Jangan malas baca, ya Telusuri!

Beginilah Cara Kerja Remote Kontrol

Cara kerja Remot Kontrol Tv



Di jaman modern ini,banyak peralatan elektronik seperti Tv, Ac, DVD player dan lain sebagainya menggunakan pengendali jarak jauh yaitu remote control, sesuai namanya remot control adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengendalikan jarak jauh.

Dengan adanya remot control memudahkan kita untuk  mengatur/mengendalikan peralatah elektronik dari jarak jauh tanpa repot repot mendatangi letak alat elektrobik tersebut

Benda yang menggunakan remot kontrol  kemudian akan memberikan respond sesuai perintah yang  diberikan.


Lalu.. Bagaimana cara kerjanya?

Bagian-Bagian Remote Control


Transmisi pengirim sinyal (Trasnmittor)


Nah alat yang mirip lampu (LED)  yang berada di ujung remote ini bernama Transmittor, Yang berfungsi sebagai pengirim perintah ke peralatan elektronik.dan memancarkan sinar infra merah.

Rangkaian remote


Pernah membongkar remote Tv?. Kalo Admin sih pernah:).Nah saat kalian membongkar sebuah remot,didalmnya terdapat sebuah papan rangkaian elektronik.

Ketika kita menekan suatu tombol maka konponen ini akan membaca tombol yang ditekan,lalu membangkitkan transmitor untuk mengirimkan sinyal sesuai pola tombol yang ditekan.

Receiver


Kalo bagian yang ini tidak terdapat di di remot melainkan terdapat didalam alat elektronika yang akan dikendalikan oleh remot control.Bagian ini pula yang bertugas sebagai pendeteksi infra merah yang disampaikan oleh trasnmitor

Cara kerja


sinyal sinar infra merah dipancarkan dari pemancar remote control (transmittor) membentuk pola sinyal tertentu. Selanjutnya pola sinyal tersebut akan diterima oleh foto transistor (receiver), lalu pola sinyal tersebut akan diterjemahkan menjadi instruksi oleh rangkaian sirkuit terintegrasi (IC) sesuai instruksi remote control.

Jadi....Saat kita menekan tombol maka trasnmitor akan mencarkan sinyal perintah kemudian receiver di alat elekronik akan menangkap sinyal perintah tersebut sesuai intruksi.

Tahukah kamu!!! Sinyal infra merah tidak dapat diliht oleh mata manusia dikarenakan.tidak termasuk gelombang elektromagnetik pada spectrum cahaya tampak.

Tag :  prinip kerja remot.  Bagaimana cara kerja remot control.

About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.