaan kecil lain disekitar dan mempersatukannya menjadi bangsa spanyol. Isabella memang bukan sebagai pemimpin utama pada masa itu, karena posisinya sebagai istri Ferdinand Aragon

Empress Wu Zetian


Wu Zetian lahir pada tanggal 17 Februari 624 dan meningggal pada tanggal 16 Desember 705 juga dikenal sebagai Wu Zhao, Wu Hao, adalah satu-satunya perempuan dalam sejarah Tiongkok yang secara resmi dan diakui berkuasa sebagai maharani atau kaisar wanita. Masa kekuasaannya dimulai tahun 690 sampai 705.

Wu Zetian hidup pada masa dinasti Tang. Untuk menjadi ratu, Wu Zetian melalui proses yang panjang. Ia harus menjadi gundik kaisar Xiao dan menyingkirkan saingan - saingannya. Wu Zetian naik tahta setelah suaminya. Ia merupakan satu satunya wanita dalam sejarah Cina yang berkuasa sebagai kaisar. Ia bukan saja menobatkan dirinya sebagai kaisar Cina, juga mengganti Dinasti Tang menjadi Dinasti Zhou

Empress Theodora


Theodora adalah maharani Kekaisaran Bizantium dan istri dari Kaisar Yustinianus I. Seperti suaminya, ia dianggap sebagai santa dalam Gereja Ortodoks Timur. Theodora merupakan perempuan paling kuat dan berpengaruh dalam sejarah Bizantium. Ia juga dianggap sebagai pelopor feminisme, karena undang-undang yang ia sahkan telah meningkatkan hak-hak kaum perempuan.

Theodora adalah salah satu wanita berpengaruh pada abad pertengahan. Theodora adaalh istri dari Kaisar Yustinian, penguasa imperium Bynzantium. Ketika terjadi pemberontakan di Nika Constantinople, karena korupsi, pajak yang tinggi, meskipun dia hanya seorang ratu justru ia yang berhasil mengatur strategi untuk memadamkan pemberontakan dan dia berhasil.

Kehidupan kaum wanita seolah dijamin keamanannya pada saat Theodora berkuasa. Theodora tampil sebagai pendekar pembela hak para perempuan. Ia meninggal karena penyakit kanker pada tanggal 28 Juni 548.

Maria Theresa


Maria Theresia Walburga Amalia Christina lahir di Wina, Austria, 13 Mei 1717 dan meninggal di Wina, Austria, 29 November 1780 pada umur 63 tahun adalah satu-satunya penguasa wanita yang pernah ada dalam sejarah Habsburg. Ia juga merupakan penguasa terakhir Wangsa Habsburg, karena secara teknis Wangsa Habsburg digantikan oleh Wangsa Habsburg-Lorraine setelah ia meninggal. Selain itu, ia merupakan penguasa Austria, Hongaria, Kroasia, Böhmen, Transilvania, Mantova, Milan, Galisia dan Lodomeria, Belanda Austria, dan Parma. Berkat pernikahannya, ia juga menjadi Adipati Wanita Lorraine, Haryapatih Wanita Toscana, dan Maharani Romawi Suci.

Theresa menggantikan ayahnya, Emperor Holy Roman Charles IV. Sebagai kaisar wanita Hapsburg yang menguasai negeri Eropa tengah pada 1740, dia menjadikan anak lelakinya, Joseph II sebagai ko - bupati pada 1765 sesudah kematian suaminya



Mungkin sampai disini dulu ya sobat, sebenarnya ada banyak sekali wajita yang berpengaruh dalam sejarah jadi perlu dicatat bahwa informasi diatas merupakan sebagian saja ya sobat. Nah admin mau ngucapin terimakasih nih karena sudah baca artikel ini nih. Nantikan artikel kami yang lain ya sobat. Sampai jumpa

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.