Jangan malas baca, ya Telusuri!

Mengapa Speaker Dapat Mengeluarkan Suara

Cara Kerja Speaker Dalam Menghasilkan Suara

Sangat menyenengkan ketika kita mendengarkan sebuah musik melaui speaker ataupun headset. Selain itu, ada juga speaker pengeras suara yang berfungsi mempernyaring suara kita. Bagaimana bisa seorang eh maksudnya sebuah speaker yang berupa benda yang tak bernyawa bisa mengeluarkan cahaya suara?.  Mungkin kah mereka punya pita suara? atau jangan-jangan mereka hidup seperti mainan yang ada di toy story??

Ya gak lah..Oke, sudah dulu y bercandanya. Berikut uraianya.

Sebelum mari kita kenali bagian-bagian speker terlebih dahulu

Bagian - bagian loud speaker

Magnet

Ketika Speaker disambung ke listrik maka menghasilkan medan magnet dan kemudian terjadi kontraksi dengan magnet yang ada pada cone sehinggaa menimbulkan getaran. Dengan banyak nya getaran itulah munculnya suara.

Voice Coil

Voice Coil terletak di depan tengah-tengah magnet. Voice Coil meruapakan kumparan lilitan kawat tembaga kecil. Ini berfungsi sebagai penghasil gerak maju mundurnya cone / menyebabkan getaran getaran pada cone sehingga dapat menghasilkan suara yang bersumber dari arus kumparan magnet.

Cone

Biasanya cone terbuat dari plastik ataupun kertas dengan berfungsi  menghasilkan gelombang tekanan akibat gerakan udara di sekitarnya. Dengan demikian, semakin besar cone yang terdapat pada speaker maka akan semakin besar pula udara yang digerakan.

Suspension

Penghubung antara cone dan kerangka speaker. Fungsi dari suspension ialah untuk mempertahankan bentuk semuala ketika cone melakukan gerak maju mundur/ melakukan getaran.

Bagaimana Cara Kerjanya

So, sobat sudah mengetahui bagian-bagaian dari speaker. Jadi, semua komponen tersebut berkerjasama yang akan mengubah aliran listrik menjadi suara.

ketika voice coil dialiri listrik maka akan membangkitkan medan magnet lalu berinteraksi dengan magnet permanen (Magnet yang yang terdapat pada  speaker). Hal tersebut menyebabkan cone yang ada didepanya bergetar bergerak maju mundur.

Ketika aliran listrik melewati voice coil maka hal tersebut membuat medan magnet berubah arah dengan cepat mengakibatkan saling tarik menarik antara medan magnet yang dihasilkan voice coil dengan magnet permanen sehingga cone akan bergetar dengan sangat cepat.

Dengan adanya Suspension, Cone akan kembali ke posisi semula setalah terjadinya getaran.

Ingat - Ketika guru menjelaskan disekolah, bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran suatu benda akan menghasilkan frekuensi. Frekuensi adalah syarat utama suatu benda menghasilkan energi maupun bunyi. 

Ta mbahan - Sebenarnya cara kerja loud speaker sama seperti cara kerja heardset,dan speaker pada radio, tv dan juga speaker pada hp kamu. Cuman yang membedakan ialah bentuk, ukuran dan tingkat sinyal listrik yang dialirkan.

Keyword :
Prinsip kerja speaker 
Mengenai speaker dan cara kerjanya
Komponen speaker dan mengapa speaker dapat bersuara 
Kenapa speaker bisa bersuara
Bagian-bagian speaker
Bagaimana cara kerja speaker dalam menghasilkan suara. 
Mengapa speaker dapat mengeluarkan bunyi

About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.