Jangan malas baca, ya Telusuri!

Lag?.Mengapa kita melihat kilat dulu baru mendengar guntur

Mengapa kita melihat petir terlebih dahulu baru mendengar guntur





Saat mendung dan terjadinya hujan,kita seringkali melihat gejala alam.yaitu muncul nya petir,dan akan diikuti oleh suara menggelegar itulah yang disebut guntur.

Darimana asalnya kilat?


Petir terjadi karena adanya pelepasan elektron.Lh gimana tuh?
Didalam awan terdapat yang namanya butiran butiran es,itu terjadi karena suhu udara sudah mencapai titik beku.

lalu terjadilah benturan - benturan antara satu dengan yang lainya.Benturan sangat ini  ini memicu timbulnya listtik muatan positif dan muatan negatif.

Muatan positif dan negatif terletak di sisi awan yang berbeda,Lama kelamaan besar potensi listrik makin membesar diawan,lalu  bermuatan  negatif/elektron  dilepaskan dan kemudian menuju muatan positif.dan ternyata muatan tersebut menuju ke bumi,mengapa?,Karena bumi memiliki muatan positif yang besar.

Pada pelapeasan elektron dari awan menunju permukaan bumi ,
Menimbulakan loncatan yang sangat dahsyat seperti lidah api dan proses nya pun sangat cepat.Lidah api itulah yang disebut kilatan petir .Namun,muatan negatif(elektron) tidak hanya menuju bumi tapi juga bisa meloncat dari awan ke awan.dikarenakan awan yang bermuatan listrik positif.

Asalnya bunyi guntur,gemuruh,geledek


Sedangkan guntur ,guruh ,geledek karena akibat pemanasan dan pemuaian udara yang berlangsung cepat ketika dilewati sambaran petir ,hal tersebut menyebabkan udara berubah menjadi plasma dan duaarrr ,seketika meledak.menimbulkan suara bergemuruh.

Lah kenapa kita melihat petir dulu baru mendengar guntur?

Si A : Ei sob mengapa kita melihat kilat dulu baru mendengar guntur?

Si B : itu mah lag

Si A : You pikir game!!!

Alasan mengapa sebelum ada guntur ada kilat terlebih dahulu



Seperti yang kita ketahui bahwa gelombang bunyi dengan gelombang cahaya memiliki kecepatan yang sangat beda jauh dengan gelombang bunyi,

Kecepatan gelombang cahaya diperkirakan mampu merambat dengan kecepatan 299.792.458 meter per detik jika dibulatkan menjadi 300jt m/s sangat cepat bukan?.berbeda halnya kecepatan merambat pada gelombang bunyi hanya berkisar 340m per detik saja

Lalu kita asusmikan bahwa,sobat meliha kilat petir ditempat yang sama maka petir yang sobat lihat akan terlebih dahulu di mata sobat,setelah selang waktu, tertentu barulah bunyi guntur merambat ke telingga sobat.:-)


KEYWORD PENULUSURAN

Mengapa kilat terlihat lebih dahulu kemudian terdengar guntur ,alasan mengapa kilat sering dulu muncul dari pada suara petir , mengapa suara petir dan kilatnya tidak muncul bersamaan, Apa itu petir dan bagaimana proses terjadinya petir dan kilat. Mengapa mengapa pada saat terjadi petir kilat terlihat terlebih dahulu daripada suara guntur. Proses terjadinya petir ,kilat gemuruh guntur


Eeiitss,jangan pergi dulu sob,yuk baca pengetahuan lainyya disini!!!,tersedia berbagai macam pengetahuan umum,SCIENCE,Tutorial dan tips menarik.



About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.