Jangan malas baca, ya Telusuri!

16 Pengetahuan Menarik Tentang Planet Kita

16 Pengetahuan Menarik Mengenai Planet Bumi




A. Bola raksasa yang bergerak cepat

1.Bumi bergerak dangan sangat cepat !!!


Bumi adalah bola batuan raksasa yang bergerk di angkasa dengan kecepatan hampir mencapai 3000  meter per detik. Beratnya 6000 juta, juta, juta ton. Hampir dua pertiga permukaan Bumi yang berbatu-batu tertutup oleh air. Batuan yang tidak tertutup air membentuk daratan. Bumi diselimuti lapisan gas yang disebut atmosfer (udara). Lapisan ini mencapai ketinggian sekitar 700 kilometer dari permukaan Bumi- kemudian ruang angkasa dimulai setelah lapisan ini.

B. Dari Mana Bumi Berasal

2.Bumi berasal dari sebuah awan diangkasa


Para ilmuwan menduga bahwa Bumi terbentuk dari awan gas dan debu raksasa sekitar 4500 juta tahun yang lalu. Sebuah bintang yang berada di dekat awan meledak, menyebabkan awan tersebut berputar-putar. Saat perputaran itu berlangsung, gas-gas mengumpul di pusatnya dan membentuk Matahari. Debuan mendesis mengelilingi Matahari dan saling melek membentuk bongkahan-bongkahan batuan. Lambat laun batuan-batuan tersebut saling bertabrakan sehingga membentuk planet. Bumi adalah salah satu dari planet-planet tersebut. .

3.Bumi pada awalnya sangat panas


Mula-mula, Bumi sangat panas. Saat saling bertabrakan, batuan-batuan tersebut saling memanaskan. Selanjutnya, saat Bumi terbentuk, batuan-batuan yang berada di dalamnya meleleh. Bumi yang baru adalah bola batuan cair dengan kulit yang padat dan tipis.

4.Batuan besar yang menabrak bumi dalam jumlah banyak disebut mateorit


Meteorit tersebut membentuk lubang-lubang bundar di permukaan Bumi, disebut kawah. Pada waktu yang sama, Bulan ditabrak oleh bebatuan. Lihatlah Bulan dengan menggunakan teropong- kamu bisa melihat kawah yang terbentuk pada waktu lampau.

5.Saat bumi mulai mendingin samudra dan laut mulai terbentuk


Gunung api meletus, mengeluarkan uap panas, gas, dan bebatuan dari dalam Bumi. Saat Bumi mendingin, uap panas berubah
menjadi butiran-butiran air dan membentuk awan.saat bumi menjadi lebih dingin ,hujan tirun dari awan.Hujan tersebut berlangsung selama jutaan tahun

C. Bola raksasa yang berputar

6.Bumi Seperti Gasing Raksasa!!!


Bumi akan terus-menerus berputar karena terbentuk dari awan gas dan debu yang berputar-putar. Bumi tidak berputar tegak lurus seperti gasing tetapi agak condong ke satu sisi. Bumi membutuhkan waktu 24 jam untuk satu kali putaran. Kita menyebut periode waktu ini satu hari..

7.Siang dan malam disebabkan perputaran bumi


Setiap hari, tiap bagian Bumi berputar ke arah Matahari dan kemudian menjauhinya. Saat satu bagian Bumi menghadap Matahari maka di tempat itu adalah siang hari. Saat bagian tersebut membelakangi Matahari maka terjadilah malam hari. Di tempatmu berada, apakah Bumi sedang menghadap Matahari ataukah membelakanginya?.

8.Bumi berputar mengelilingi kutub-kutubnya


Bumi berputar mengelilingi dua titik di permukaannya. Kedua titik tersebut terletak di ujung Bumi yang berlawanan. Yang satu terletak d bagian atas Bumi, disebut Kutub Utara Yang lain terletak di bagian bawah Bum disebut Kutub Selatan. Kutub Itara dan Kutub Selatan sangat dingin, karena tertutup oleh es dan salju.

