Jangan malas baca, ya Telusuri!

Mengapa Kapal Dapat Mengapung Dan Tidak Tenggelam

Mengapa Kapal Dapat Mengapung Diatas Permukaan Air



Apa kabar sobat para pencari pengetahauan. Sehat selalu ya.

Pernahkah sobat naik kapal atau perahu dayung? Perahu tersebut pasti dapat mengapung?. Ya ialah ngapain dinaikin jika tenggelam. Pertanyaan selanjutnya, pernahkah sobat menjatuhkan sebuah logam kecil kedalam air?, pasti akan tenggelam bukan. Loh mengapa ya benda besi kecil tadi tenggelam dan mengapa perahu tidak, padahalkan lebih berat perahu.

Disitulah hukum fisika berlaku. Di dalam fisika terdapat yang namanya Masa Jenis. kalo tidak salah masa jenis dipelajari saat kelas 7 smp. Ada yang masih ingat dengan rumusnya?

Berikut rumusnya :

Prinsip dasar nya ialah jika masa jenis suatu benda lebih kecil dari masa jenis air, maka benda tersebut akan mengapung. Sebaliknya jika masa jenis benda lebih besar maka benda akan tenggelam.
Masa jenis air 1000kg/m^3

Rumus masa jenis
Perhatikan rumus tadi, masa jenis ialah hasil bagi antara masa dengan volume, intinya semakin besar volume maka semakin besar pula masa jenis. Perlu diketahui bahwa, masa pada sebuah kapal sangat lah besar jadi untuk membuat kapal mengapung maka volume harus (volume udara) diperbesar.

Untuk itulah mengapa desain kapal dibuat bagian yang berisi rongga rongga udara. Dengan memperbesar lambung kapal maka akan menambah volume kapal dan udara akan mengisi ruang kosong tersebut. 

Dengan bertambah nya volume, membuat masa jenis kapal akan berkurang dan tentu membuat kapal mengapung di permukaan air.

Saat terjadi kebocoran, maka air akan mengisi ruang ruang kosong tersebut dan menggantikan posisi yang sebelumnya yaitu volume udara. Sehingga membuat masa kapal bertambah. Hal tersebut mengakibatkan Masa Jenis kapal sedikit demi sedikit meningkat dan akhirnya kapal tersebut tenggelam dikarenakan peran masa jenis udara tadi hilang.

Teori masa jenis
Source Gambar : Herosatria.com

Akhir kata


Terimakasih telah membaca di CariPengetahuan-Id.com. Jangan lupa baca pengetahuan menarik seputar SCIENCE dan Pengetahuan Umum lainya disini :)

About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.