9.Bumi berputar berprilaku seperti magnet


di pusat Bumi terdapat besi cair. Saat berputar, Bumi membuat besi berperilaku seperti magnet yang mem7punyai Kutub (tara dan Kutub Selatan. Kutub ini berlaku seperti pada magnet di dalam kompas yang membuat jarum menunjukkan Kutub Utara dan Kutub Selatan. .


D. Mari kita ke dalam bumi !!!


10.Bumi memiliki bagian-bagian


Ada kerak berbatu yang tipis, bagian tengah yang padat yang disebut mantel, dan bagian pusat yang disebut inti. Bagian luar inti berupa zat cair tetapi bagian dalam inti tersusun atas logam padat.

11.Di Pusat bumi terdapat bola logam raksasa yang disebut inti dalam


Lebarnya 2500 kilometer dan terbentuk terutama dari besi dengan beberapa nikel. Bola tersebut memiliki suhu yang luar biasa panas, yaitu 6000° C- cukup panas untuk mencairk logam. Namun logam-logam tersebut tetap padat karena bagian-bagian lain dari Bumi menekannya dengan kuat.

12.Disekiling Pusat bumi mengalir lapisan besi dan nikel yang cair dan panas.

Lapisan ini adalah intiluar dan tebalnya sekitar 2200 km. Saat Bumi berputar, bola logam dan lapisan cair bergerak dengan kecepatan yang berbeda-beda.

13.Mantel,Bagian terbesar dari bumi

Mantel terletak di antara inti dan kerak . Di dekat kerak, mantel terbentuk dari batuan yang bergerak lambat. Saat kamu menekan tabung pasta gigi yang terbuka, gerakan pasta gigi tersebut hampir seperti gerakan batuan di mantel atas.

14.Bumi tertutupi oleh kerak


Daratan terbentuk dari kerak benua dengan ketebalan antara 20 sampai 70 kilometer. Sebagian besar kerak benua terbentuk dari batuan yang disebut granit. Dasar samudra terbentuk dari kerak samudra dengan ketebalan sekitar delapan kilometer, terutama terbuat dari batuan yang disebut basal.

15.Mantel,Bagian terbesar dari bumi


Di atas sebagian besar lempeng terdapat daratan dan lautan.Namun beberapa di antaranya, seperti Lempeng Pasifik, kebanyakan tertutup air.
Ada tujuh benua- Afrika, Asia, Eropa,Amerika Ctara, Amerika Selatan, Oseania dan Antartika

16.Benua bergerak dengan sangat-sangat perlahan

mengalir perlahan menggerakkan lempeng ,melintasi permukaan Bumi. 
Saat lempeng bergerak,benua juga bergerak. Di beberapa tempat,lempeng-lempeng tersebut saling mendorong.
Di tempat lain, lempeng-lempeng bergerak menjauh.
Amerika Utara bergerak menjauh tiga sentimeter dari Eropa setiap tahunnya.
Sumber referensi : Buku 100 pengetahuan tentang Bumi

PENUTUP

Mohon maaf jika ada salah kata,Admin ucapkan terimakasih yelab membaca di  CariPengetahuan-Id 



 KEYWORD PENULUSURAN

Fakta-Fakta tentang bumi, pengetahuan pengetahuan tentang planet bumi ,Planet bumi dan penjelasannya , pengetahuan planet bumi ,Bacaan tentang planet bumi, Penjelasan planet bumi ,bagian-bagian dalam bumi ,bagaimana bumi terbentuk, pergerakan lempeng bumi , rotasi perutaran bumi

Eitss jangan beranjak dulu sob
Baca pengetahuan lainnya Disini

HOME

About the Author

Haus akan ilmu

Post a Comment

Nambah ilmu setelah membaca? Yuk, tulis komentar mu!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.